Rakor PUPR Sukses, Bahas Studi Kelayakan SPAM Regional di Pulau Lombok

JejakNTB.com | Dinas PUPR Provinsi NTB Selasa (22/11), telah menggelar rapat koordinasi yang dipimpin langsung Ir. H. Ridwan Syah, Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB di Aula PUPR dengan maksud membahas Studi Kelayakan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Pulau Lombok, bersama Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara (BWS NT-1), Balai Prasarana Pemukiman Wilayah NTB (BPPW-NTB), PT. POTUM, PT. GNE beserta konsultan.

Pada pembahasan awal, Made Dresta selaku perwakilan dari konsultan yang terlibat dalam studi kelayakan SPAM regional di Pulau Lombok, menerangkan mengenai pentingnya pemanfaatan mata air Ranget yang terdapat di Kab. Lombok Barat. Mata air Ranget memiliki potensi yang besar dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Pulau Lombok.

Hal itu dikarenakan, debit air yang terdapat di mata air Ranget dapat menyuplai air bersih bagi masyarakat di Kota Mataram, Kab. Lombok Barat, hingga Kab. Lombok Tengah.

Dengan debit air yang cukup besar (mata air Ranget), diharapkan potensi dititik tersebut dapat dimaksimalkan sebagai penyuplai air baku, air minum, maupun irigasi bagi masyarakat di Pulau Lombok.

Pemanfaatan potensi mata air Ranget dapat terlaksana apabila pihak-pihak terkait dapat menjalin kerja sama yang konkrit. Selain itu diperlukan diskusi yang lebih matang antara para konsultan dengan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara (BWS NT-1), Balai Prasarana Pemukiman Wilayah NTB (BPPW-NTB), serta PT. POTUM dan PT. GNE perihal pengelolaan sumber air (air baku, air minum, irigasi), skema sistem pembagi air, serta visibiliti studi ruang dan waktu.

Pantauan media Rapat berlangsung tertib aman dan lancar serta menghasilkan beberapa rekomendasi yang saling  menguatkan serta saling simbiosis mutualism antara satu demgan lainnya. (RED)

 

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top