Sambut Ke- 75 Koperasi Sebagai Soko Guru Perekonomian, Dekopinda Berinovasi Sepenuh Hati

JejakNTB.com, SUMBAWA | Dalam rangka memperkuat Koperasi yang ada di Kabupaten Sumbawa Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kabupaten Sumbawa bersama Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan melaksanakan Dekopinda CUP 2022 – Lomba Inovasi Koperasi Bagi Kemajuan Koperasi /Kemudahan Tata Kelola Koperasi. Kamis 28 Juli 2022 di halaman Kantor KUMKM Perindag Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan lomba tersebut disupport Pula oleh Bank NTB Syariah, PT AMNT dan beberapa Koperasi yang ada di Kabupaten Sumbawa dalam bentuk Sponsorship dan pembukaan tenan Produk usaha Koperasi

Pada kesempatan awal, Ketua Dekopinda Kabupaten Sumbawa H Rai Saputra SIP yang menjadi inisiator acara menjelaskan
bahwa semangat DEKOPINDA CUP 2022 ini sebagai langkah awal menjawab tema besar HARKOPNAS KE 75 yakni transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan.

“Sehingga di tahun pertama ini DEKOPINDA CUP menghadirkan 8 (delapan) Koperasi inovatif memaparkan skema inovasi Koperasi mereka. Dua Koperasi memaparkan dari sisi inovasi manajemen/ organisasi yakni Koperasi Lisna dan KPN Garuda. Kemudian inovasi Usaha diikuti dua Koperasi yakni Koperasi Syariah BMT Insan Samawa dan KPN Bhakti Husada. Adapun kategori inovasi produk diikuti oleh Koperasi Puncak Ngengas, Kopwan Annisa, Koperasi Laut Biru dan Koperasi Virginia” Tutur H Rai.

Harapannya Dekopinda Cup ini akan menjadi agenda tahunan Dekopinda Sumbawa bersama Diskoperindag Sumbawa untuk memotivasi transformasi dan inovasi Koperasi dan melahirkan koperasi-koperasi unggul di sektor penguatan ekonomi masyarakat dan mampu menjadi pilot projek Koperasi lain yang juga ingin bertransformasi. Beber H Rai yang juga Pengurus Masyarakay Ekonomi Syariah (MES) Sumbawa ini.

Untuk itu diharapkan Koperasi yang menjadi pemenang Dekopinda cup dapat terus dibersamai dan didampingi oleh stakeholder terkait baik dekopinda, Diskoperindag, dewan serta akademisi dari sisi penguatan inovasi untuk menjaga sustainibility inovasi yang telah diawali tersebut. Harapnya.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, semua peserta yang ikut dan para Sponsorship dari PT Bank NTB Syariah dan PT AMNT” Pungkas H Rai.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Riki Trisnadi SE M.Si, dalam sambutannya menjelaskan bahwa Hari Koperasi Nasional ke-75 yang jatuh pada tanggal 12 Juli 1947-12 Juli 2022 dengan tema Transformasi Koperasi untuk ekonomi berkelanjutan memotivasi koperasi dalam konteks kekinian.

“Koperasi hadir dalam perspektif berinovasi dalam laporan keuangan, usaha koperasi, manajemen koperasi dan inovasi produk koperasi yang memiliki daya saing kompetitif yang unggul dalam zona ekonomi global” Ucap Riki uang pernah menjabat sebagai sekretaris BKAD Sumbawa ini.

Kemudian lanjutnya, Perjalanan pembangunan Koperasi dipercaya secara berkesinambungan agar koperasi dapat tumbuh sejajar dengan badan usaha lain memiliki sensitifitas tinggi dalam pengembangan usaha dan diminati oleh generasi muda

Masih kata Ricky Trisnadi, bahwa 75 tahun merupakan usia yang menandakan kematangan dalam berorganisasi dan kemampuan menjawab berbagai tantangan zaman.
Generasi muda sebagai agen pembangunan dibekali dengan pengalaman berusaha serta pembangunan yang berkarakter yang berbasis pada nilai gotong royong dan usaha bersama ini semua ada dalam jiwa koperasi

Sebelum membuka secara resmi, Riki menyampaikan Selamat hari koperasi nasional 75 Semoga menjadi motivasi, syiar dan momentum bagi gerakan Koperasi untuk bangkit Bersama dan terus berkarya menjadi pahlawan ekonomi kerakyatan dan kita gelorakan kita Masyarakatkan koperasi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sumbawa pungkasnya.

Dihubungi oleh media ini Branch Manager PT. Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa Yenni Juliana, M.M.Inov. selepas penilaian dan Pengumuman juara memberikan apresiasinya.
” Alhamdulillah Bank NTB Syariah dapat mengambil bagian dalam acara yang diselenggarakan oleh DEKOPINDA Kabupaten Sumbawa dan sungguh luar biasa, seharusnya acara ini bisa diselenggarakan lebih meriah lagi, karena ternyata koperasi- koperasi kita di Kabupaten Sumbawa sudah sangat luar biasa dan hebat hebat, bisa menjadi contoh dan agen bagi koperasi lainnya, banyak ilmu yang kita dapatkan dari presentasi mereka, semoga tidak hanya dalam hari ulang tahun koperasi saja tapi bisa diselenggarakan secara berkala. Untuk inovasi yang diharapkan adalah Koperasi tidak hanya bergerak di kegiatan simpan pinjam saja. Tetapi juga bergerak dalam bidang-bidang usaha.
” intinya terjadi peningkatan taraf hidup anggotanya. Itulah efek yang kita harapkan”. Pungkas Yeni.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Muhammad Ali S.Sos MM selaku dewan juri mengatakan dirinya bersyukur acara berjalan lancar.

“Alhamdulillah
Capaian Lomba inovasi terhadap gerakan koperasi kami anggap sukses karena dari beberapa inovasi yang ditampilkan sangat memukau dan bagus, ada inovasi yang merupakan bukti nyata di lapangan dan kontek ini perlu kita lanjuti ditahun depan dalam rangka Ulang Tahun Koperasi, dan di 2023 dan insya Allah kita rencanakan lebih meriah dan masyarakat dapat berpartisipasi dan bisa kita lakukan di Taman Mangga atau tempat lainnya.ya h lebih luas , yang bisa dikembangkan juga untuk kegiatan lain.Kami akui acara ini secara mendadak dipersiapkan sehingga belum bisa berbuat secara maksimal, namun Alhamdulillah acara berjalan lancar”
Pungkasnya.

Diketahui bahwa yang berhasil menjadi juara untuk masing masing kategori yakni Untuk kategori Inovasi Manajemen diraih oleh Koperasi Lisna dengan nilai 230. Kategori inovasi usaha diraih oleh koperasi Bhakti Husada dengan nilai 250, kemudian kategori inovasi produk diraih oleh koperasi Virginia dengan jumlah nilai 245 serta pemenang terpavorit diraih koperasi Garuda SMA Negeri 1 Sumbawa. ( Ruf)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top