Sah ! TKCI Dikukuhkan, Bupati dan Ketua DPRD Sumbawa Salut dan Beri Ucapan Selamat

JejakNTB.com, SUMBAWA|  Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI)  Cabang Sumbawa dikukuhkan oleh Dewan Pembina Nasional TKCI pada Sabtu siang (6/8/2022) disaksikan oleh Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq dan Perwakilan KaPolres Sumbawa. Pengukuhan TKCI Cabang Sumbawa merupakan yang ke 114 Se-Indonesia dirangkai dengan Inagurasi TKCI Sumbawa.

 

 

Dalam Sambutannya, Bupati Sumbawa Drs. H Mahmud Abdullah sangat salut dan kagum dengan semangat TKCI Cabang Sumbawa yang telah berbuat untuk Sumbawa
“Saya sangat tertarik dengan ketentuan ADRT yang telah mempersatukan komunitas pecinta Mobil Kijang ini, Saya termasuk pecinta Kijang karena sejak lama menggunakan Mobil Kijang ini”, Ujar H Mo akrab disapa.

“Saya kagumi adanya persaudaraan seperti ini karena terus terang, Perkembangan zaman dapat membuat rasa persaudaraan ini semakin jauh, dan   TKCI telah membuktikan dan mewujudkannya dan ini  sebagai tujuan yang sangat mulia” Ucap Bupati H Mo.

Kemudian lanjutnya, betapa masyarakat Sumbawa cinta dengan kendaraan Kijang ini. Inilah yang saya kagumi, karena silaturrahim seperti ini sangat susah dan masyarakat modern saat ini sangat sibuk dengan dirinya sendiri. dengan adanya pertemuan seperti ini mampu dirajut, saya salut dan saya akan dukung terus.

Bupati Sumbawa juga mengajak partisipasi TKCI dalam pembangunan daerah  Sumbawa.
“Mohon teman-teman, mari kita berpartisipasi dalam pembangunan yang ada di daerah. Melihat kiprah kijang yang sudah cukup lama,  tolong dilihat juga  aturan yang ada dalam berlalu lintas, Kita jaga kondusifitas. Alhamdulillah Sumbawa sangat kondusif, bahkan dalam perhelatan MXGP Samota Sumbawa lalu berjalan baik, kedepannya kita harapkan MXGP dapat digelar dengan sukses pula” Pungkas H Mo.

Dewan Pengurus Pusat Nasional TKCI Dwi Angga Finansyah mengucapkan bahwa TKCI Sumbawa merupakan cabang ke 114 yang sebelumnya masih berstatus prospek dan berharap dapat berkembang, dan mengukuhkan Pengurus dan member TKCI Kabupaten Sumbawa. Hal.menarok pula sebelum pengukuhan Bupati Sumbawa bersama Ketua DPRD, Polres Sumbawa dan DPN menabuh Rebana Ode sebagai tanda Pembukaan Inaugurasi TKCI Kabupaten Sumbawa.

Diawal Inagurasi TKCI Sumbawa, Ketua TKCI Kabupaten Sumbawa, Rusmin Nurjadin memberikan sambutan sekaligus melaporkan aktivitas  TKCI  Kabupaten Sumbawa.

“Terima Kasih kepada seluruh pihak yang telah menyemarakkan dan membantu kegiatan Inaugurasi TKCI Sumbawa, kehadiran Bupati Sumbawa dan Ketua DPRD hari ini membuat suasana cerah dan berbahagia Ucap Rusmin.

Kemudian lanjutnya, TKCI didirikan oleh Raden Dewa Indra dan Sumbawa merupakan  Cabang yang  ke- 114,  dengan Semangat yang terpatri dalam logo TKCI Kabupaten Sumbawa yakni ada dua entitas ke Sumbawaan yang sangat melekat yang pertama adalah rumah atau Istana Dalam Loka, hal ini adalah ikon  Sumbawa yang kami taruh  di lambang TKCI Sumnawa, karena Kami menganggap klub ini adalah rumah kami, yang didalamnya terdiri dari  orang-orang yang meski tidak lahir dari rahim yang sama tapi kami bersaudara lebih dari  rasa saudara kandung” jelasnya.

Entitas kedua adalah lonto engal yang bagi orang Sumbawa memiliki filosofi  sangat luar biasa, yakni menjalin hubungan satu dengan yang lainnya sehingga melahirkan keindahan yang sangat luar biasa dan dia terus-menerus menjalar dan menebar kebaikan di manapun dan kapanpun dia berada. Urai Rusmin yang saat ini juga menjabat Wakil Rektor II UTS.

