Ternyata ini cara Wabup Sumbawa Menguatkan Produk Lokal Daerahnya

Berita Nasional

Oleh       |RED jjntb006
Editor     |Nukman
Sabtu, 6 November 2021

  

 Sumbawa Talk Show hadirkan Dinas
   dan Wakil Bupatinya guna
  membahas dan mendiskusikan
 Langkah dan Strategi Jitu dalam
  Menguatkan Produk "Tau Samawa"
    [Foto. Dok. JejakNTB.com.]

JEJAK.COM,-

Tindak lanjut dari Sumbawa Talkshow pertama tentang Peluang perkembangan kain tenun, batik kain motif Sumbawa, Pengurus Sumbawa Talkshow menggelar kembali Talkshow dengan Tema Peluang Pengembangan Produk lokal tenun /batik/kain motif Sumbawa Part 2. Pertemuan kali ini dalam rangka mendorong Pemangku kebijakan dalam pengembangan produk yang dihasilkan Industri Kecil Menengah di bidang tenun, digelar di Aula Outdoor Perusahaan Daerah (Perusda) Sumbawa, Jum’at malam (05/11/2021).

Tampak Wakil Bupati, tengah
Memperhatikan salah satu
Kain Tenun Khas
Yang merupakan produk lokal
UMKM Sumbawa.

Turut hadir sekaligus sebagai Nara Sumber pada Talkshow kali ini, Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany, S.Pd,. M.Pd,. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Riki Trisandi, SE., M.Si,. dan Ketua Dekranasda Kabupaten Sumbawa, Ibu Sovia Noviantry Rayes Mahmud Abdullah.

Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd,. mengapresiasi kegiatan Talkshow tersebut dan berharap kepada para pengrajin Tenun Sumbawa untuk terus berbenah yang tentunya dibarengi dengan aksi nyata untuk meningkatkan mutu produk serta berbagai macam motif dan corak.

Begitu juga dengan masyarakat agar tergerak dan bangga mengenakan produk tenun daerah sendiri, karena kalau bukan kita, lalu siapa lagi dan kalau tidak sekarang, kapan lagi,” Ujar Wabup Novi.

Menurut Wabup, Pemerintah sangat mendukung dan memberi perhatian khusus kepada para pengrajin Tenun, hal tersebut sebagaimana dibuktikan dengan telah dilaunchingnya penggunaan bahan-bahan tenun lokal untuk menjadi bagian dari pakaian dinas ASN pada tahun 2020 lalu.

Selain itu kata Wabup, diversifikasi produk Tenun Sumbawa juga perlu diupayakan, agar brand Tenun Sumbawa benar-benar dikenal dan dicintai oleh masyarakat.

Oleh karena itu, Produk tenun tidak hanya berupa Kre’ Alang atau pakaian, tetapi diversifikasi dalam bentuk lain, seperti tas, sepatu, dompet, tempat tisu, kipas serta produk-produk kreatif lainnya. sehingga dapat menarik konsumen baik dari dalam daerah maupun luar daerah.

Pemkab Sumbawa juga akan memberi dukungan dan bantuan modal kepada para pengrajin Tenun Sumbawa untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya. Sehingga Tenun Sumbawa dapat ditampilkan pada HUT Kabupaten Sumbawa tanggal 22 Januari mendatang, terang Wabup.

Diakhir acara, Wakil Bupati Sumbawa mendapat kejutan ucapan selamat ulang tahun dari panitia dan tamu undangan.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top