Kunker ke Tana Intan Bulaeng, Wakil Ketua DPRD Mataram Bangga dan Takjub dengan Sumbawa

JEJAKNTB.COM, (Sumbawa Besar) |Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa menerima kunjungan kerja (Kungker) Wakil Ketua DPRD kota Mataram Nyayuk Ernawati S.Sos dan rombongan Jumat (3/5/2024). Rombongan diterima di ruang kerja Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa bersama Tim Ahli DPRD.

Dalam kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Kota Mataram menyampaikan tujuan junjungan diantaranya merupakan kunjungan balasan Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa beberapa waktu lalu ke Kantor DPRD Kota Mataram sekaligus mempelajari pengalaman DPRD Sumbawa dalam mengembangkan pariwisata untuk peningkatan PAD, dan mendapatkan informasi tentang tata kelola kantor DPRD Sumbawa.

Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, Erna, terinspirasi oleh program Kabupaten Layak Anak (KLA) atau Rumah Ramah Anak atau Rumah Aman bagi Anak di DPRD Sumbawa dengan beragam upaya diantaranya menginisiasi Raperda Kabupaten Layak Anak

Atas hal itu Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq SH menyambut gembira kedatangan rombongan.

Dalam pertemuan tersebut terjadi diskusi tentang upaya perlindungan anak, Upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), termasuk pengembangan destinasi wisata dan pelestarian budaya lokal.

Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq, menjelaskan salah satu strategi DPRD Sumbawa dalam perlindungan anak adalah dengan menginisiasi Perda Perlindungan Perempuan dan Anak juga Ranperda Kabupaten Layak Anak. Demikian pula disektor pariwisata dengan turut mempromosikan pariwisata yang ada di daerah, yaitu dengan menjadikan gedung parlemen sebagai tempat wisata (Parlemen tourism) terbuka untuk umum dan memamerkan lukisan dan foto destinasi wisata Istana Dalam Loka, Keindahan Pantai dan pulau pulau kecil, Air terjun, Pulau Moyo, Keindahan bawah laut, seni budaya lokal, dan kegiatan tradisional seperti pacuan kuda, Barapan Kebo, Nganyang, Pesta ponan dan sebagainya

DPRD Sumbawa menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi yang sinergis dengan Pemda untuk memaksimalkan potensi PAD.

Dikatakan oleh Ketua DPRD Sumbawa bahwa telah membentuk Pansus dan melakukan penelitian untuk meningkatkan PAD, yang menghasilkan peningkatan target pendapatan dari sektor pajak hotel dan restoran, retribusi parkir, pasar, dan terminal.

Setelah itu Wakil Ketua DPRD kota Mataram dan rombongan diajak berkeliling kantor dan Ketua DPRD dan Tim Ahli menjelaskan beberapa makna lukisan atau foto yang ada dengan objek destinasi wisata, kegiatan budaya luhur lokal samawa.

Dari Kunjungan Wakil Ketua DPRD Kota Mataram ke DPRD Sumbawa merupakan langkah positif untuk saling belajar dan berbagi pengalaman dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Kunjungan ini diharapkan dapat menghasilkan program-program inovatif dan bermanfaat bagi kedua daerah.(Nkm)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top