Kebut Persiapan Frekuensi Radio dan Layanan Telekomunikasi MXGP 2022, Pemda Lakukan Rakor

Sumbawa, JejakNTB.com,-  Selasa (24/5) Pemerintah Daerah bersama Balai Monitoring (Balmon) Kota Mataram laksanakan rapat koordinasi Persiapan sarana pendukung MXGP Samota Sumbawa. Rapat Dihelat di ruang meeting Samawa Grand Hotel. Kegiatan ini di inisiasi oleh Balai Monitoring Kota Mataram yang diikuti oleh beberapa instansi terkait seperti Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTB dan Kabupaten beserta para pimpinan dinas di Kabupaten Sumbawa.

Tampak sebanyak 45 peserta rapat hadir mengikuti rapat koordinasi terkait persiapan jelang MXGP Juni mendatang. Terdiri dari pihak Balmon (Badan Monitoring) Provinsi NTB, Diskominfotik Provinsi NTB, Diskominfotik Kabupaten Sumbawa, Perwakilan Telkom Mataram, Perwakilan Telkom Sumbawa, Samawa Enduro Gemilang, dan Ikatan Motor Indonesia beserta perwakilan provider jaringan yang turut hadir secara daring melalui platform zoom meeting.

Secara keseluruhan, kegiatan rapat ini membahas kesiapan jaringan dan penyampaian clearance spectrum radio di sirkuit MXGP Samota dan secara teknis dijabarkan oleh kepala Balmon Mataram.

Diketahui bahwa yang menjadi kendala utama dari sederet persiapan yang dilakukan adalah masalah perizinan dan persiapan reporter di lapangan.

“Kami dari telkomsel berharap informasi lebih detail dari pihak balmon agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan saat MXGP di helat” Ucap Erwin

Kemudahan lanjutnya, salah satu spot yang perlu diperhatikan adalah Pulau Moyo yang saat ini masih sulit jaringan, masalah kami disana adalah masih menggunakan solar cell, genset dan aliran listrik PLN secara bergantian”. Ungkapnya.

Tanggapan lainnya datang dari pihak Telkom Mataram untuk kesiapan STO telah di bangun di 48 titik strategis di Kabupaten Sumbawa dan ada 2 jalur fiber optic untuk mendukung lancarnya jaringan selama MXGP nanti, infrastruktur perangkat aktif lainnya juga telah di bangun di Seaside bahkan untuk perangkat listrik lainnya pihak Seaside Cottages siap menbackup.

Berkaca dari MotoGP yang telah diselenggarakan di Kawasan Sirkuit Mandalika kemarin pihak Kominfo dan semua provider jaringan telekomunikasi yang ada di kabupaten Sumbawa, sangat berharap agar perizinan dan surat menyurat serta berkas penting lainnya sekurang – kurangnya tuntas di hari Jum’at mendatang.

“Di MotoGP kemarin kami hanya punya waktu sekitar 4 minggu untuk persiapan, sementara normalnya untuk persiapan jaringan dan segala macam membutuhkan waktu sekitar 8 minggu” ungkap pihak telkomsel.

Dari pihak Pemda Kabupaten Sumbawa merespon terkait persiapan yang telah dilakukan.

Kami di Daerah telah mempersiapkan panitia, petugas medis di lapangan serta komunikasi dan promosi. Jelas Tri Karyati. S.Sos.

“Selebihnya kami serahkan ke pihak penyelenggara untuk menentukan siapa yang berwenang atas hal tersebut”. Ungkap Kepala Dinas Diskominfotik Kabupaten Sumbawa.

Acara ditutup oleh kepala Badan Monitoring Mataram dengan harapan “Semoga apa yang telah kita susun bersama terlaksana dengan semestinya mengingat waktu kita yang sangat mepet ”. Tutup beliau. [Ruf]

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top