Polres Sumbawa Presisi Tangguh, Penuh Tanggungjawab dan Harmonis

AKBP.Henry Novika Chandra,S.I.K,M.H. 
Kapolres Sumbawa

 

 

JejakNTB.com | Diluar dugaan ternyata sosok Kapolres Sumbawa AKBP Henry Novika Chandra, S.I.K., M.H., bukan sosok polisi biasa, Ajun Komisaris Besar Polisi yang pernah menjabat sebagai Kapolresta Bima itu menyimpan sejuta kenangan dalam jabatannya. Saat bertugas di Kota Bima bang Henry termasuk Kapolres tegas dan bijak. Kru jejakntb.com menyambangi di ruang kerjanya Selasa, 14 Maret 2023 tepat pukul 14.30 Wita di Mako Polres Sumbawa Besar.

Perwira dengan dua melati dipundaknya itu begitu enak diliat dan nyaman diajak ngobrol tatkala awak media menghampirinya bahkan saking enak rasanya sampai tak terasa dalam kondisi ada tamu pun masih diterima bahkan kurang lebih satu jam bersama Kapolres yang ganteng Se Pulau Sumbawa ini.

AKBP. Henry Novika Chandra, S.I.K, M.H. adalah model perwira bermental baja, Kapolres yang pernah dimutasi hampir 30 kali selama menjadi abdi negara di kepolisian teraebut menganggap sesuatu itu hanyalah biasa dan tradisi yang lazim di internal TNI Polri.

” mutasi dan rotasi serta apapun namanya di internal organisasi tubuh TNI Polri sebuah keniscayaan yang tidak bisa kita hindari dan ingkari,” ucapnya.

Ketika dikonfirmasi, sudah berapa kali mendapatkan jatah tersebut, dengan senyum khasnya yang ramah itu beliau respons,

” Saya 30 kali kena mutasi dan alhamdulillah saya jalani aja masa masa itu dengan ketulusan dan keikhlasan tanpa merasa sebagai beban atau hal yang kurang enak tidak lah begitu. Malah saya senang ditempatkan dimanapun karena sejak saya menerima amanah menjadi ASN maka saya siap ditempatkan dimana saja di seluruh wilayah NKRI ini dengan penuh riang gembira,” ucapnya.

Henry adalah sosok panutan yang rendah hati, pejabat Kapolres Sumbawa yang baru berusia 43 tahun ini terbilang masih sangat energik selain itu juga humble orangnya.

Dalam pertemuan silaturrahim tersebut ada moral remaining yang sempat diutarakannya kepada rekan rekan yang ada,

” Edukasilah masyarakat dengan tulisan yang mencerahkan dan penuh berisi serta konstruktif,” ujar Magister Hukum dengan kelulusan terbaik ini pada media.

Hendry juga menasehatkan agar kita tidak mudah pesimis dalam mengarungi samudera kehidupan,

” Kita harus bisa menerima takdir mas, kalau saya ditakdirkan jadi polisi maka sampai dunia runtuhpu¬† saya tetap menjadi polisi dan saya tidak akan berubah prinsip,” sarannya.

Selain itu beliau mengulas dan mengupas juga intermezzo yang sangat terarah dan bernas soal makna gambar di ruang kerjanya yang terpampang Gajah Mada dan Krisna.

” Kedua gambar yang ada dalam lukisan itu harus bisa kita cerna pesan pesan moralnya adinda, kita harus tau sejarah dan jangan sekali kali melupakan sejarah,” imbuhnya.

Salah satu tokoh agama dan masyarakat Sumbawa, Isbud Khairil mengaku sangat senang dengan penampilan dan pembawaan Kapolres baru tersebut,

” Beliau orang baik, baru beberapa hari di Sumbawa telah mampu menunjukkan performa yang sangat bagus, pengungkapan kasus kasus sangat gencar dilakukan dan ini merupakan kinerja besar yang berat dilakukan semua orang namun beliau tidak bahkan hingga kelompok panah misterius pun terbongkar saat ini apalagi kasus kasus narkoba alhamdulillah terungkap adanya, ini harus kita akui meski itu tupoksi tapi menjamin hankamtibmas itu pekerjaan berat,” ucap tokoh Sumbawa itu mengapresiasi.

Selain itu, Henry Novika Chandra sosok dermawan yang mampu beraksentuasi melakukan dialektika action secara masif tanpa mengenal marga dan kasta serta kelas kelas.

” beliau sangat humanis bisa menempatkan diri dan dapat mencari solusi alternatif setiap masalah sehingga masalah tidak blunder dan cepat terrespon dengan langkah presisi nya yang akurat obyektif terpercaya,” tambahnya.

Senada dengan Isbud, salah seorang anggota yang bernama Adnan dengan pangkat Brigadir Prajurit Dua yang juga Ajudan Utama Ruang Kapolres spontan memuji dihadapan awak tentang sosok beliau,

Saat redaksi disuguhkan ajudannya buku tamu kepada jejakntb.com spontan tanpa sungkan Adnan ikutan mengapresiasi,

” Syukur alhamdulillah bang, kita mendapatkan pimpinan yang sangat baik rendah dan murah hati serta berkinerja tinggi bang, tak salah bapak Kapolda NTB menempatkannya sebagai Kapolres Sumbawa mencermati track dan kiprah beliau yang patut kita angkat topi,”akuinya.

Pantauan media, Ada yang unik dengan ruangannya yang mana terpajang rapih dan artististik sebuah lukisan ukuran poster dengan tampilan sosok Patih Gajah Mada yang tengah berdiri membelakangi Gunung, Air dan Tanah serta Cakrawala Langit.

Lukisan ukuran poster itu tak jauh dari kursi beliau dan dipajang di sebelah barat meja biro,

Selain Gambar Patih Gajah Mada, terciduk pula lukisan Arjuna dan Krisna maupun gambar lainnya yang tentu saja sangat mengedukasi tamunya darimana saja sehingga terinspirasi dan dapat merefleksikan ide gagasan yang mengarah ke hal yang positif.

Sementara, Drs HM Tahir MPd selaku Kepala SMAN 1 Sumbawa Besar pun tak ketinggalan memberikan komentar nya terhadap Kapolres baru Sumbawa,

” Sangat santun dan berwibawa serta kharismatik adanya, semoga beliau senantiasa dipanjangkan umurnya dan mudahan lama di Sumbawa agar langgeng mengayomi kita bersama Tana dan Tau Samawa,” pungkas Kepsek SMAN 1 Sumbawa empat periode. (Nkm)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top