Sangat Terharu, Moment Pelepasan Kapolda NTB dan Danrem 162/WB, Banyak Pihak Menitikkan Air Mata

Oleh      |RED

Editor   | Elshabir

 

 

JEJAK.COM,- Sprint Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) beberapa hari lalu bahwa Kapolda NTB Irjen Pol M Iqbal, S.I.K., M. Si menerima jabatan baru sebagai Kepala Kepolisian Daerah di Provinsi Riau,

Moment tadi pagi jumat 24 Desember 2021 sangat mengharukan sekali di Mako Polda NTB dimana dilangsungkan upacara secara resmi dan kemiliteran pelepasan Bapak Kapolda dan Danrem dalam satu rangkaian, tentu saja peristiwa ini sangat berkesan di hati kita warga bumi gora.

Sebelum meninggalkan Polda NTB menuju Polda Riau M Iqbal sempat melawat ke Sumbawa Dompu Bima hingga Kota Bima untuk silaturrahim dan pamitan di Kediaman Walikota Bima, Kantor Bupati Bima, Kantor Bupati Dompu, bahkan hingga Sumbawa, dan KSB.

Setelah bertemu tokoh masyarakat se Pulau Sumbawa di Ruang Rapat Utama Kantor Pemkab Bima, Kamis (23/12) siang. Malamnya, kembali Kapolda NTB berpamitan pada tokoh masyarakat, pemuda dan komponen warga Kota Bima pada malam harinya.Pamitan yang dibingkai silaturahim, berlangsung di Pendopo Walikota Bima dan paginya Jumat 24 Desember 2022 dilakukan PJR.maupun upacara pelepasan secara resmi di Lapangan Rupatama Mapolda NTB yang disatukan dengan rangkaian pelepasan Danrem 162/WB.

Proses tersebut sangat mengharukan sekali, bahkan sejumlah awak media yang meliput sempat menitikkan air mata, sangat khidmat bercampur haru,

Hadir pada acara resmi penuh kebersamaan itu, tentu Kapolda NTB Moh.Iqbal, SIK.,MH, didampingi Irwasda Polda NTB, Kabid Humas Polda NTB serta beberapa petinggi di jajaran Polda Nusa Tenggara Barat termasuk dari unsur TNI Danrem dan Korem.

Sementara Kapolda sendiri didampingi istri menyalami satu persatu semua pejabat staf maupun anggotanya termasuk media pun turut larut dalam suasana upacara pelepasan di Halaman Mako Polda Nusa Tenggara Barat,

Hadir pula, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat,    Dr. Sitti Rohmi Djalilah, MPd, mewakili Gubernur Nusa Tenggara tadi pagi turut melakukan hal yang sama menyalami Ibu Ketua Persatuan Kemala Bhayangkara dan Bapak Kapolda semoga ditempat barunya juga semakin sukses dan sangat diberkahi.

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr.Sitti Rohmi Djalilah, MPd dalam keterangannya dihadapan awak media sangat memuji kinerja Bapak Kapolda NTB dibawah kepemimpinan Moh.Iqbal, SIK., MH

” Saya sangat apresiasi kepada beliau dan sangat memuji kiprahnya semoga amal baik bapak Kapolda senantiasa dicatat Allah SWT sebagai amal kebajikan,

“Selama masa jabatan 1 tahun 7 bulan, Pak Kapolda telah meninggalkan jejak yang sangat baik di NTB, Kabupaten Bima, Dompu dan Sumbawa serta Lombok” demikian ujar Wakil Gubernur Umi Rohmi.

Gagasan kampung sehat di tengah pandemi Covid-19 yang jalan di tiap desa dan kelurahan menjadi sebuah program ujung akhir kepemimpinan Kapolda NTB bersama warga masyarakat NTB termasuk Polmas dan Presisi.

“Selama menjabat Kapolda NTB, telah menjadi figur yang baik di masyarakat, terutama dengan memberikan informasi bahwa tidak adanya bahaya vaksin. Sehingga berdampak pada antusias masyarakat untuk melakukan vaksin,” ujar Umi Rohmi.

Wakil Gubernur sungguh merasa sangat berterimakasih pada sinergitas TNI-Polri dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Karena Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat kata Wakil Gubernur, tidak dapat bekerja sendiri tanpa dukungan dua institusi TNI dan Polri dalam menjalankan sinergitas maupun solidaritas.

Kapolda saat berbicara menyampaikan kata pamitan, berterima kasih pada masyarakat Nusa Tenggara Barat umumnya. Masa jabatan selama 1 tahun 7 bulan masa sebagai  Kapolda NTB, terasa begitu dan menyisahkan kerinduan bersama warga NTB yang memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi ini.

Dalam closing statementnya dihadapan publik dan sejumlah media yang maupun seluruh komponen yang ada di halaman Mapolda NTB tadi pagi, beliau menitip pesan kepada warga bumi gora yakni NTB untuk tetap menjaga soliditas persatuan dan kesatuan serta teruslah berbuat baik untuk NTB tercinta,

” Mari kita terus pupuk semangat dan kekompakan kita untuk terus maju dan melangkah, wujudkan terus kekompakan terutama TNI Polri dalam menjalankan tugas pokok fungsinya agar bermanfaat dan berguna bagi masyarakat luas, tandasnya.

Tentu upaya mediasi lebih dikedepankan dalam menghadapi permasalahan di masyarakat terutama dalam menghadapi unjuk rasa dalam skala kecil menengah dan besar, jangan tergesa dan keburu serta kelabakan tetapi tetaplah fokus dan tenang.

“Sampai saat ini tidak ada dinamika yang menonjol di NTB. Semua permasalahan dapat di selesaikan dengan komunikasi yang baik, hal tersebut saya terapkan sejak menjadi kapolsek dan Kapolres,”kata M Iqbal.

Diujung kata pamitan, Kapolda berterimakasih kepada semua pihak dan Bupati se Pulau Sumbawa termasuk insan pers,  Kapolres jajaran, ketua pengadilan dan lain lain atas dukungan dalam mendukung tugasnya sebagai Kapolda NTB.

“Saya Ucapkan terimakasih atas sinergitas dengan Bupati dan Walikota se Pulau Sumbawa bersama dengan TNI dan Polri dalam membangun sinergitas” pungkasnya.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top