Dr. ‘Aidul Furqan : ” Juli – desember, banyak sesuatu yang fundamental Membanggakan NTB Gemilang, tunggu saja !”

jejakNTB, MATARAM | Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Doktor Aidul Furqan, M.Pd., saat ditemui diruang kerjanya Senin 27 Juni 2022 panjang lebar mulai dari hulu hingga hilir yang dipadukan dengan konsep dan programnya dalam mewujudkan Nusa Tenggara Barat Gemilang dengan Civic Educationnya. Pertemuan yang berlangsung satu jam bersama Kadikbud NTB ibarat mengembalikan dunia edukasi Bumi Gora yang selama ini centang perenang bagaikan kembalinya mutiara yang hilang.

Doktor Aidul Furqan Magister Pendidikan adalah putera terbaik Nusa Tenggara Barat, alumnus terbaik di era nya ini tatkala menakhodai Dikbud secara gradual tatanan entitas ini tumbuh kembang biak dengan baik, tercatat di periode kepemimpinannya banyak sekali program dan gebrakan utama di bidang pendidikan dan kebudayaan meski disana sini masih terdapat kekurangan namun hal tersebut lumrah adanya karena sebagai manusia yang dhoif kesempurnaan yang hakiki itu hanyalah milik Allah SWT.

Salah satu bukunya beliau yang sangat terkenal dan sudah di Launching adalah yang berjudul Membangun Pendidikan mulai dari pinggiran, ada juga Menata Pendidikan NTB yang gemilang serta program seribu cendekia untuk NTB yang gemilang.

” Ada program anugerah sekolah ISO itu namanya dan kita laksanakan di Bima yang tahun lalu atau tahun 2021 dilaksanakan di Kota Mataram ternyata 2021 itu kabupaten bima mendapat juara umum dan konsekuensi dari juara umum itu adalah menyiapkan diri jadi tuan rumah sehngga tadinya rencananya akan dilaksanakan pada bulan mei yang bertepatan dengan hari pendidikan namun 2 mei 2022 bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau 2022 Masehi,” ungkapnya.

Lalu juknis apel perayaan dan lainnya itu diberikan kementerian setelah lebaran jadi upacaranya mundur satu minggu lebih dan agenda agenda lainnya boleh dilanjutkan pada bulan juni maupun juli 2022, karena Bima adalah juara umum maka teman teman kita gerakkan 18 di bima dan balik ke sumbawa tepat dengan momen lomba kompetensi siswa tingkat provinsi (LKS) yang ke 30 dan yang ke 29 tahun lalu di Lombok Barat.

Nah sebenarnya 2020 kita melakukannya di Sumbawa tapi ndak dapat ijin covid 19, covid 19 2020 dan 2021 semuanya melalui daring anak anak lomba, nah awal tahun 2022 mulai longgar sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan sebagaimana mestinya sesaat sebelum pandemi dan yang tertunda dua tahun sejak 2020 kami rapatkan kembali bagaimana nih apakah teman teman sumbawa masih siap menjadi tuan rumah atau bagaimana.

Akhirnya disepakati Sumbawa menjadi tuan rumah kegiatan LKS yang momentnya kebetulan bersamaan dengan diawal 2022 pak Gubernur NTB mendapat persetujuan perhelatan MXGP. Jadi anak anak yach pulang, yang diberikan kesempatan nonton oleh kepala sekolah silakan, guru guru juga silakan kita tidak ada ikatan.

Nah, agar dia efektif  dari Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten KSB, maka rapat kerja tahunan itu selalu kita lakukan pada bulan juni, jadi ada rapat per enam bulan, ada rapat kerja pertahunan. Bulan juni, paling telat itu bulan Oktober setiap tahun.

Untuk tahun 2023 nanti bisa jadi di Kabupaten Dompu atau Bima mengingat keduanya belum dapat,  dan Bima khan sudah dapat atau meraih ISO kemarin makanya diprioritaskan untuk jadi lokasi itu.

Ditetapkannya dana mbojo sebagai lokasi rapat dan pertejuan regional dikbud mengingat Bima menjadi juara umum serta telah menjadi kesepakatan bersama semua pemangku di Dikbud NTB dan seluruh Kabupaten Kota nya.

Tahun depan Kota Mataram menjadi tuan rumah LKS karena Mataram meraih status juara umum dari ajang kompetisi regional tersebut

Ketika ditanya, mengapa setiap pertemuan dan agenda utama selalu di pulau Sumbawa Doktor Muda penuh energik itu dengan diplomatis mengatakan sesuai dengan prestasi dan torehan kinerja yang diraihnya

Kita gilir, selain itu tujuan lainnya adalah untuk mempererat hubungan dan sambungan tali silaturrahmi kerja antar sekolah dan teman teman pulau lombok ini juga tidak pernah melihat sekolah sekolah teman teman di pulau sumbawa maka dari itulah hal ini menjadi sasaran utamanya, dan lebih sering teman teman pulau sumbawa yang ke pulau lombok.

Dan melalui program kerja sister school yakni mempersaudarakan sekolah, nah krn teman teman terlalu sering juga kalau rapat kerja pulau lombok sepwrti loteng lotim ksb semua sudah dan gilirannyalah Kota Bima,  Kabupaten Bima dan Dompu kita kunjungi.

Esensi LKS

Lomba kompetensi itu merupakan ajang berprestasi kompetensi keahlian siswa siswi kita, adapaun diantaranya lomba robotik, tata boga, perhotelan, disain infografis, maupun lainnya yang dikhususkan bagi SMK / SLB nya saja sedangkan SLTA/MA ada konsepnya tersendiri.

