Kabupaten Sumbawa Raih Penghargaan Kabupaten Mitra Kompak, Ketua DPRD Sumbawa sampaikan Selamat !

Oleh            | RED @mar

Editor        |  Elshabir

 

 

JEJAK.COM,- Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd. M.Pd., menerima penghargaan untuk Kabupaten Sumbawa, sebagai Kabupaten Mitra Kompak dalam Forum Inspirasi Daerah, yang mengangkat tema Sinergi Multi Pihak dalam Penurunan Kemiskinan Mewujudkan NTB Gemilang, Rabu (15/12) di Ball Room Prime Park Hotel, Mataram.

Penghargaan yang diterima, merupakan buah dari inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa, melalui program Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa (LABKD).

LABKD adalah salah satu program dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa, yang menggunakan lembaga adminduk berbasis kewenangan desa, yang berkolaborasi dan bekerjasama dengan semua unsur, mulai dari tingkat RT, Dusun, Desa, Kecamatan dan Kabupaten.

Atas Raihan prestasi tersebut ketua DPRD Kabupaten Sumbawa memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa atas inovasi dibidang pelayanan kependudukan

” Karena sebuah inovasi dalam pelayanan kependudukan kami pandang sangat membantu bagi warga yang ada di plosok desa terutama bagi lansia dan penyandang disabilitas. Peran dari fasilitator desa untuk membantu warga, terutama lansia dan penyandang disabilitas, untuk mendapatkan dokumen kependudukan secara gratis tanpa harus pergi ke pusat pemerintahan.perlu diapresiasi dan disupport” Ujar Rafiq yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa ini.

 

Suasana Penganugerahan penghargaan untuk Kabupaten Sumbawa, 
sebagai Kabupaten Mitra Kompak dalam Forum Inspirasi Daerah, 
yang mengangkat tema Sinergi Multi Pihak dalam 
Penurunan Kemiskinan Mewujudkan NTB Gemilang, 
Rabu (15/12) di Ball Room Prime Park Hotel, Mataram.

Demikian pula kepada OPD lainnya terutama yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik dapat berinovasi pula, sehingga pelayanan publik semakin ramah, nyaman, cepat dan tuntas.

“Kita jadikan penghargaan tersebut sebagai tantangan bagi OPD lainnya , tidak hanya dinas dukcapil, tapi juga OPD lainnya juga musti mulai memiliki banyak inovasi untuk pelayanan publik yang lebih baik sehingga mampu mewujudkan Sumbawa Gemilang yang berkeadaban” Pungkas Rafiq yang juga ketua ikatan keluarga Lombok Sumbawa ini.

Saat penganugerahan penghargaan tersebut, Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd juga memberikan penghargaan kepada Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, dan Bima . Keempat Kabupaten ini dinilai berhasil mengembangkan inovasi dan pendekatan-pendekatan baru untuk mengatasi kemiskinan dan ketidaksetaraan melalui perencanaan dan penganggaran yang inklusif, peningkatan penyediaan layanan, dan melalui inisiatif pengembangan ekonomi lokal.

Inovasi-inovasi tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, Bima dan Sumbawa, bersama program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK), yang berawal di tahun 2016. KOMPAK adalah sebuah program kemitraan pembangunan Pemerintah Indonesia dan Australia yang mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam menanggulangi kemiskinan dan mengatasi kesenjangan. Pemerintah Provinsi NTB, pemerintah ke empat kabupaten bersama dengan KOMPAK, mengembangkan ide dan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan provinsi dan kabupaten-kabupaten tersebut. Empat kabupaten dampingan KOMPAK tersebut telah berhasil mengujicoba model-model ini.

Penghargaan ini diberikan dalam Forum Inspirasi Nusa Tenggara Barat, sebuah acara yang digagas oleh Pemprov NTB bersama KOMPAK untuk mempromosikan dan membagikan manfaat dan praktik baik inovasi-inovasi di Provinsi NTB. Forum Inspirasi NTB ini mengusung tema “Sinergi Multipihak dalam Penurunan Kemiskinan Mewujudkan NTB Gemilang.”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top