Ini Pandangan Partai Gelora Atas SE Penundaan TPP Bagi ASN yang tidak mau Vaksin

Oleh          |Abdul Ma'ruf Rahmat 
Editor        |Nukman
Sabtu,        13 Nov 2021

 

JEJAK.COM,-Burhanudin Jafar Salam SH,MH Ketua DPD Partai Gelombang Rakyat ( Gelora) Kabupaten Sumbawa memberikan pandangannya terkait dengan upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa yang mengeluarkan Surat Edaran tentang Penundaan Pembayaran TPP bagi ASN yang belum vaksin per 1 Desember 2021 mendatang.

“Aturan penundaan pemberian Tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Ini berlaku bagi ASN yang secara medis memenuhi syarat untuk divaksin sementara yang tidak maka tidak ada penundaan asal ada keterangan dokternya” Ucapnya kepada media Jejak NTB Sabtu (13/11)

Saya kira titik tekannya di sini. Pemda melalui Bupati ingin membangun sistem di lingkup ASN Pemda Sumbawa guna mempercepat terlaksananya proses vaksinisasi. Adalah naif, Jika pemerintah memberlakukan aturan vaksin sebagai syarat administrasi perjalanan dan syarat-syarat adiministrasi lainnya terhadap publik secara umum, sedangkan di satu sisi ASN sebagai bagian dari pelaksana dan pelayanan publik tidak patuh atau melaksanakan aturan-aturan secara concern yang telah di tetapkan oleh Negara.

“Saya menilai SE tersebut lambat dikeluarkan oleh Pemda” imbuhnya

Vaksinisasi telah berlangsung setahun lebih. Jika masih ada ASN yg belum melakukan vaksin ( yang memenuhi syarat medis _red ) ini membuktikan tingkat kepatuhan ASN sebagai sebuah organisasi Pemerintah masih kurang.
Sistem akan berjalan dengan baik dan direspon oleh masyarakat luas, jikalau penentu dan pelaksana kebijakan tersebut memberi contoh dan mematuhi aturan/sistem tersebut terlebih dahulu.

Sebagai tindakan nyata, seyogyanya Tim Vaksinisasi Kabupaten Sumbawa melakukan proses vaksinisasi bukan hanya di fasilitas kesehatan atau tempat umum lainnya. Sebaiknya juga dilaksanakan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara menyeluruh di lingkup Pemda Sumbawa

Di tengah berbagai isu miring tentang vaksin yang beredar di publik. Jika aparatur memperlihatkan ke publik tentang pentingnya vaksin untuk melindungi kesehatan bersama.
Maka hal ini akan mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pentingnya vaksin covid 19 ini” Beber BJS akrab dipanggil politisi yang pernah berkantor di Udayana ini

” Kami Partai Gelora setuju dengan diterbitkan SE tersebut, bahkan menyayangkan Pemda Sumbawa yang termasuk lambat mengeluarkan aturan ini untuk menertibkan secara internal birokrat yang diharapkan sebagai contoh nyata bagi masyarakat” Pungkasnya.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top