” Untuk tingkat nasional pada bulan Agustus 2022 besok kita siapkan guna mempercepat akselerasi kwalitas dan mutu pendidikan sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan yang nantinya akan menghasilkan jebolan siap pakai tampa mencari kerja lagi.

Jadi kalau LKS itu bukan secara tiba tiba atau tiba saat tiba akal melainkan program kita yang terencana terjadwal berdasarkan schedule yang ditetapkan sebagai komitmen awal membangun dunia pendidikan yang bermartabat menuju Kegemilangan.

Hanya karena pandemi dan PKM itulah yang menjadi faktor penghambat jalannya program yang dicanangkan, kini Dikbud NTB kembali ghirah dengan kiprahnya to elevate education membangkitkan kembali ghiroh budaya ghiroh pendidikan ummat dengan visi memanusiakan dan memaslahatkan adanya.

Alhamduulillah 2022 ini bisa kita lakukan semua dan yang tertunda akan kita lanjutkan kembali dan jawara jawara sudah ditetapkan mulai dari Kota Bima sampai Mataram ada sekolah yang mewakili dan yang mendapatkan medali yang terbanyak itulah kita nobatkan menjadi juara umum dan tahun depan menyiapkan diri menjadi tuan rumah

Saat ini keberadaan SMK di Nusa Tenggara Barat cukup banyak, khusus yang negeri sebanyak 99 SMK sedangkan dari pihak Swasta kurang lebih ada 60 sekolah SMK. Semuanya berjalan baik dan berkembang biak menjadi sekolah andalan dan unggulan kita semua.

” Yang 60 itu ada yang eksisnya bagus dan ada yang sangat tersisa muridnya makanya saya bisa katakan eksistensinya tetap berpengaruh dalam berkontribusi bagi penambahan naiknya IPM NTB dalam soal kompetensi dan skilled.” Tambahnya.

Progress LKS 2022

Kemarin peserta kegiatan ini terakomodir peserta sebanyak 126 sekolah se Nusa Tenggara Barat, ada negeri ada swasta itu kita libatkan bahkan  di ISO yang BIMA itu ada beberapa sekolah swasta yang mampu meng eliminasi peserta lks sekolah negeri, dan saya ambil contoh SMK Swasta Mantang Paok Montong dan SMK Dea Malela Sumbawa Besar juga juara dan mengalahkan sekolah sekolah negeri jadi banyak seingat saya sekitar 5 hingga 6 sekolah swasta yang menyingkirkan peserta lomba dari ajang teraebut.

Kita undang dan dia dapat penghargaan alhamdulillah ijilah wujud dari sinergibitu jadi yang kita kelola bukan  hajya sekolah negeri namun juga swasta cuman karena sekolah swasta ini jangkauannya sangat jauh sehingga menjadikan itu semua faktir utama keteraksesannya yang belum memadai.

Sepertinya kekurangan waktu kita untuk menyapanya satu persatu, selama ini khan saya menyapa satu persatu semua sekolah yang ada, dan rapat kerja kemaren mereka hadir juga bahkan lengkap saya lihat, kenapa mereka hadir ? Karena kita menyepakati pertama tahun ajaran baru wajib tatap muka, kedua segera menyiapkan diri implementasi dan aktualisasi kurikulum merdeka belajar, ketiga hasil audit BPK yang sudah diumumkan tentang manajemen BOS harus diatensi serius agar tidak terulang di 2023, yang  keempat kita beri ruang bagi sekolah negeri dan swasta untuk dapat kita menghasilkan yang namanya guru inspirasi dan nanti Desember 2022 ajang guru dan kepala sekolah untuk kita beri ruangnya agar mereka bisa berprestasi.

Dan berprestasi ini saya membangun kerjasama dengan Badan Zakat Provinsi dan yang kelima di bulan desember nanti saya mencari sekolah berintegritas dan sekolah ini dilihat dari berbagai sisi seperti kepatuhan informasi publiknya, manajemen dana bos, penerapan disiplin, tertib dan taat hukum aturan, bahkan untuk itu Ombudsman RI perwakilan NTB sudah dihubunginya.

” jadi nanti penghargaannya dari OMBUDSMAN khan kerennnn khan belum ada di Indonesia itu bang, pokoknya saya membuat sesuatu yang membanggakan propinsi ini dan manajemennnya bersinergi dengan semua pihak terkait,  tutup Doktor Furqan pada Media.

Bisa sama sama mengawal untuk semakin baiknya layanan pendidikan di Nusa Tenggara Barat, dan hal tersebut sudah dicanangkan menjadi program bukan sekedar obsesi melainkan penetapan program kerja riil

Kepala Sekolah Berintegritas

Alhamdulillah sudah kita programkan juga dan tengah berada dalam roadmap implementasi yang mengarah kepada sasaran sesuai target dalam kerangka kerja dan pola dasar kependidikan,

Kepala dikbud tersebut tidak menafikan masih adanya satu dua oknum Kepala SMA SMK dan SLB yang masih nakal dan bermain main dengan semua mata anggaran dan item program kerja pemwrintah,

” iya namanya kita mengelola orang mas yaa, ya tetap ada sich satu dua orang yang gitu (nakal.red.) namanya saja manusia mas, barangkali faktorny adalah kurang atau terjadinya missed komunikasi diantara entitasnya itu bisa saja menjadi faktor pemicunya dan juga serta solusinya saya tetap melakukan harmonisasi kerja kabupaten kota serta saya tak mengenal lelah itu yang perlu mas catet, bahkan untuk menjenguknya serta bahkan saat ini kita libatkan juga istri dan keluarganya guna all out bersama saya membangun peradaban pendidikan yang merupakan warisan dan harta terbaik buat anak generasi cucu kita kelak, pungkasnya. (nkm)

 

 

 

 

 

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top