Selamatkan Lingkungan, Kawasan Pantai dan Ekosistemnya, ini yang dilakukan Dandim 1614 Dompu

Oleh     . RED jjntb
Editor   . Nukman

Featured Penanaman Serentak Pohon Mangroove
Jumat, [3/12] turut pula dihadiri Ibu Ibu Persit Chandra Kirana
Dandim 1614 Dompu, Nusa Tenggara Barat//Dok. jejakntb.com

 

JEJAK.COM,- Guna menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai dan mencegah abrasi serta menjaga ketersediaan sumer daya ikan dilaut yang tidak akan ada habis-habisnya, pihak Dandim 1614 Dompu melakukan kegiatan penghijauan atau Reboisasi Mangrove, Jumat 3 Desember 2021, sekitar pukul 08.30 wita hingga selesai yang ber demarkasi di Pantai Soro timur Desa Soro, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Pantauan Media Online JejakNTB.com giat tersebut langsung dipimpin oleh Dandim 1614 Dompu dan jajarannya serta turut hadir dalam moment tersebut Letkol Inf Ali Cahyono,  S.Kom. selaku Dandim 1614, Mayor Czi. Edi Gustaman selaku Kasdim 1614, Kapten Inf. Muh.Yamin sebagai Danramil 1614-02, Camat Kempo Drs.Budi, dan Kapolsek Kempo IPTU Zulharis.

Kerjasama dan kolaborasi yang sangat baik di moment
penanaman pohon tanaman bakau sebagai pelindung
berlangsung meriah, jumat [3/12] di Pantai Soro
Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu.

Moment tersebut dirangkaikan dengan master ceremonial yang tersistematis dengan susunan acara; Pembukaan , Laporan koordinator kegiatan, Sambutan Dandim Dompu 1614 Dompu Letkol Inf Ali Cahyono,Pembacaan Doa dan Pelaksanaan penanaman penghijauan.

Dandim 1614 Dompu, Letkol. Inf Ali Cahyono,  S.Kom., dalam sambutannya di Pantai Soro Timur menjelaskan bahwa tujuaan dari penanaman pohon Mangrove tersebut adalah murni kegiatan penghijauan untuk melindungi pantai dari terjangan ombak gelombang dan sekaligus menyegarkan alam dengan berkembangbiaknya pohon bakau tersebut di kemudian hari,  Mencegah terjadinya Abrasi, Tempat berkumpulnya ikan dan hasil laut lainya para nelayan dan Sebagai penunjang pariwisata maupun Penanaman pohon bakau untuk mengurangi dari terjangnya ombak dari pantai dan berkembangnya ikan apabila nanti pohon bakau berkembang.

Pohon Bakau di pinggir pantai akhirnya sukses tertanam
dan dipugar dengan alat pengaman seadanya yang kokoh
bagian dari dharma bhakti TNI pada Rakyatnya
[ Dokumentasi jejakntb.com ]

Berdasarkan informasi yang dihimpun Media, jumlah pohon bakau yang berhasil ditanam dan ditancapkan sebanyak seribu batang pohon bakau [Mangroove] yang diambil atau didapatkan dari hasil pengembangbiakan atau budidaya yang dilakukan secara swadaya maupun swakarya para anggota TNI dan jajaran Dandim 1614 Dompu,

Elshabir Alghura, SH selaku aktifis Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup menilai bahwa apa yang dilakukan oleh Dandim 1614 Dompu merupakan sebuah terobosan dan gebrakan yang sangat positif adanya,

Nampak tiga seragam yang berbeda ber sinergi
melakukan hal yang sangat positif
bagi Dompu untuk lingkungan yang lebih baik
[ Dokumentasi jejakntb.com ]

” Belum ada tandingannya Bapak  Dandim 1614 Dompu, Letkol. Inf Ali Cahyono,  S.Kom., ini di Kabupaten Dompu kenapa saya berani katakan demikian karena kegiatan semacam ini bukan nggak ada tetapi jarang dilakukan siapapun terutama perangkat pemerintahan, kalaupun ada bisa dihitung dengan jari dan maunya pas ada proyek atau kegiatan yang ditalangi, sementara aparat TNI ini tidak seperti kebanyakan orang yang dipicu oleh proyek dan lain lain embel embelnya  melainkan murni panggilan hati dan moral force., tutupnya.

Istri - istri prajurit pun turut serta menanam pohon bakau
di pinggir Pantai Soro sebagai tanda kecintaannya pada lingkungan
[Dokumentasi jejakntb.com]

Hingga berita ini diterbitkan kegiatan tersebut berakhir pukul 09.30 wita berlangsung meriah dan semarak karena turut sertanya istri istri para tentara nasional kita mensupport kegiatan dibantu warga masyarakat sekitar pantai yang berlokasi di Soro Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

 

 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top