Menimba Ilmu di Sejumlah Negara, Begini Pesan Novi ke Mahasiswa Pascasarjana UTS Sumbawa

JejakNTB.com| Belajar dan kuliah di sekolah Pascasarjana Universitas Teknologi Sumbawa (UTS)  sangat menyenangkan karena tidak hanya kuliah di kampus tapi juga dapat belajar secara langsung inovasi dan  teknologi negara maju melalui studi Tour. Studi Tour di tiga negara meliputi Malaysia, Singapura dan Thailand ini merupakan salah satu  program unggulan Sekolah Pasca Sarjana UTS. Demikian disampaikan oleh Direktur Pasca Sarjana UTS Dr. Ahmad Yamin SH MH

Malam lalu,  Selasa (27/9/2022) peserta studi tour sebanyak 38 Mahasiswa Angkatan 8 dan 2 orang Official dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Sumbawa. Hj.Dewi Noviany SPd.M.Pd  di halaman Kantor Bupati Sumbawa

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Hj Dewi Noviany berpesan kepada peserta studi tour untuk dapat menjadi duta Sumbawa, Duta  Indonesia dalam memberikan informasi tentang budaya, teknologi dan hal positif lainnya di negara tujuan.

“Kami bangga dengan Sekolah’ Pasca Sarjana Universitas Teknologi Sumbawa yang telah memprogramkan  studi tour ini, dan Pemerintah Daerah sudah banyak Bekerja sama dengan UTS khususnya Sekolah Pasca Sarjana dalam membangun Sumbawa, membangun SDMnya dan lulusannya sekarang banyak tersebar di instansi, Pemerintahan Daerah baik di Sumbawa, KSB hingga Lombok demikian pula ada yang di BUMN -BUMD, Kampus perguruan tinggi  bahkan perbankan.  Yang saya tahu salah satunya adalah Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa  Bpk Nanang Nasiruddin M.M.Inov” Ucap Wabup Hj Novy akrab disapa.

Harapan kami  nantinya dengan studi tour ini bisa menjadi duta-duta Sumbawa – Indonesia yang dapat menyerap  informasi-informasi  dan saling memberi tukar informasi baik  tentang budaya, kondisi alam  dan hal baik yang ada di Kabupaten Sumbawa di tiga negara yang  dikunjungi.

Demikian pula dengan rencana ada seminar di Malaysia, kami atas nama pemerintah daerah berharap agar ilmu yang didapatkan di   acara seminar di  Malaysia Singapura dan Thailand tersebut bisa bermanfaat untuk tau dan tana Samawa. Bahkan saya lihat ada peserta yang dari kalangan guru   dan saya juga bangga jadi guru banyak sekali guru-guru sekarang ini ikut sekolah di pascasarjana Universitas Teknologi Sumbawa, banyak yang bergelar M.M.Inov. dan ini   Luar biasa, semoga ilmunya ini juga diterapkan ke masing-masing sekolah.

Sebelum mengakhiri sambutannya Wakil Bupati Sumbawa menyinggung tempat wisata yang ada di tiga Negara
“Jangan lupa untuk mengambil momentum sebagai semangat dalam mengisi aktivitas sehari-hari’ Pungkasnya dilanjutkan dengan melepas peserta Studi Tour.

Sebelumnya Direktur Sekolah Pasca Sarjana UTS Dr Ahmad Yamin SH, MH akrab disapa Dr Young, menyampaikan bahwa dengan dilepasnya oleh Pemerintah Daerah diharapkan dapat didoakan agar perjalanan dapat lancar tidak ada halangan dan rintangan .

“Studi tour ini yang pertama kali dilaksanakan pasca Pandemi Covid 19, Kami memberanikan diri untuk memulai kembali setelah sempat ditunda  dan  Kami harapkan peserta Studi Tour  mendapatkan pengalaman baru   bagi mahasiswa pasca sarjana angkatan 8 yang dilaksanakan selama 5 hari mulai 27 September 2022 hingga 3 Oktober 2022,   sebelum mereka menyelesaikan studi yang Insya Allah mereka akan ujian tesis pada bulan Desember Tahun 2022 Pungkas Dr Young.

Ditempat yang sama Sekretaris Sekolah Pasca Sarjana  Program Studi Magister Manajemen Inovasi Dr. Umar mengatakan   di  Sekolah pasca itu mengajak mahasiswa untuk bagaimana mengetahui  hal-hal yang baru terutama wawasan internasional.

“Kehadiran mahasiswa ke-3 negara itu agar mereka bisa membandingkan atau study comparison  tentang bagaimana inovasi dan teknologi yang ada di tiga negara tersebut” Pungkasnya

Hal ini diamini oleh salah satu peserta studi tour Kamiruddin .M.M.Inov bahwa imbas positif yang diharapkan dari studi tour, nantinya mahasiswa akan  kembali ke Desa, sekolah maupun instansi tempat dia bekerja.

“Apapun yang  kita lihat,  dengar, baca disana  dapat kita terapkan di wilayah kita masing-masing tentunya hal-hal yang baik artinya dari  inovasinya kemajuannya, tata kelolaannya dan lain-lain itulah menjadi harapan kita sehingga nanti besar harapan kami itu tidak hanya untuk jalan-jalan tapi ada imbas yang kami bawa dari sana untuk wilayah masing-masing” Pungkasnya. (AM/Ruf)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top