 

 

“Jadi inilah  hakikatnya TKCI ini Pak Bupati, pak Ketua DPRD, dan Pak Kapolres” Imbuhnya.

Masih lanjut Rusmin, Inaugurasi TKCI Kabupaten Sumbawa dihadiri juga oleh TKCI Cabang Bali, Jogja,   Lombok, Bima, dan komunitas lainnya, Seperti Katana Indonesia Sumbawa.

 

“Dan entitas yang ketiga adalah gambar Mayung atau Kijang itu sendiri, Kabupaten Sumbawa itu lambangnya adalah Kijang atau  Mayung dan ini melekat di lambang pemerintahan daerahnya. Menurut Kami  menggambarkan  dia terus berlari dan terus lincah” Ucapnya diikuti aplause meriah hadirin

Mengutip kisah,  harimau itu selalu bangun pagi daripada kijang supaya dia bisa makan kijang, dan Demikian juga Kijang   itu harus selalu bangun lebih pagi daripada harimau supaya dia tidak dimakan.Maknanya bukan pada siapa yang memakan tapi  siapa yang memberi makan siapa, Urainya.

Sejak 2 tahun yang lalu saya bertemu salah satu saudara saya yang sekarang ini duduk di kursi roda Om.Yon, lalu Om.Dayat, Om.Echos inilah yang menjadi awal kebersamaan kami. Kami bersepakat mendirikan TKCI ini lalu dilanjutkan dengan ketemu saudara kami yang lainnya dan seterusnya, sehingga saat ini kita terus ber-metamorfosa dalam jumlah yang sangat banyak, sekarang ada 46 member terdaftar.

Terima kasih kepada semuanya termasuk Om Iwan Kencana dan Tambora Hotel yang mensupport penginapan, lokasi acara dan lainnya.

Selanjutnya apa yang sudah kami lakukan adalah bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa dan juga lembaga-lembaga yang lain secara kontinyu seperti Kopdar, (Kopi darat_red) di Basecamp di depan pondok pesantren Wahyul Quran Brang Biji dan selanjutnya berkeliling dari rumah member ke member lainnya.

Yang kedua program  Family Gathering. Didalamnya pertemuan yang saling memberikan masukan kepada hal-hal positif.   Di TKCI Sumbawa, Kami beri peraturan tidak boleh ada hal-hal yang merusak baik kesehatan maupun norma-norma sosial, tidak ada narkoba dan minuman keras bahkan di setiap pertemuan selalu Kita isi dengan  program peningkatan spritual dan ruhiah para anggota. kami mengajak ikut serta istri dan anak-anak kami, jadi satu bulan sekali kami berkeliling melakukan trip touring dan sepanjang perjalanan itu jika ada yang trouble, kita tidak pernah meninggalkan teman kita. Bebernya

Masih urai Rusmin, program  lainnya adalah  bakti sosial.  Seperti penghijauan penanaman pohon, dan  pembagian mimbar Masjid ke daerah-daerah terpencil.

“Mudah-mudahan ke depan program ini, bisa kita sinergikan dengan Pemerintah Daerah termasuk ketika Daerah menghadapi musibah bencana sosial seperti  kebakaran di Desa  Batu Rotok, saat itu kami mengumpulkan donasi dan kami berikan dan mudah-mudahan itu bisa membantu Sumbawa meski kecil yang kita lakukan tapi akhirnya bisa memunculkan  harapan  seperti pohon yang kita tanam” pungkasnya.

Foto Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq di saat Inaugurasi TKCI Kabupaten Sumbawa

 

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq yang hadir dalam pengukuhan pengurus dan member TKCI Kabupaten Sumbawa mengucapkan selamat.
“Selamat atas Pelantikan dan pengukuhan Pengurus TKCI Kabupaten Sumbawa, semoga semakin  eksis dan maju.   Eksistensinya tidak hanya bagi komunitas Kijang  tapi juga ada kegiatan positif lainnya di Kabupaten Sumbawa ” Tutupnya.

Kegiatan inagurasi TKCI Sumbawa dirangkaikan dengan Rolling Thunder Wisata Sejarah dan Budaya Sumbawa. Touring dari Pantai Kencana menuju Istana Dalam Loka dilanjutkan dengan malam keakraban dan parade malala minyak sumbawa. (AM/Ruf)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top