Luar Biasa!, SCC Gowes ke Desa Wisata Marente, Masyarakatkan Olahraga Sepeda

Oleh        | RED

Editor     | Elshabier

 

 

JEJAK.COM,- Sumbawa Cycling Club (SCC) lakukan Gowes ke Desa Wisata Marente Kecamatan Alas, Sabtu (25/12). Star Jam 07.00 Pagi dari Sumbawa Besar menuju Desa Pernang Kecamatan Buer untuk memulai perjalanan Gowes. Setibanya di Depan Kantor Camat Buer Rombonganpun bergegas berangkat bersepeda menuju Desa Wisata Desa Marente Kecamatan Alas yang dikawal oleh Kepolisian Resort Sumbawa dan Tenaga Ambulance dan kesehatan sebagai upaya jaga-jaga terhadap hal yang dapat menggangu perjalanan maupun hal lain yang tak terduga.

Peserta Gowes SCC to Marente 
di Depan Kantor Camat Buer 
Kabupaten Sumbawa

 

Gowes oleh beberapa club sepeda tersebut tidak hanya menjadi ajang berolah raga saja, akan tetapi menjadi media untuk kegiatan sosial dan mempromosikan salah satu Distinasi Wisata baru di Kecamatan Alas.
Pantauan media ini ada beberapa Club yang ikut selain SCC yakni Agogo, SBC, SCC Alas dan ada lebih dari 70 orang yang mengikuti.

Ketua dewan Pembina SCC Abdul Rafiq mengatakan bahwa event Club bersepeda asal Sumbawa Besar ini, menjadikan gowes selain untuk berolah raga, juga ajang berwisata, bakti sosial, sosialisasi protokol kesehatan (prokes), hingga ajakan vaksinasi Covid-19.

Saat Rombongan melintas 
di Desa Marente tampak 
Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa
 Abdul Rafiq di apit 
oleh Kasdim dan Camat Alas

 

Selama perjalanan, sesekali peserta berhenti untuk membagikan sembako, membagi masker, sosialisasi protokol kesehatan hingga mengajak vaksin kepada warga yang ditemui di jalur yang dilewati.

Jalur Pinggir pantai dan persawahan serta sungai menjadi lokasi yang ditunggu tunggu para peserta karena pemandanganya yang indah, hutan Mangrove, Pantai yang bersih, hamparan persawahan dan keindahan air sungai dimanfaatkan untuk mengabadikan momen dengan foto dan berswafoto tak hanya itu, masyarakat Desa Marente sangat ramah dan mereka menyambut para pesepeda ini dengan senyum yang ramah.

Saat Rombongan melintas 
di Desa Marente 
tampak Ketua DPRD 
Kabupaten Sumbawa 
Abdul Rafiq di apit 
oleh Kasdim dan Camat Alas

 

“Kaling me pa? (Dari mana pak?_red) tanya warga disaat pesepeda melintas depan rumahnya.

Kaling Samawa Bu ! jawab Pesepeda Kompak.

Mantaab! Silamo (Silahkan-red). Jawab warga.

“Alhamdulillah di Musim libur panjang akhir pekan dan Tahun Baru, diisi dengan kegiatan gowes bareng. SCC tidak hanya sekedar berolah raga, akan tetapi ajang silaturrahmi antar anggota” Ujar Rafiq yang juga Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa ini.

Rombongan SCC saat
 membagikan Masker kepada 
pengguna Jalan didampingi 
oleh Kapolsek Alas dan 
Camat Alas

 

Kemudian lanjutnya, bersama rekan-rekan komunitas gowes yang ada di Kabupaten Sumbawa, terlibat aktif dalam kegiatan sosial. SCC juga terlibat aktif bagaimana membantu pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19 dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan saat gowes bersama.

 

Saat Rombongan memasuki
Desa Wisafa Desa Marente

Terimakasih atas segala Bantuan dari Polres Sumbawa, Danramil Sumbawa bersama jajarannya, Kapolsek Buer dan jajaran, Kapolsek Alas dan jajaran, Camat Alas, pak Kasdim, Sahbandar, Tenaga Kesehatan, Kru Media, dan Direktur Hotel Samawa Sea Side Cotttage serta semua yang ikut acara, Sehingga acara dapat terlaksana dengan lancar”. Tutup Rafiq.

