Kerennn, Pemdes Tente Biayai Kuliah Warga Tidak Mampu hingga Lulus

JejakNTB.com | Menyikapi era digitalisasi dan kesejagatan saatnya kita membenahi Pendidikan mulai dari hulu hingga hilir. SDM yang baik adalah asset yang tak ternilai harganyamenjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tak terkecuali dari segi sosial dan ekonomi.

Dengan itulah Pemdes Tente sadar dan bangkit melakukan gebrakan berani dari 191 Desa di Bima, baru tente satu satunya yang elegant menginisiasi hal tersebut,

Saat ditemui diruang kerjanya, Senin (22/5) Kades Tente Azhar SE mengungkapkan hal tersebut,

“Masyarakat akan memiliki kesadaran tinggi merespons berbagai persoalan serta lebih siap menghadapi perkembangan zaman yang berlangsung sangat cepat.,” katanya.

Melihat pentingnya pendidikan bagi
masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes)
Tente, Kecamatan woha, Kabupaten Bima, tak mau tinggal diam. menggagas; program kuliah gratis yang diperuntukkan anak-anak
lulusan SMA/sederajat yang tidak mampu di desa setempat melalui dana desa ((DD).

Ketika ditanya, adakah juklak juknisnya terkait dengan cara pemdes tente melakukan gebrakan cerdasnya teraebut, mantan aktivist Inside ini langsung merespons.

” Ada Anggaran nya bang wartawan ganteng di ADD itu dan tinggal kita memanagenya, sambungnya.

Menurutnya, persyaratan pada pelaksanaannya, tidak
semua anak muda di Desa Tente bisa
mengikuti program kuliah gratis, yang
digagas Pemdes. Supaya tepat sasaran,
Pemdes memberlakukan sejumlah
persyaratan bagi calon penerima beasiswa.

“Harus merupakan warga asli Desa tente,
serta berasal dari keluarga kurang mampu.Penilaian latar belakang ekonomi keluarga ini akan diseleksi oleh pihak Pemdes.,” ucap Kades Tente saat ditemui di ruang kerjanya Senin, (22/5).

Selanjutnya, para lulusan SMA/sederajat
yang ingin mendapatkan informasi lebih
lanjut mengenai pendaftaran program kuliah gratis cukup menghubungi kepala dusunmasing-masing atau langsung ke kantor desa setempat.

Kades tente Azhar SE, menambahkan untuk tahun 2023 ini kami targetkan 12 orang dan tahun 2024,,12 orang dan tahun 2025, 12 orang lagi, karena target D├ęsa Tente untuk anggaran pendidikan 150 juta/ tahun yang di ambil dari dana desa (DD) ini investasi jangka panjang sesuai dengan amanat UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

” Iya itu istilahnya investasi kita untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat berdasarkan amanat konstitusi kita,” pungkasnya.

Ini sangat inspiratif dan patut ditiru oleh Pemerintah Desa lainnya yang ada di Kabupaten Bima, mengapa Desa Tente bisa kenapa Desa lainnya tidak.

 

RED

 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top