Meriah ! Begini Cara Wabup Sumbawa, Bangkitkan Literasi bagi Tanah dan Tau Samawa

Meriah ! September Literasi  Membaca Nusantara Dari Samota, Bangkitkan Literasi Sumbawa

 

Oleh. Abdul Ma’ruf Rahmat SP.

 

 

JejakNTB.com, SUMBAWA | Grand Opening September Literasi dengan Tema Membaca Nusantara dari Samota (8/9/2022) berlangsung sangat meriah. Acara yang dipusatkan di Kawasan Wisata Ai Loang Sumbawa Besar tersebut dihadiri ribuan masyarakat. Hadir pula pejabat terkait dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi NTB, dan Pemeritah Kabupaten Sumbawa serta dari kalangan Komunitas Guru Penggerak, Pendidik, Anak – anak peserta Lomba dan orang tua.

Yang istimewa hadir Bunda Literasi Sumbawa, Hj. Dewi Noviany SPd, MPd bersama jajaran Kepala OPD diantaranya Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip H Syahril,  SPd.MPd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr.Muhammad Ikhsan Safitri, Kepala KCD Dikbud Sumbawa Nasrullah Darwis SPd.MPd. dan Ketua MUI Kabupaten Sumbawa Dea Guru Syukri Rahmat SAg.

Sementara dari Pemerintah Provinsi turut hadir Kepala Dinas Perpustakaan Drs. Tri Budiprayitno. M.Si dan Badan Riset dan Inovasi Daerah Drs. Suka M.Pd

Dalam acara Grand Opening September Literasi dirangkaikan dengan beragam acara diantaranya penampilan Tari Nguri persembahan dari sanggar seni Balomo Siswa-Siswi SMPN 2 Sumbawa Besar, Pembacaan surat untuk Bunda Literasi yang berjudul “Guruku Inspirasiku” oleh Anandira Hafy Hibatullah Salam siswa kelas 6 Autis SLB Negeri 1 Sumbawa Besar, Lomba Mewarnai  yang diikuti lebih dari 300 peserta, Lomba Menggambar dan melukis, Parade Puisi kolisasi dengan tema “Guruku sayang” Persembahan dari Siswa-siswi TK Negeri 1 Sumbawa Besar, Peluncuran 200 Buku karya Guru Penggerak Kabupaten Sumbawa, Cipta Baca Puisi, serta stand Bazar UMKM.

Mengawali sambutannya Wakil Bupati Sumbawa Hj.Dewi Noviany SPd MPd. Menyampaikan sebuah Pantun Literasi

“Jalan-jalan menikmati pantai Ai Loang, tidak lupa beli ikan dan terasi,

Banyak jalan menggapai cita-cita, majukan Pendidikan juga Literasi.

 

Beli cinderamata di Pulau Maluku, Sudah dibayar jangan dikembalikan

Nasib pendidikan kita penuh liku, Lewat Literasi mari kita majukan”

Ucap Hj. Novi disambut aplause meriahkan seluruh hadirin.

Wakil Bupati Sumbawa sangat mengapresiasi kehadiran seluruh tamu undangan dan pembicara diantaranya dari Duta Baca Indonesia Gol A Gong, dan Pejabat yang mewakili Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yakni Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi NTB Drs. Suka M.Pd dan Badan Riset dan Inovasi Nasional Dr. Oos M Anwar, dan Humas Forum Lingkar Pena Akhir Firman Al Amin bersama rombongan.

“Saya atas nama pribadi dan pimpinan daerah sangat mensupport acara September Literasi membaca Nusantara dari Samota ini. kehadiran Bpk. Gol A Gong Membuat saya terinspirasi untuk meningkatkan Minat baca di Kabupaten Sumbawa yang saat ini masih 5,7 % dan itu termasuk sangat rendah. Sehingga dengan adanya September literasi sebagai pengungkit, dan keberadaan Guru penggerak dapat menggiatkan serta meningkatkan budaya Literasi ditataran generasi penerus yang merupakan generasi Emas. Ungkapnya

Masih kata Hj.Novi, Harapan kami Genarasi emas perlu didukung, kita harus punya buku yang memadai, hanya saja dengan adanya Handphone dewasa ini, menjadikan membaca sangat sulit tak semudah diucapkan. Oleh karena itu, kita perlu sisihkan pertemuan sejenak dengan anak-anak kita untuk wajibkan membaca ” Urai Hj.Novi.

Yang kedua menjadi catatan, lanjut Hj. Novy agar anak-anak gemar membaca, dibutuhkan suasana yang menyenangkan, mudah mudahan kita bisa mengambil contoh dari pengalaman para pembicara di September Literasi dan juga daerah lainnya yang lebih maju, sehingga semangat gemar membaca dalam meningkatkan indeks angka Literasi kita bangkit dan tercapai.

“Dalam visi Pemerintah Daerah Sumbawa yakni visi Sehat dan Cerdas, melalui acara yang luar biasa ini sebagai gebrakan Ketua Komunitas Guru Penggerak sangat membantu Pemerintah, Sehingga tidak boleh putus dan menyerah karena mendidik anak-anak butuh kasabaran dan Istiqomah”. pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Purna Aprianti, SS menyampaikan laporan kegiatan bahwa acara ini dilaksanakan dari tanggal 8-11 September 2002 dengan beragam kegiatan dan diharapkan tetap terselenggara pada tahun yang akan datang mengingat tingginya animo masyarakat untuk ikut serta.

“Kami telah mengakomodir tingginya minat peserta untuk ikut meskipun jadwal waktu pendaftaran sudah ditutup terutama lomba mewarnai dan seluruh mata lomba ada pesertanya”.Jelasnya

Ada beberapa lomba dan kegiatan diantaranya adalah lomba mewarnai, Pelatihan menulis sastra, Lomba menggambar, lomba Bagesa, Lomba Cipta Baca Puisi, Bazar  UMKM dan pada ahari Jumat Esok (9/9) dilanjutkan dengan lomba Melukis,  Pelatihan menulis bahan ajar, Lomba Bercerita, dan Lomba Desain Poster.Terang Purna yang juga Guru di SMAN 2 Sumbawa Besar ini.

September Literasi yang didalamnya ada peringatan hari aksara internasional kita rayakan dengan model pesta kebun di Ai Loang, bukan di atas karpet merah tapi dengan bersantai bersama keluarga dengan ketersediaan UMKM di sekitar lokasi acara,jiga yang ingin menikmati laut juga boleh ke pinggir laut.

“Selamat datang di September literasi bersama-sama kita membaca Nusantara dari Samota” Pungkasnya.

Acara Selanjutnya pembukan secara resmi oleh Drs. Suka MPd selalu perwakilan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Sambutan Badan Riset Dan Inovasi Indonesia dibarengi dengan perayaan hari Aksara Internasional 2022 dengan Launching Buku oleh para penulis se-NTB, ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bunda Literasi Hj. Dewi Noviany SPd, MPd.

Dalam kesempatan tersebut Gol A Gong Duta Baca Indonesia membagikan buku Balada Si Roy yang akan tayang Filmnya pada tahun ini, kepada tamu undangan dan memberikan Apresiasi atas capaian penerbitan 200 Buku pada hari Aksara

“Saya sangat bangga dan Masyarakat Sumbawa juga harus bangga karena ini adalah capaian yang  luar biasa bahkan menjadi rekor terbaru secara Nasional dalam 1 hari dapat melaunching 200 karya buku!” Pungkasnya. (Ruf)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top