Dosen dan Mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas Teknologi Sumbawa. “Sosialisasi Situs Sejarah Sebagai Destinasi Wisata”

SUMBAWA, JejakNTB.com |Sivitas Akademika Universitas Teknologi Sumbawa kembali mengimplementasikan Tri Dharma nya ditengah tengah masyarakat dan adat Tau Samawa,

Sejumlah Dosen dan Mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas Teknologi Sumbawa kembali melakukan Sosialisasi Situs Sejarah Sebagai Destinasi Wisata, Selasa 24 Mei 2022.

Menurut ketua Program Studi Ilmu Sejarah pada saat menuju situs sejarah. Sangat di sayangkan karena tidak terawat dengan baik, pada hal makam Kuno di Desa Labuhan Burung Kecematan Buer Kabupaten Sumbawa.

Salah satu Makam para ulama pada masa lampau yang menjadi saksi bisu penyebaran agama Islam di Sumbawa. Kami berharap Makam Kuno sangat berpotensi untuk dikembang sebagai destinasi obyek wisata relegi dan tentunya dibutuhkan dukungan dan anggaran banyak dari pemerintah Sumbawa.

Temuan makam kuno itu menjadi perhatian masyarakat dan kepala Desa Labuhan Burung saat ini.

Ungkapan Rusdin selaku keturunan ke 6 dari Puang na I Bonga, keturunan ke 5 dari Puang Bonga dan keturunan ke 4 dari Puang Matoa Bacole’.

“Atas nama tokoh adat dan warga Labuhan Burung kami mengucapkan terimakasih kepada teman-teman Porgam Studi Ilmu Sejarah-UTS yang sudah meluangkan waktu untuk datang langsung ke lokasi makam kuno di desa kami, ungkapnya.

Masih Rusdin, dirinya sangat berharap kepada Sivitas Akademika UTS dapat terus merawat kegiatan tersebut,

“Kami sangat berharap teman-teman UTS dapat membantu kami untuk menyingkap tabir misteri yang ada di makam kuno ini, karena situs makam kuno ini merupakan peninggalan sejarah yang besar kemungkinan akan memberikan kita petunjuk tentang awal mula penyebaran Islam di Pulau Sumbawa masuk dari Sulawesi bukan dari Pulau Jawa,” harapnya.

Untuk diketahui, Labuhan Burung dahulu adalah Pelabuhan yang menghubungkan Sulawesi dengan Sumbawa, bahkan juga menghubungkan dengan Malaysia.[ien]

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top