Rajut Kebersamaan dan Perkuat Silaturrahim, Ketua DPRD Sumbawa Terima Kunjungan Ketua DPW MIO NTB

Keterangan Foto. Ketua Umum DPW MIO NTB Feryal Mukmin Pratama bersama Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq Silaturrahim Rajut Kebersamaan (Sabtu,12/8).

 

 

JejakNTB.com, SUMBAWA | Silaturahmi dengan Ketua DPRD, memperkuat hubungan baik antara DPRD di kabupaten dengan MIO Sumbawa dan MIO NTB. Saat itu hadir juga dua anggota MIO Sumbawa, mereka juga masuk dalam kepengurusan organisasi pustaka pinggir kali yang banyak bergerak atau fokus di bidang literasi serta bidang lainnya seperti sosial, kesehatan, ekonomi.

Kunjungan kerja tersebut juga disambut baik oleh ketua DPRD, dan salah satu anggota DPRD Sumbawa dari PKB yaitu Sri Wahyuni.

Karena organisasi media adalah lembaga pengawas kinerja pemerintah baik itu eksekutif maupun legislatif. Jadi kedekatan dan hubungan baik harus terus dipupuk sehingga hal ini mendorong pemerintah juga untuk melaksanakan kinerjanya dengan baik.

Mio juga pada tahun ini akan melaksanakan penilaian keterbukaan informasi atau pelayanan publik di seluruh OPD di NTB. Hasil penilaiannya rencananya akan diumumkan di MIO Award yang rencananya akan digelar setiap akhir tahun.

Atas dasar itu semua saya khususnya ketua MIO NTB tetap berkomunikasi baik dengan pimpinan daerah, pimpinan lembaga.

“Khusus di Sumbawa, kami MIO NTB telah berkomunikasi dengan banyak OPD walaupun tidak semua tetapi dari hasil komunikasi tersebut ada beberapa OPD yang rupanya yang keterbukaan informasinya masih minim bahkan tidak dapat melaksanakan keterbukaan informasi secara maksimal.,”

Ketika disinggung kewajiban negara dan hak entitas yang semestinya, Ketua Umum DPD MIO NTB yang humble dan banyak jaringan ini dengan tangkas menanggapinya,

“Menurut saya, Negara memiliki kewajiban dalam melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasar masyarakat (fundamental human rights). Salah satu caranya adalah dengan membangun kepercayaan masyarakat melalui penyelenggaraan pelayanan publik yang baik.

“Informasi publik adalah hak masyarakat untuk tahu. Mereka sebagai pelayan publik tidak boleh menutup-nutupi hak tersebut. Jika ada yang ditutup-tutupi maka konsekuensinya akan terjadi pertentangan yang dikemukakan oleh masyarakat,” Ungkapnya.

Dalam rangka mencapai tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam alinea ke-4 Pembukaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945), diperlukan ASN yang memiliki pola pikir sebagai pelayanan publik profesional, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Partisipasi media itu penting sebagai kontrol pemerintah agar pemerintah tidak terlena,” pungkasnya.

Sementara Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq kepada Kepala Biro Media Online JejakNTB.com Kabupaten Sumbawa Abdul Makruf Rahmat menegaskan sangat bersyukur dan berterimakasih telah dikunjungi Ketua Organisasi Profesi Wilayah MIO Nusa Tenggara Barat beserta jajarannya,

” Saya mengucapkan terimakasih yang tiada terhingga kepada saudara saya Ketua DPW MIO NTB yang datang jauh jauh dari Mataram untuk sekedar silaturrahim, sekali lagi saya ucapkan terimakasih semoga ini semua bernilai ibadah di sisi Allah SWT.” Tutup Ketua DPRD Sumbawa.

(AM/Ruf)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top