Soromandi dihantam Puting Beliung dahsyat, 54 KK kehilangan tempat tinggal

     Gambar sebuah ilustrasi

JejakNTB.com |Bencana alam angin puting beliung yang melanda Kecamatan Soromandi Sabtu (9/4) lalu menimbulkan beberapa kerusakan rumah warga dan fasilitas umum.

Pelaksana tugas Kepala Desa Bajo, Wahyuni S.Pd dalam laporannya mengungkapkan, bencana alam angin puting beliung tersebut terjadi jam 15.30 Wita tersebut menyebabkan kerusakan rumah warga masyarakat yang berdomisili di Dusun Bajo Selatan, Dusun Nanga Lere dan Dusun Bajo Utara.

“Sebanyak 54 kepala keluarga (KK) dengan total 224 jiwa yang yang berdomisili di 12 RT Desa Bajo yang sebagian besar kerusakan dialami warga RT.01, RT. 03, RT. 07, RT. 10 dan RT. 12. Kerusakan yang terjadi berupa 13 rumah mengalami kerusakan berat, 13 rusak sedang dan 28 rumah terdampak kerusakan ringan”. Jelas Kades.

Dalam laporan yang turut disampaikan kepada Camat Soromandi Julkifli SH M.Hum tersebut, Plt Kades juga menjelaskan, sebanyak 6 fasilitas umum berupa dua masjid di Bajo Selatan dan Bajo Utara rusak sedang, 3 speed boat polisi dan warga juga mengalami kerusakan sedang dan 1 bagan rusak berat.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Tajudin SH,M.Si yang didampingi Kepala Bidang Linjamsos Hj. Siti. Damrah mengungkapkan, setelah kejadian bencana, dirinya beserta Tim TAGANA didampingi Camat Soromandi, Kades dan perangkat desa Bajo melakukan peninjauan lokasi untuk menentukan tingkat kerusakan. Terkait bantuan, penyerahan tanggap darurat rencananya dilaksanakan Senin 11 April 2022. Jelas Mantan Kadis PMD ini.

Disamping Dinas Sosial, 7 personel Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bima sesaat setelah kejadian bencana, melakukan pembersihan bersama warga dan pendataan rumah korban bencana, sekaligus melakukan kaji cepat tingkat kerusakan. [Humas/Red]

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top