Survei Parpol SPIN: Gerindra Tempel PDIP, Demokrat Lengkapi 3 Besar

ilustrasi partai politik

JejakNTB.com | Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) juga mengeluarkan hasil survei terkini terkait elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2024. PDIP teratas di pepet oleh Partai Gerindra, sedangkan Partai Demokrat (PD) bersaing dengan Partai Golkar.
Berdasarkan rilis survei pada Kamis (29/12/2022), lembaga SPIN melakukan survei pada 1-10 Desember 2022 di 34 provinsi Indonesia dengan jumlah responden 1.230. Teknik pengambilan sampel adalah multistage random sampling, margin of error +- 2,8%, dan teknik pengambilan data wawancara langsung dan bantuan kuesioner.

Elektabilitas partai politik masih dipuncaki oleh PDIP terpaut tipis dengan Gerindra. Peran tokoh sentral di kedua parpol dinilai masih sangat dominan dalam menentukan pilihan publik.

Posisi ketiga hingga kelima terpaut jauh dari PDIP dan Gerindra partai teratas tadi. Partai Demokrat, Golkar dan PKB sangat ketat pertarungannya. Masing-masing partai memeroleh angka yang beda tipis dengan margin of error +- 2,8%.

Pertarungan ketat juga terlihat diantara PKS, NasDem, Perindo dan PPP. Sementara PAN tertinggal dari parpol penghuni tetap parlemen lainnya.

Elektabilitas parpol berdasarkan survei lembaga SPIN:
PDIP 21,6%
Partai Gerindra 20,1%
Partai Demokrat 9,9%
Partai Golkar 9,7%
PKB 8,4%
PKS 5,4%
Partai NasDem 4,5%
Perindo 2,9%
PPP 2,2%
PAN 1,2%
PSI 0,7%
Hanura 0,2%
PKPI 0,1%
PBB 0,1%
Belum punya pilihan 13%

(RED)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top