Genderang MXGP ditabuh, berbagai pihak saling bangun komitmen di Samota

JejakNTB.com | Dalam rangka menyambut MXGP Samota 2022, berbagai persiapan dan dukungan terus diberikan oleh seluruh masyarakat kepada pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa. Event Internasional yang diikuti oleh 19 negara ini menjadi semangat baru bagi tau tanah Samawa untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Dalam rilisnya, Ketua Panitia MXGP App Competition 2022, menyampaikan bahwa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Rekayasa Sistem Universitas Teknologi Sumbawa berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa dan Relawan TIK telah memberikan dukungannya pada Event Internasional tersebut Pada Jumat, 08 April 2022, kolaborasi hebat ini telah diwujudkan dengan melaksanakan Seminar dan Launching MXGP App Competition yang dirangkaikan dengan Pengenalan Tools Mobile App Builder.

 

Acara berlangsung di Aula Madelau ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, dan diisi dengan Laporan Ketua Panitia yang dilanjutkan dengan Sambutan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Kabupaten Sumbawa.

Foto Bersama Civitas Akademik 
UTS, Perwakilan PEMDA, 
Kepala Cabang DIKBUD Sumbawa 
dan Kepala Sekolah SMA/SMK 
serta Relawan TIK Sumbawa

 

Dalam sambutannya Kepala BAPPELITBANGDA Bapak Ir. H. Junaidi, M.Si., menyampaikan bahwa dukungan civitas akademik UTS dan Relawan TIK serta semua masyarakat Sumbawa sangat dibutuhkan dalam mendukung kesuksesan perhelatan internasional, ini merupakan kesempatan seluruh aspek untuk berinovasi dalam pengembangan ekonomi daerah. BAPPELITBANGDA siap memfasilitasi dan mendorong berbagai inovasi untuk mendukung Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban.

“Melalui Kegiatan Launching tool mobile apps builder yg diinisiasi oleh UTS, Pemerintah Daerah memberikan appresiasi dan berterimakasih karena sudah mengambil peran untuk berpatisipasi dalam mendukung pembangunan kabupaten Sumbawa, melalui rencana lomba pembuatan aplikasi yang akan mendukung kelancaran plaksaan MXGP yang akan berlangsung pada tanggal 24-26 Juni yang akan datang Ucap H Jun sapaan akrab Kepala Bappeda Sumbawa.

Kemudian lanjutnya, Perhelatan MXGP yang merupakan event Tingkat Internasional di kabupaten Sumbawa Provinsi NTB tentu patut kita syukuri barsama, mengingat banyak daerah lain juga berharap, namun tidak berkesempatan mendapatkan kepercayaan sebagai lokasi yg dianggap prioritas. Oleh karena itu pemerintah & masyarkat provinsi NTB pada umum dan lebih khusus kabupaten Sumbawa harus mampu memberikan dukungan seoptimal mungkin agar event tersbut dapat terlaksana dengan baik, suksesnya event ini akan berdampak baik untuk perkembangan pembangunan di berbagai sektor/bidang/usaha lainnya (multiplier effect) bagi daerah yg kita cintai. Beber H Jun yang pernah menjabat Kadis Kelautan dan Perikanan ini.

Melalui event ini kita berkempatan dan berpeluang besar untuk mempromosikan potensi & kekayaan sumberdaya alam dan kebudayaan tanah samawa agar para investor juga dapat berminat berinvestasi di daerah kita ini. Terutama pengembangan sektor kepariwisataan di daerah kita ini.

Kalau di pulau Lombok sudah sukses dengan penyelenggaraan MotoGP, maka di pulau Sumbawa tentu kita berharap suksesnya event MXGP ini. Oleh karena itu kami berharap dukungan Bpk/ibu para kepala sekolah (SMA/SMK) yang berkempatan hadir saat launching, agar bersama-sama mengambil bagian dalam mendukung suksesnya pelaksanaan MXGP ini, dengan mendukung kegiatan lomba inovasi pembuatan aplikasi oleh para siswa/siswi baik secara pribadi maupun kelompok sesuai dengan yang dihajatkan oleh panitia. Harap H Jun yang pernah menjabat Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata dan Kebudayaan Sumbawa ini.

