PDIP Berpotensi Geser Golkar,Nasdem – PKS hingga Menjadi Bupati Dua Pemerintahan

PDIP Berpotensi Geser Nasdem – PKS hingga Menjadi Bupati di dua Pemerintahan

Oleh : Nukman

 

KOLOM | Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berpotensi hattrick dan masih mengendalikan palu sidang untuk periode 2024-2029 bahkan akan menggeser PKS dan Golkar serta lainnya di DPRD maupun Pemerintahan Pemkab Sumbawa pada pemilihan legislatif dan eksekutif 2024.

Hal tersebut dapat terlihat dari masing-masing caleg yang dipasang oleh partai di setiap Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Sumbawa.

Partai Besutan Megawati Soekarnoputri yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan berpotensi mendapatkan tiga kursi yakni di Dapil II,III dan IV. Dari lima dapil di Kabupaten Sumbawa.

Sementara di KSB masih memuncaki raihan perolehan suara signifikan dan bakal diprediksi akan mengambil alih kekuasaan di legislatif maupun eksekutif yang kedua kalinya. Jika ini terjadi maka PDIP akan berpotensi menggeser posisi Partai Besutan Airlangga Sutarto yakni Golkar dan PKS di DPRD Sumbawa maupun Pemkab Sumbawa.

Didapil V Sumbawa tersebut PDI. Perjuangan selalu dua periode memperoleh suara terbanyak. Dan mencetak dua kursi di dapil tersebut. Di dapil tersebut, selain PDI Perjuangan partai Golkar juga pernah mengantarkan dua kader terbaiknya terpilih menjadi anggota DPRD kabupaten.

Sedangkan Partai NasDem yang pernah mengantarkan dua kadernya ke DPRD Sumbawa yakni di Dapil II Kabupaten Sumbawa yakni Zulkarnain dan Edy Syarifuddin.

Jika kita melihat dari caleg yang dipasang Partai PKS dari lima dapil di Kabupaten Sumbawa semuanya memiliki peluang bagus untuk terpilih menjadi anggota DPRD kabupaten Sumbawa.

Untuk diketahui saat ini ada 45 anggota DPRD Sumbawa, dari 45 anggota tersebut mereka paling banyak yakni dari PDI Perjuangan dengan 6 orang wakil, kemudian disusul Gerindra 5 orang wakil, Partai Demokrat lima orang wakil dan PKS 4 orang wakil.

Meski demikian, tentang Partai manakah yang akan menang di Kabupaten Sumbawa keputusannya akan kita lihat hasilnya pada hari Rabu 14 Februari tahun 2024 besok.

Kendati demikian, perolehan kursi di DPRD Sumbawa itu tentunya dikembalikan kepada rakyat Kabupaten Sumbawa dan KSB, sebagai pemilik hak suara

Namun jika diamati secara seksama dan teliti solidnya PDIP di Dapil V NTB saat ini sungguh menyulitkan dan merupakan lawan yang tangguh bagi petahana Golkar dan PKS untuk mempertahankan kekuasaan justru sebaliknya akan tenggelam di jurang paling dalam.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top