Ini Pesan Ketua MUI Sambut Tahun Baru Hijriah di SMAN I Sumbawa Besar

Sumbawa | Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sumbawa Dea Guru Syukri Rahmat SAg, diundang SMAN I Sumbawa Besar pada Jum’at (29/7/2022) dalam acara menyambut pergantian Tahun Hijriah 1 Muharram 1444 H yang merupakan bagian dari kegiatan pembinaan Imtaq yang rutin digelar.

Ketua Umum MUI Kab. Sumbawa, dalam taushiyahnya menyitir sejarah perjuangan Rasulullah Saw dalam proses penyebaran Islam sebagai agama baru yang diwahyukan Allah swt di tengah-tengah masyarakat arab jahiliah waktu itu.

“Perjuangan Rasul saw sangat tidak mudah.Penuh dengan intrik, bahkan ancaman pembunuhan. Dalam dinamika perjuangan yang demikian dahsyat itulah, Allah swt memerintahkan Rasul Saw, hamba kesayanganNya itu untuk hijrah, sebagai bagian cara mengatur strategi perjuangan” Urai Dea Guru Cuk akrab disapa.

Kemudian lanjutnya, maka tahun 622 M beliau melakukan hijrah ke Madinah ditemani oleh para sahabat diantaranya Abu Bakar Assidiq RA, Umar bin Khathab RA, Ali bin Abi Thalib RA serta sahabat-sahabat yang lain.

Foto Siswa dan siswi SMA Negeri 1 Sumbawa Besar saat sambut Pergantian Tahun Hijriah 1 Muharram 1444 H

Jika hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah saw 1444 tahun yang lalu, sebagai wujud dan stretegi perjuangan dalam menegakkan agama Allah SWT, maka hijrah dalam konteks modern hari ini, khususnya bagi pelajar adalah, perubahan sikap dan tingkah laku.

“Jika kemarin masih malas shalat, maka hijrah menjadi rajin shalat, jika kemarin masih malas belajar, maka hijrahnya adalah menjadi rajin belajar, jika kemarin masih malas membaca Al Qur’an, maka hijrahnya adalah menjadi rajin membaca Al Qur’an. Demikian uraian Ustadz Cuk yang juga Sekretaris Majelis Adat LATS ini.

Selain itu, di dalam taushiyahnya, di hadapan kepala sekolah SMAN 1 Sumbawa Besar dan guru-guru tersebut dan seluruh Siswa dari Kelas 10 sampai kelas 12 tersebut, menekankan, agar sebagai muslim, untuk tidak malu-malu menyatakan diri sebagai muslim.

.”Tampakkan diri sebagai muslim” Tegasnya

Dan sebagai muslim, sebagai pelajar muslim, akan menjauhkan diri dari berbagai perbuatan-perbuatan yang menyimpang. Akan menjauhkan diri dari narkoba, minum-minuman keras, menjauhkan diri dari prilaku-prilaku seks bebas.

Demikian pesan tausiyah Dea Guru Syukri Rahmat yang selalu tampil bernash dengan gaya-gayanya yang selalu menyentuh qalbu.

Dalam moment tersebut, Kepala Sekolah SMAN 1 Sumbawa Besar dalam sambutannya, menekankan agar para pelajar di SMAN 1 Sumbawa dapat memaknai hijrahnya Rasulullah Saw sesuai dengan konteks kekinian.

Hal menarik Drs. H. Muhammad Tahir, untuk menguji daya tangkap pelajar terhadap materi yang disampaikan oleh Ketua Umum MUI Kab. Sumbawa, mengajukan beberapa pertanyaan (kuis), yang berhadiah voucher makan gratis di Kantin Sekolah.

Sehingga  suasana menjadi semakin asyik dan semarak.Sembaribeliau menekankan agar anak-anak SMAN 1 Sumbawa Besar tetap disiplin mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan oleh sekolah. (Ruf)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top