Pemkab Sumbawa Bakal Memangkas Anggaran Pembangunan, Gegara ini !!

Lalu Suharmaji Kertawijaya ST., MT

 

JejakNTB.com,– Menjadi tuan rumah event berkelas dunia seperti Kejuaraan Motocross atau MotoCross Grand Prix (MXGP) merupakan berkah bagi Kabupaten Sumbawa. Selain mengangkat citra daerah, juga terjadi perubahan yang sangat signifikan di berbagai sektor, karena semuanya harus memenuhi standar internasional.

Perubahan ini tentu berdampak terhadap ketersediaan anggaran. Sebab ditetapkannya Samota-Sumbawa sebagai lokasi penyelenggaraan MXGP adalah di luar dugaan dan waktunya cukup mepet. Untuk menyukseskan pelaksanaan event ini, Pemda Sumbawa akan sharing dengan pemerintah provinsi dan pusat. Kendati demikian alokasi anggaran untuk MXGP, berkonsewensi terhadap ketersediaan anggaran daerah di Kabupaten Sumbawa.

“Kita tidak membayangkan akan Ada event berkelas dunia digelar di Sumbawa. Waktunya tidak banyak, tidak seperti MotoGP yang persiapan sejak 4-5 tahun yang lalu,” kata Ketua Tim Fasilitasi MXGP Kabupaten Sumbawa yang juga Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Lalu Suharmaji Kertawijaya ST., MT saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (27/1/2022).

Pelaksanaan event ini ungkapnya, tentu akan berpengaruh terhadap program-program pembangunan yang telah ditetapkan dalam APBD. Pengaruh ini bukan program tidak dilaksanakan ataupun dihilangkan, tapi hanya penundaan.

“Tidak ada pergeseran, tidak ada program yang hilang. Yang ada hanya penundaan waktunya saja. Tapi yang pasti program-program tetap dilaksanakan pada tahun ini,” jelas Suharmaji—sapaan karib mantan Kadis PUPR Sumbawa ini.

Keyakinan program itu tetap dilaksanakan pada tahun ini, lanjut Suharmaji, karena pada Bulan Juli—Agustus 2022 mendatang dilakukan pembahasan APBD Perubahan

“Jadi dari Juli sampai Desember masih ada 7 bulan untuk melaksanakan program-program yang ditunda dampak dari keberadaan MXGP. Namun event ini memberikan dampak positif yang luar biasa bagi pembangunan daerah di masa-masa yang datang,” ujar Suharmaji seraya mempersilahkan samawarea.com untuk menanyakan pihak Bappeda Sumbawa mana saja program-program yang ditunda tersebut, tutupnya saat dihubungi sejumlah awak media.

Elshabir Algura, SH menilai Event Calendar MXGP 2022 akan berdampak pada alokasi anggaran pembangunan dan berpengaruh,

” Akan banyak bergeser dan berpengaruh dengan adanya event tersebut, apalagi pada Bulan Juli—Agustus 2022 mendatang akan dilakukan pembahasan APBD Perubahan tentu saja yang sudah direncanakan lebih awal akan terjadi pergeseran itu semua bergantung kepada kebijakan dan keputusan bersama, ucap Alumni FH Unram ini pada Media.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top