Hal ini juga sesuai dgn amat UU 23 thn 2014 tentang pemerintahan daerah, dimana Pemerintah Daerah diharapkan dalam melaksanakan pembangunan di daerah dapat mengembangkan inovasi-inovasi yang dapat memberikan peningkatan pelayanan kepadanmasyarakat, dan juga mendorong / memfasilitasi pengembangan inovasi oleh berbagai komponen masyarakat, begitu juga dengan yang dilaksanakan oleh UTS ini. Jelasnya.

Dalam rencana perhelatan event MXGP ini tentu disana sini banyak kendala/permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Daerah, maka dengan dukungan seluruh elemen masyarakat dan kita semua, tentu masalah yang ada tersebut akan dapat teratasi” Pungkas H.Jun.

Acara ini juga dihadiri oleh seluruh Kepala SMA dan SMK se-Kabupaten Sumbawa serta siswa siswi pelajar dan mahasiswa dan Kepala KCD Dikbud Sumbawa dan rektor Universitas Teknologi Sumbawa.

Foto bersama Peserta 
launching dan seminar MXGP 
App Competition 2022

 

Dalam sambutannya Kepala Cabang DIKBUD Sumbawa Nasrullah Darwis, S.Pd, M.Pd. menyampaikan apresiasinya.

“Terimakasih kepada seluruh kepala sekolah SMA dan SMK yang telah hadir, Kita berharap para guru yang ada di Dinas Dikbud di Kabupaten Sumbawa mengambil peranan di kegiatan MXGP Samota Sumbawa.Ucap Nasrul sapaan akrab KCD ini.

Kemudian lanjut Nasrul, Dengan melibatkan kelompok millenial di SMA dan SMK mengikuti kompetisi dalam membuat MXGP aplication sebagai bentuk nyata dukungan perkembangan teknologi dan inovasi, karena Inovasi merupakan salah satu indikator kinerja seorang kepala sekolah. Pungkas Nasrul.

Kemudian Rektor Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Bapak Khotibul Umam, M.Sc., dimana beliau sekaligus membuka Kegiatan MXGP App Competition 2022.

Setelah acara Launching MXGP App Competition 2022, acara dilanjutkan dengan seminar oleh Narasumber pertama tekait Ide Lomba Aplikasi yang disampaikan oleh Bapak Amnuddin, M.T., selaku Kepala Bidang Perekonomian Dan Sumber Daya Alam BAPPELITBANGDA Kabupaten Sumbawa yang memaparkan tentang peran Teknologi Informasi dalam mendukung berlangsungnya MXGP Samota. Narasumber kedua dengan tema Android App Builder disampaikan oleh Dosen Program Studi Teknik Informatika UTS yang juga Ketua RelawanTIK Kabupaten Sumbawa Bapak I Made Widiarta, S.Komp.,M.M.Inov menyampaikan materi tentang Mobile Apps Builder, Tools Praktis dalam Membuat Aplikasi Mobile. Tingginya kebutuhan akan aplikasi mobile saat ini memicu UTS untuk berinovasi membuat sebuah Mobile App Builder yang merupakan sebuah alat untuk membuat aplikasi berbasis Android dan Iphone secara praktis melaui fitur drag and drop.

Sebelum acara ditutup, disampaikan persyaratan dan ketentuan MXGP Competition 2022. Dipaparkan oleh Ketua Panitia Lomba Bapak I Made Widiarta, bahwa Lomba aplikasi ini berlangsung dari tanggal 8 April 2022 sampai dengan 16 Mei 2022 kemudian dilanjutkan dengan pekan penilaian dan sesi terakhir adalah presentasi finalis dan pengumuman pemenang pada tanggal 25 Mei 2022. Total hadiah hingga jutaan rupiah dan hadiah utama adalah Beasiswa untuk kuliah di UTS.

Foto Ketua Panitia MXGP App Competition 2022 
dalam arahan dan persyaratan lomba kepada Siswa 
SMA/SMK dan Mahasiswa, Foto.jj

“Dengan tetap menaati protokol kesehatan akan segera terlaksana kegiatan MXGP App Competition 2022, mari ikuti dan jadilah berprestasi para Generasi Hebat Sumbawa !!!” Pungkas Widi (AM/Ruf)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top