Loteng hidup digaris Kemiskinan, Faktanya di Pujut RTLH masih dominan !

Tampak RTLH yang ada di Praya, Lombok Tengah. (jejakntb/nana)

 

Jejakntb.com | Potret kemiskinan di wilayah Lombok Tengah masih tinggi hingga 2023 angka itu tertengger papan atas, masih ada ribuan rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng). Data tersebut muncul dari usulan perbaikan RTLH yang diajukan pemerintah desa se-Loteng.

Berdasarkan laporan itu, jumlah RTLH di Loteng tercatat mencapai sekitar 28 ribu unit. Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Loteng, Sukarman menceritakan, setiap kali melakukan rapat koordinasi yang paling banyak diusulkan oleh pemerintah desa adalah terkait dengan pembangunan RTLH.

“Yang paling banyak usulan RTLH yaitu di Kecamatan Pujut, jumlahnya lebih dari 300 (unit),” ungkapnya.

Dijelaskan, masyarakat di Kecamatan Pujut disebut masih banyak yang rumahnya tidak layak karena sejumlah faktor misalnya karena kurang mampu dan lain-lain. “Ada beberapa faktor karena tidak mampu, misalnya ada tiga kepala keluarga (KK) yang masih tinggal di satu rumah,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Sukarman, masih tinggi nya usia nikah muda tanpa hunian. “Ini (yang) paling banyak terjadi di pelosok-pelosok desa, mereka merariq kodeq edak tempat tinggalnya ”pungkasnya (jejakntb/nana)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top