Kuatkan Pondasi Visi Gemilang Berkeadaban, Bupati Sumbawa Lakukan Ini

JejakNTB.com, SUMBAWA| Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Sumbawa berlangsung meriah. Beragam kegiatan digelar mulai dari karnaval, pawai bendera, pertandingan permainan rakyat, Upacara Bendera, Festival musik dan malam tadi Kamis (18/8/2022) Telah dilaksanakan Tasyakuran  bertempat di halaman Kantor Bupati Sumbawa.

Kegiatan tasyakuran tersebut  dibuka langsung oleh Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah. Tampak hadir  Wakil Bupati  Hj. Dewi Noviany, M.Pd S.Pd., bersama Suami,  Anggota DPRD kabupaten Sumbawa, Sekretaris Daerah Drs. H. Hasan Basri, MM, Kapolres Sumbawa, Dandim 1607, Forkompinda para Asisten dan Staf Ahli Bupati beserta seluruh Kepala OPD, Kepala Kantor Kemenag Sumbawa, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, H.Mo akrab Bupati di sapa,  menyampaikan dengan terlaksananya tasyakuran memperingati Hari Kemerdekaan Negara Indonesia, diharapkan kepada segenap jajaran Pemerintahan  untuk bekerja lebih keras mewujudkan Sumbawa Gemilang yang berkeadaban. Yang perlu disyukurinya pula atas kelancaran dalam pembahasan KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2023 oleh DPRD Kabupaten Sumbawa, sehingga Daerah dapat menyonsong Pembangunan Daerah yang lebih maju, Pulih lebih cepat dan Bangkit lebih Kuat salah satunya adalah mensukseskan perhelatan   MXGP tahun depan sebagai sarana membangkitkan pertumbuhan ekonomi dan wisata di Daerah.

Bupati sangat percaya dengan semangat yang dimiliki oleh seluruh stakeholder, untuk terlaksananya kegiatan- kegiatan pembangunan di Sumbawa dengan baik nantinya.  Dalam kegiatan Tasyakuran ini, Bupati turut menyerahkan beberapa penghargaan, pelepasan pensiunan dirangkai dengan  penyerahan secara simbolis tabungan hari tua dan pemberian reward kepada siswa berprestasi dalam Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-29 Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2022 yang telah dilaksanakan di Lombok Timur.

Pengamatan awak media, Bupati Sumbawa juga menyerahkan beberapa  penghargaan diantaranya adalah penghargaan atas terpilihnya Kabupaten Sumbawa sebagai Kabupaten layak anak tingkat Pratama, kemudian penghargaan sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2022 berdasarkan keputusan Bupati Sumbawa nomor 723 tanggal 10 Agustus 2022,  pemberian penghargaan lomba kebersihan sekolah tingkat Sekolah Dasar se – Kabupaten Sumbawa, kemudian pemberian penghargaan lomba kebersihan kantor di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa tahun 2022.

Yang menggembirakan pula adalah  pemberian piagam penghargaan kepada beberapa Kepala Desa  dari Dinas Pemberdayaan Masyakarat dan Desa Kabupaten Sumbawa kepada Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu sebagai Pembina Bumdes terbaik, Desa Batu Tering kecamatan Moyo Hulu sebagai Adminduk Online, Desa Jorok kecamatan Unter Iwes sebagai Desa Berprestasi. Kemudian pemberian penghargaan dalam pelaksanaan kegiatan “Boat Desa Pedi Tode”

Hal menarik semalam juga ada pemberian penghargaan kepada H. Mahmud M selaku pencipta Tari Nguri yang merupakan artefak budaya dan non benda sebagai warisan budaya yang sangat bernilai bagi jejak peradaban tarian di tana Samawa khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Dan atas usulan Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, pada tahun 2020 Tari Nguri akhirnya memperoleh Hak Atas Kekayaan Intelektual Komunal dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Selanjutnya acara Tasyakuran ditutup dengan pemotongan Tumpeng oleh Bupati Sumbawa beserta Wakil Bupati, sebagai bentuk rasa syukur atas kebersamaan dan kerukunan dan ajaran hidup yang masih lestari hingga saat ini di tana Samawa. (Ruf)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top