Raih Prestasi Gemilang! “Duo Dila” Siswa SMAIT Samawa Cendekia Juara Nasional KoPSI 2021 mendapatkan Apresiasi Ketua DPRD Sumbawa

Oleh             | RED Abdul Ma’ruf R

Editor          | Nukman

 

JEJAK.COM,-Arsyadila Sophia Fidduha dan Adilah Nur Salsabila—dua siswa SMA Islam Terpadu (SMAIT) Samawa Cendekia Sumbawa menorehkan prestasi Gemilang yang membanggakan. Dua siswa yang dikenal dengan sebutan “Duo Dila” ini berhasil menjadi yang terbaik pada ajang Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) Tingkat Nasional 2021, dengan mempersembahkan medali emas.

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa 
Abdul Rafiq bersama Media

 

Acara Penganugerahan yang dihadiri oleh Pejabat Eselon I, Direktur Jenderal Pendidikan, kepala Pusat Prestasi Nasional, Gubernur Jawa Tengah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi se Indonesia dan Peserta Kopsi yang mengikuti secara daring.

Medali emas ini diraih untuk Bidang Lomba Matematika, Sains dan Teknologi dengan judul karya “Pengaruh Berbagai Variasi System Panen Lestari Model TEDA Terhadap Tingkat konservasi Lebah Madu Apis Dorsata di KPH Batu Lanteh Sumbawa NTB”.

Khabar ini langsung disambut bahagia Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, Keluarga Besar Haji Dawe dan keluarga besar sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Samawa Cendekia. Bahkan ucapan selamat terus mengalir dari masyarakat Sumbawa dan NTB serta dari para netizen di media sosial.

Hj Hafsah SPd, kepada media ini (20/11) mengucapkan Selamat ” Masya Allah Alhamdulillah, Selamat ya Cucu Nenek yang Pintar meraih prestasi Nasional” Ucapnya

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq juga ikut bangga atas Raihan prestasi siswa siswi, dan memberikan ucapan selamat
” Selamat ya kepada Duo Dila di ajang kompetisi tingkat Nasional dan bergengsi, hal ini menjadi sebuah karya yang bisa diimplementasikan oleh para peternak atau pelaku usaha madu di Sumbawa. Madunya dapat lestari, dan hasil yang didapat juga meningkatkan pendapatan

” Sangat Inspiratif dan mudah untuk dipraktekkan” , semoga memberi motivasi kepada siswa siswi lainnya di Sumbawa.” Pungkas Rafiq.

Kepala SMAIT Samawa Cendekia, Muslim, SE. M.M. Inov yang dihubungi, Ahad (21/11) pagi ini, mengaku bersyukur anak didiknya mampu menjadi yang terbaik di ajang bergengsi ini. Sebelumnya, kedua siswinya sukses bersaing dengan ribuan peneliti lainnya se-Indonesia.

Dari 1.175 naskah penelitian hanya 175 karya yang lolos, salah satunya dari SMA IT Samawa Cendekia untuk bidang Matematika, Sains dan Teknologi (MST) dan berhak mengikuti seleksi final KoPSI yang meliputi seleksi presentasi, wawancara, dan pameran virtual.

“Alhamdulillaah, siswi kami menjadi yang terbaik. Kami terharu. Semoga ini bukan puncak prestasi kalian berdua, melainkan langkah awal dan batu loncatan bagi prestasi selanjutnya. Jangan berhenti meneliti, berani jujur, meneliti itu seru,” cetusnya.

Orang tua siswa sekaligus Pembina Yayasan Samawa Cendekia, Sambirang Ahmadi S.Ag., M.Si mengaku sangat bahagia atas prestasi tersebut. Menurutnya, prestasi nasional yang membanggakan ini adalah hasil perjuangan yang luar biasa dan dukungan dari sejumlah pihak.

Karenanya Ia menyampaikan terima kasih kepada kepala sekolah, ustadz, dan ustadzah atas motivasi dan bimbingannya, terutama tim yang mendampingi riset Duo Dila ke Gunung Batu Lanteh. Ucapan terima kasih dan apresiasi secara khusus disampaikan kepada pembimbing risetnya, Ustadzah Annisa Salsabilah Andi Baso.

“Prestasi ini tak luput dari berkah do’a dan dukungan seluruh keluarga besar SIT Samawa Cendekia. Keep going my school as the home of future leader !” ucapnya.

Ia tetap berharap tradisi juara ini bisa terus ditumbuhkan dan dipertahankan oleh siswa-siswa SMA-IT Samawa Cendekia. “Kami memang selalu menyemangati guru-guru dan siswa-siswa untuk menjadikan kompetisi itu sebagai kebiasaan, Champion as a habit,” pungkas Sambirang yasng juga Ketua Komisi III DPRD NTB ini.

Arsyadila Sophia Fidduha merupakan putri pasangan Sambirang Ahmadi S.Ag., M.Si dan Aryanti Dwiyani S.Pd., M.Pd, sedangkan Adilah Nur Salsabila putri pasangan Nasrullah Darwis M.Pd dan Ainun Asmawati, M.Pd.

Prestasi nasional yang diraihnya pada Tahun 2021 bukan kali ini saja. Duo Dila bersama Intan Rahma yang tergabung dalam Tim KIR SMAIT Samawa Cendekia, pernah meraih juara kedua pada Road to International Competition (RTIC) Season 2, April 2021 lalu.

Lomba RTIC yang diselenggarakan oleh Coinetwork bekerjasama dengan rumah KIR Indonesia ini, tim Duo Dila ini berkompetisi bersama 17 tim lainnya dari seluruh Indonesia. Judul karya yang diajukan saat itu adalah “Harvesting Ai Aning, Conservation of Sumbawa Honey by Analisis of Honey Comb and Migration of Apis Dorsata”.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top