Kodim 1607 E- Sport Competition dimulai, Pesiter ; Ajang Pencarian Atlit, Bangun Kerjasama Tim dan Jiwa Leadership

JejakNTB.com, SUMBAWA |Tournamen Kodim 1607 E- Sport Competition yang merupakan Pra Piala KASAD 2022 resmi dimulai setelah dibuka oleh Perwira Seksi Teritorial ( Pesiter) Kapten Inf I Wayan Suledra mewakili Komandan Kodim 1607 Sumbawa di Aula Parikesit Kodim 1607 Sumbawa pada Sabtu Siang (16/7/2022).

Hadir dalam pembukaan tersebut Forkompinda, Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa, Kabid Olahraga Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa, KONI Kabupaten Sumbawa, Ketua ESI Sumbawa, para Sponsorship bersama seluruh peserta tournamen.

Dalam sambutannya, Ketua E Sport Indonesia I Made Widiarta .S.Kom, M.M.Inov menyebutkan bahwa tournamen ini digelar dalam rangka Pra Piala KASAD 2022. Para Juaranya nanti akan mewakili Kabupaten Sumbawa.

“Terima kasih kepada Komandan Kodim 1607 Sumbawa yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini, kegiatan ini sangat tepat karena telah memilih PUBG sebagai mata lomba. Dikatakan tepat karena dalam kompetisi PUBG sebagai sebuah Game yang memenuhi semua syarat dari Game karena hal ini melatih kerjasama tim, membangun strategi, melatih leadership atau kepemimpinan. Kalau implementasinya jelaslah bagi para tentara pegang pistol sungguhan ” Jelas widi.

Turnamen seperti ini diselenggarakan untuk mendukung penyelenggaraan tournamen berikutnya yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus di 2022. Imbuhnya.

Kemudian lanjut Widi, berbicara mengenai E- Sport, merupakan cabang olahraga (cabor) baru yang berdiri di tahun 2020 kemarin, meskipun baru berdiri, E-Sport dilihat sebagian kalangan sebagai cabor yang naik daun. Hal ini bisa jadi karena banyak sekali turnamen yang diselenggarakannya, diantaranya Piala Presiden, Piala Gubernur disaat event MXGP, dan saat ini Piala KODIM, harapan Kita tentu kedepannya masih ada lagi turnamen-turnamen lain, seperti kehadiran Tamu dari perwakilan KONI, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa (DISPORAPAR) bisa menjadi harapan komunitas E-Sport untuk digelar Piala KONI atau Piala Bupati,” Tawar Widi,

Tentunya akan dapat terselenggara dengan adanya dukungan dari pihak-pihak lainnya. Demikian pula kedepannya, dengan adanya kegiatan ini bersama Kodim 1607 Sumbawa, bukan hanya menjadi langkah awal untuk kita berkolaborasi antara Kodim Sumbawa dan Ekspor, tapi juga kita harapkan masih ada lagi kegiatan-kegiatan ke depannya” Pungkas Widi.

Selanjutnya sebelum secara resmi dibuka oleh Komandan Kodim 1607 Sumbawa melalui Perwira Seksi Teritorial (Pesiter), Kapten inf Wayan Suledra. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para tamu Undangan, Sponsor yang membantu tournamen.

“Saya atas nama Komandan Kodim 1607 Sumbawa mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kehadiran Bapak Ibu, para undangan dan penghargaan yang tinggi-tingginya kepada seluruh panitia, seponsor yang sudah bekerja sama sehingga Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, tidak lupa pula Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh peserta lomba yang mengikuti turnamen yang kita beri nama Kodim 1607 E-Sport Competition yang mana turnamen ini diselenggarakan dalam rangka mencari atlit esport untuk mengikuti E-Sport piala KASAD Tahun 2022” Urai Suledra.

Kemudian lanjutnya, jika kita melihat jauh ke belakang sampai era tahun 90-an, maka kita akan melihat bahwa sebuah game atau permainan yang berbasis teknologi adalah sebagai hiburan semata, namun seiring perkembangan zaman ternyata game tersebut sudah dimasukkan ke dalam cabang olahraga elektronik yang dipertandingkan di tingkat Internasional yaitu game-game online atau game-game yang berbasis data internet, bahkan negara kita menjadi salah satu tempat lahirnya sebuah sejarah bagi Esports dunia. Bebernya

Dalam hal ini ditandai dengan e-sport, resmi menjadi cabang olahraga di Asian games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang. Walaupun demikian, kata Pesiter Suledra, belum cukup untuk membangun opini di masyarakat bahwa pergelaran E-sports tersebut merupakan salah satu wadah yang bisa mengharumkan nama bangsa kita di kancah regional dan internasional. Ungkapnya.

Merespon perkembangan tersebut dalam rangka menjaring talenta E-Sport di tanah air terutama dari kalangan kaum milenial maka TNI AD menyelenggarakan kompetisi piala KASAD Tahun 2022. Selain mencari atlet muda berbakat kompetisi ini juga bertujuan untuk untuk menumbuhkan jiwa patriotik di kalangan kaum Mellinial.

Sebelum mengakhiri sambutannya Perwira Suledra berpesan kepada seluruh peserta kompetisi untuk mempedomani rambu rambu dalam menjaga kesuksesan tournamen.

“Kami pesankan kepada seluruh peserta untuk memupuk semangat kerjasama dan jiwa leadership kita selama pelaksanaan kompetisi, kemudian lanjut Perwira Suledra, yang kedua hindari gesekan-gesekan atau aksi-aksi yang dapat memicu konflik keributan dan yang ketiga jadikan ajang ini sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi dan rasa persaudaraan sebagai sesama anak bangsa sehingga harapan saya selama berlangsungnya kompetisi ini sampai dengan selesainya nanti dapat berjalan dengan lancar tertib dan aman serta tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Bebernya

Masih kata Suledra, untuk diketahui dalam pelaksanaan turnamen ini berlangsung selama dua hari, yang diikuti 23 Tim yang dimulai sore pada hari Sabtu untuk babak penyisihan dan Minggu untuk babak final.

“Dengan mengucap puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa pada hari ini Sabtu 16 Juli 2022 pukul 15.45 WITA, Turnamen kodim 1607 E-Sport kompetition s secara resmi saya nyatakan dibuka”.Tutup Perwira Suledra.

Diakhir pembukaan dilaksanakan foto bersama dengan seluruh Peserta Tournamen (Ruf)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top