Raker Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Pendidikan Menuju Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) 2022

SUMBAWA, JejakNTB.com |Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sumbawa, menggelar acara rapat kerja bersama dengan tenaga pendidik dan kependidikan Kabupaten Sumbawa, (26/5)

Acara ini diikuti oleh kepala SMP dan SMA sederajat, bertempat di ruang meeting Olive Food Court, Sumbawa. Dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars BNN acara berjalan begitu khikmad nya.

Ferry Priyanto, S.Sos.,MM kepala BNNK Sumbawa dalam pemaparannya yang bertemakan Tanggap Narkoba beliau menuturkan

“Mari bersama melawan narkoba dimulai dari edukasi dan sosialisasi dengan anak didik kita, ucapnya.

“Kami dari pihak BNN berharap kedepannya sekolah yang ada di kabupaten Sumbawa membuat suatu regulasi bebas narkoba sebagai syarat dalam kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru setiap tahunnya, tentu perlu adanya koordinasi antara pihak sekolah dan orang tua dengan menjalin komunikasi yang baik agar orangtua/ wali siswa paham akan bahaya nya narkoba ini”. Ungkap nya tegas.

Belakangan ini selain kalangan muda, narkoba juga menyerang hampir seluruh kalangan bahkan kaum cendekiawan seperti ASN.

Hal ini menjadi salah satu fenomena yang perlu kita perhatikan, maka dari itu kebijakan yang di terapkan oleh BNNK Sumbawa yakni pemeriksaan Urine di kalangan pejabat Aparatur Sipil Negara. Untuk lingkungan sekolah sendiri Kepala Cabang Dikbud Kabupaten Sumbawa Nasrullah Darwis M.Pd dalam presentasi nya mengungkapkan

“Langkah – langkah strategis untuk sosialisasi kepada siswa/i di sekolah adalah dengan mengembangkan topik tentang Anti Narkoba melalui pembuatan poster – poster yang berkaitan, sosialisasi dan himbauan melalui guru di bimbingan serta konseling di setiap sekolah, agar peserta didik terarah dalam aktivitasnya sebagai pelajar, kita tidak bisa memberantas 100% narkoba ini, namun langkah – langkah kecil yang memberikan dampak besar perlu di rutinkan”. Ucap beliau optimis.

Agenda selanjutnya yaitu penandatanganan Master Of Understanding (MOU) dari pihak BNN dengan sekolah di Kabupaten Sumbawa yang dalam Kesempatan ini diwakili oleh perwakilan SMA Negeri 1 Sumbawa Besar, disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Sumbawa Ibu Dewi Noviany, M.Pd. Sekaligus beliau membuka sesi raker dan diskusi secara resmi. Dalam pidato nya beliau dengan penuh rasa peduli dan berapi – api menyampaikan bahwasannya anak – anak kita adalah investasi masa depan, maka dari itu kita wajib memperhatikan anak didik kita, “Jangan hanya yang beprestasi saja yang di rangkul, seluruh siswa harus kita rangkul penuh!”

Hasil raker disampaikan oleh moderator, mencakup 5 indikator. Salah satu Indikator terpenting adalah memutus mata rantai narkoba dengan cara tes urine.

“Kami dari Pemda Sumbawa mendukung penuh dengan memberikan subsidi untuk melakukan tes. Koordinasi dengan Orangtua dan pihak BNN harus di gelar segera” Tandas beliau tegas. [Tien]

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top