Sumbawa Arus Utamakan Life Skills, Abdul Rafiq: Untuk Kemajuan UPT Loka latihan Kerja ( LLK) Harus Direvitalisasi dan Berinovasi

Abdul Rafiq Ketua DPRD Sumbawa

 

JejakNTB.com,  SUMBAWA |Kabupaten Sumbawa menitikberatkan pembangunan dan penguatan sumberdaya manusia (SDM) salah satunya adalah penguatan kapasitas life skills yang wajib ada pada setiap penduduk dan warga.

Hal tersebut menjadi target perubahan mindset Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq dalam setiap kesempatan di Bumi Tanah Intan Bulaeng

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq memandang bahwa permasalahan penyelenggaraan keterampilan kerja saat ini sudah semakin kompetitif. Oleh karenanya UPT Loka Katihan Kerja yang dimiliki Kabupaten Sumbawa juga harus menarik, nyaman dan memiliki infrastruktur dan instruktur yang memadai untuk beberapa keahlian yang dibutuhkan bursa kerja.

Demikian ketika awak media ini menjumpai Ketua DPRD di ruang kerjanya Selasa (12/7/2022)

Kemudian lanjut Rafiq, Komisi IV DPRD Kabupaten Sumbawa dan dalam pandangan beberapa fraksi dewan menyoroti keberadaan UPT LLK Kabupaten Sumbawa yang belum tersentuh anggaran Daerah dan meminta kepada Pemerintah Daerah untuk dapat merevitalisasi LLK.

Menurutnya, Revitalisasi itu penting dilakukan untuk ruang kelas pelatihan yang ada di LLK. Bahkan sudah ada Masterplan dalam Pengembangan LLK yang terintegrasi dengan Layanan Terpadu Satu Pintu Penempatan dan Pelayanan TKI ( LTSP – P2TKI). Jika selama pelatihan kerja ini dilakukan selama sebulan dan melayani tenaga kerja dari luar Kabupaten Sumbawa maupun pulau Sumbawa maka UPT LLK dapat menyediakan Hotel yang dibangun di sekitar komplek LLK dan ini bisa menjadi PAD bagi daerah. Ungkap Rafiq yang juga Ketua Ikatan Keluarga Lombok-Sumbawa ini.

Demikian juga untuk aset daerah lainnya seperti Puskeswan, Puskesmas, Pustu , BP3K dan Kantor UPT yang ada di kecamatan. Kita harapkan UPT tersebut dapat memiliki inovasi dalam menjalankan tupoksinya.
“Zaman sudah modern, serba digital, maka cara kerjanya pun juga semakin cepat, Oleh karenanya kami memandang pilihan-pilihan keterampilan yang dilatihkan disesuaikan dengan kebutuhan industri yang sekala menengah maupun skala besar.

Saat ini di LLK Kabupaten Sumbawa tersedia menu pelatihan Las, Listrik, Pertukangan, Boga, Otomotif Sepeda Motor, Mobil, Komputer dan Jahit yang dibuka disaat ada kerjasama dan MoU dengan Perusahaan pemakai tenaga kerja. Kedepannya, pendekatan yang perlu dilakukan adalah koordinasi di Bappeda Kabupaten Sumbawa dengan lintas sektor yakni Bidang Industri, bidang Penanaman Modal, dan Bidang ketenaga kerjaan yang dipadu padankan dengan ketersediaan sumberdaya manusia atau angkatan kerja yang ada di daerah, setiap tahun pasti angkatan kerja ini bertambah. Dengan adanya skill keterampilan maka mereka dapat bekerja di perusahaan tersebut maupun mandiri dengan mendirikan Badan Usaha sendiri” Ujar Rafiq yang digadang jadi Calon Bupati Sumbawa ini.

“UPT LLK tidak hanya mencetak tenaga kerja siap pakai dengan kompetensi dan sertifikasi keahliannya, tapi juga diarahkan sampai melahirkan instruktur yang kompeten. Saya rasa Sumber Daya Manusia kita sangat bisa, tinggal kita dorong lebih progresif lagi. Pungkas Rafiq. (Ruf)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top