Setelah tiba di Lokasi Finish yakni Kawasan wisata Tiu Batu Desa Marente, seluruh Rombongan disambut dengan meriah oleh pengelola Distinasi Wisata, dan Tim Ibu Ibu Senam Kebugaran Kecamatan Alas, Suguhan Air Minum segar dan Kopi khas Marente _ Kopi Kades disajikan Panas dan Hangat dan pun menjelang siang disajikan makan Siang kuliner andalan Cafe dan restoran Tiu Batu

Saat Rombongan memasuki Desa Wisata Desa Marente
Saat Rombongan berfoto di Pinggir Sungai Desa Marente. Tamoak Kabiro Jejak NTB diantara Goweser               (Helm Hitam)

 

Kuliner yang ada adalah menu andalan dari restoran Tiu Batu. Ada Singang, Pelu berbahan baku Pakis dan Pisang serta aneka buah buahan.

Ditemui oleh media Ini. Hermansyah selaku pengelola dan juru masak mengatakan bahwa Distinasi Wisata Tiu Batu, baru dirintis sehingga masih diperlukan pengembangan, ada rencana kantin bakso juga dibuat disebelah Rumah Pohon ujarnya. Sementara ini, ada objek yang dapat dinikmati pengunjung diantaranya adalah Sungai dengan fasilitas Arung Jeram dan Pemandian Umum, Panggung Hiburan, Kolam Pemancingan Ikan, Home Stay, mushalla Cafe dan Restoran.

“Kami baru merintis mas, Silahkan bagi rekan dan handai tolan, ataupun keluarga yang ingin berlibur ke tempat kami di Desa Marente, Ada penginapan yang cukup nyaman disini yang dilengkapi dengan pemandian air panas dan juga rumah Pohon, tempatnya sejuk dan merefleksikan bangunan khas Sumbawa yakni Bale Panggung. Ujarnya

 

Saat Rombongan tiba 
diCafe DNA Restoran 
Tiu Batu, Menikmati suguhan Kopi
KADES Desa Marente

 

Kemudian lanjutnya ada produk yang menjadi andalan yakni kuliner khas samawa, Singang, Sepat, Ikan Bakar Pelu (urap-urap) berbahan baku Pakis dan Bidak (Pisang) khas Marente. Juga ada Kopi robusta Kawa Desa (Kades) yang original, ada ditambah Rempah-rempah, Susu, dan ada juga Kajare (Kawa Jahe Merah) yang berfungsi untuk vitalitas”. Jelas Herman Marente Sapaan akrab pengusaha muda ini.

Rombongan menikmati
 sajian kuliner Restoran Tiu Batu Desa Marente

 

Disamping itu kami juga melayani pemesanan makanan yang bisa dibawa pulang dengan sistem paketan. Dan semuanya pas dikantong dan dilidah dengan harga 10.000 SD 75.000″. Tutupnya.

Kepada media ini ketua SCC Wahyudi Dirgantara mengakui puas dan bersyukur serta diamini juga oleh anggota lainnya dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah turut serta membantu terselenggaranya Tour Bike SCC to Marente.

“Alhamdulillah buah dari kerja keras dan ikhlas rekan-rekan serta bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa, DPRD Kabupaten Sumbawa, Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa, Danramil Sumbawa beserta jajarannya, Polres Sumbawa, Komandan Kompi Sumbawa, Polsek Buer, Polsek Alas, Camat Alas, Direktur Hotel Samawa Seaside Cottage dan seluruh Anggota Club, akhirnya ide spontanitas kita terwujud” Cetusnya

“Atas nama SCC saya sampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya. Demikian pula terhadap rekan-dari komunitas lain yang berpartisipasi dalam Tourbike SCC to Marente.l, Kami sampaikan terima kasih setulus hati. Sekaligus mohon maaf bila ada hal-hal yang dirasa kurang memuaskan atau kesalahan yang disengaja ataupun khilaf dari pihak kami, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Salam hangat. Indahnya kebersamaan. Tutupnya

Setelah puas menikmati kuliner di Tiu Batu, mendendangkan lagu dipanggung hiburan, dan juga menikmati sejuknya air Sungai Merente melalui pemandian umum dan arung jeram, peserta pun pulang kembali ke Sumbawa Besar dan masing masing diberikan sovenir berupa kopi KADES Marente oleh ketua Dewan Pembina dan pengurus SCC.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top