LATS Sumbawa Sukses Gelar Musakara Rea , Pemuda Pancasila Gelar Acara Hiburan

JejakNTB.com | Sekertaris DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) H. Lalu Budi Suryata, SP didampingi Ketua DPC PDIP Kabupaten Bima, menghadiri kegiatan kebudayaan atau Musakara Rea dengan mengusung Tema Sentral ” Adat Barenti Ko Syara’  – Syara’ Barenti Kitabullah yang sukses diselenggarakan mulai tanggal 23 hingga 30 Oktober 2022.

Musakara Rea merupakan rutinitas adat tanah dan tau sawama yang kerap digelar setiap tahunnya dan resmi oleh pemerintah ditetapkan sebagai kalender event budaya nasional.

Pantauan media, kegiatan tersebut dipoles dengan sangat meriah dalam bentuk pawai dan atraksi budaya yang sangat menarik yang melibatkan semua pihak, saling koordinasi dan sinergitas antara berbagai komponen menghasilkan acara budaya yang sangat berbeda dengan menghargai berbagai ethnik yang ada.

Ada etnik sasak, Jawa dan Bali bahkan Sumbawa yang saling memberikan warna yang sangat unik dalam pesta rakyat tersebut, sejumlah ethnik menampilkan unjuk kebolehan masing masing dengan ciri khas karnaval dengan serba serbi sesuai coraknya yang cukup wah dan memukau para warga yang ikut menontonnya.

Muskara Rea terlaksana berkat adanya satu persepsi Lembaga Adat Tanah dan Tau Samawa atau yang akrab disingkat LATS Sumbawa.

Beragam cara dilakukan para tau samawa untuk meramaikannya mengingat Muskara budaya hanya dilakukan tiap sekali dalam setahun.

Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Provinsi Nusa Tenggara Barat misalnya, malam ini tak sungkan menggelar pentas seni yang dibalut dalam acara panggung gembira,

Panggung gembira itu biasanya diisi dengan acara hiburan hingga semalam suntuk

Ketua Majelis Pimpinan Cabang, Burhanuddin AR Salengke, S.Sos dalam suratnya merevisi jadwalnya,

” Untuk koordinasi terbaru kita lakukan dengan tim gubernur, berikut jadwalnya,” ungkapnya.

(Susi)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top