MXGP ditetapkan di Kawasan Samota, Kepala Daerah Panggil Sejumlah OPD

JejakNTB.com |Setelah kawasan Samota Kabupaten Sumbawa resmi ditetapkan sebagai lokasi kejuaraan dunia motocross atau Moto Cross Grand Prix (MXGP) yang akan digelar pada 26 Juni 2022 mendatang, Bupati Sumbawa beserta jajaran menggelar rapat persiapan guna mendukung Evan internasional tersebut pada Kamis pagi (27/1) di ruang rapat H. Hasan Usman lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa.

Berikut petikan screenshoot
Press Release Miles 
Tertanggal 26/1/2022

 

 

Rapat juga dihadiri Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviani S.Pd M.Pd, Sekretaris Daerah Drs. H. Hasan Basri MM asisten II bidang perekonomian dan pembangunan Lalu Suharmaji Kertawijawa ST.MT, Asisten III bidang Administrasi Umum Ir Iskandar Mec. Dev., dan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membahas persiapan yang perlu dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumbawa menuju perhelatan MXGP.

Bupati Sumbawa Drs H. Mahmud Abdullah dalam arahannya mengatakan agar semua OPD bersinergi dan berkontribusi mensukseskan MXGP di Sumbawa.

“Arahkan anggaran untuk sukseskan MXGP ini karena mata dunia akan tertuju ke Sumbawa” ucap Bupati H Mo

Bupati meminta kepada semua yang hadir agar segala persiapan dan pembenahan yang dilakukan Pemkab Sumbawa orientasinya bukan lagi domistik tapi mancanegara. Bupati juga meminta untuk segera dibentuk tim Kabupaten dan menetapkan penanggung jawab masing-masing urusan.

Sementara itu Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviani S.Pd M.Pd dalam arahannya mengatakan untuk lebih memprioritaskan pembangunan Pulau Moyo baik dalam hal transportasi maupun akomodasi.

Wabup bersama OPD dan Satker
Bahas bersama terkait
Persiapan untuk kegiatan di Samota

 

 

Menurut Wabup, yang menjadi daya tarik digelarnya MXGP di Samota Sumbawa salah satunya karena keberadaan Pulau Moyo yang sudah dikenal dunia kemudian lanjutnya sekitar 1500 tamu dari 25 negara akan hadir di Sumbawa untuk menyaksikan Event Besar ini berharap seluruh perangkat daerah terlibat aktif serta selalu berkoordinasi dan bekerjasama dalam mendukung pelaksanaan MXGP.

“Jadwal pagelaran seri MXGP telah dirilis, dan Alhamdulillah daerah kita menjadi salah satu tuan rumah perhelatan perlombaan motocross paling bergengsi di dunia ini.” Ucap Novi

Tentu saja hal ini merupakan kebanggaan bagi kita semua. Tapi, di balik kebanggaan tersebut, kita juga harus segera mulai berbenah. Sebagai tuan rumah, segala fasilitas penunjang penyelenggaraan even tersebut harus kita siapkan mulai dari sekarang juga.

“Semoga even ini bisa berjalan sukses tanpa menemui kendala apapun, sehingga setiap tahunnya daerah kita memperoleh kepercayaan untuk menjadi salah satu tuan rumah seri motocross skala internasional ini. Dengan demikian secara otomatis keberadaannya akan membawa berkah melimpah bagi kita semua”. Tutup Wabup.

Sebelumnya asisten perekonomian dan pembangunan Sekda Sumbawa lalu suharmadji kertawijaya STMT memaparkan secara teknis beberapa persiapan yang perlu dilakukan Pemkab Sumbawa dalam mendukung mxgp beberapa persiapan tersebut antara lain percepatan pelaksanaan vaksin dosis pertama sebanyak 100% dosis kedua 70% dan booster 70% sedangkan untuk khusus booster ditetapkan pada akhir bulan Mei karena MXGP dilaksanakan pada bulan Juni 2022

Selain itu akan dilakukan pembenahan jalan akses ke lokasi wisata mata jitu pulau Moyo pembangunan IPA air bersih untuk mendukung kawasan SAMOTA pembenahan akses dalam kota Sumbawa dan bangunan-bangunan dalam kota, pembenahan akses jalan pintu masuk kabupaten Sumbawa sepanjang jalur jalan nasional dari Alas Barat sampai dengan kota Sumbawa dan pintu akses wilayah timur Kecamatan Plampang, Kecamatan Plampang, Kecamatan Tarano serta penyiapan alokasi anggaran untuk perhelatan MXGP.

Disebutkan asisten, untuk urusan akomodasi penanggung jawabnya diserahkan kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) dan Dinas pemberdayaan Masyarakat dan desa (DPMD).

Adapun Dinas perhubungan sebagai penanggung jawab transportasi darat dan laut bandara untuk transportasi udara, TNI dan Polri untuk urusan keamanan, imigrasi menangani dokumen berupa Visa, PLN bertanggung jawab terhadap penerangan lokasi vinew dan Telkom untuk urusan jaringan telekomunikasi.

Asisten berharap semua pihak terlibat secara aktif mempersiapkan segala kelengkapan untuk suksesnya perhelatan MXGP di Sumbawa. Menurutnya penyelenggaraan mxgp di Sumbawa menjadi titik point kebangkitan perekonomian masyarakat pas pandemi.

 

Redaksi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top