Doktor Sutarto Mengabdi Tanpa Batas dan Berdedikasi untuk Anak Negeri dipercaya UNDIKMA sebagai Steering

JejakNTB.com, MATARAM | DOKTOR SUTARTO dan LKTP UNDIKMA Melaksanakan Tes IQ Di Sekolah
Lembaga konsultasi dan Tes Psikologi (LKTP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) melakukan tes psikologi di SMP Negeri 11 Mataram dan MTs NW Mujahidin Jempong.

Tes tersebut bertujuan untuk mengetahui IQ Siswa untuk mendukung penelitian tentang matematika dan Siswa Slow Learner.

Penelitian tersebut merupakan Hibah penelitian yang diperoleh Dr. Sutarto, M.Pd dan dibiayai sepenuhnya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek) dengan judul Pengembangan Teknologi Asistif Untuk Meningkatkan Kemampuan Conjecturing Siswa Slow Learner Pada Materi Pola Bilangan.

Dalam pelaksanaanya Penelitian ini dibantu oleh ibu Dwi Aprilia Anggraeni, S.Pd (SMPN 11 Mataram) dan Bu Jesica, S.Pd (MTS NW Mujahidin Jempong) dan juga melibatkan beberapa Mahasiswa Pendidikan Matematika.

Doktor Sutarto adalah Salah satu dosen tetap Prodi Pendidikan matematika UNDIKMA yang berasal dari Kabupaten DOMPU dan selalu mendapatkan hibah penelitian dari Kemdikbudristek sejak tahun 2015.

Sekarang menjabat juga sebagi Ketua Lembaga Pendidikan Pembelajaran dan Pelatihan Micro Teaching (LP3M) UNDIKMA.

Dalam pelaksanaan pengukuran, Dr. I Made Sonny Gunawan, M.Pd yang merupakan ketua LKTP UNDIKMA menjelaskan bahwa pengukuran IQ tersebut menggunakan Instumen Culture Fair Intelegence Test dan dipergunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan siswa secara umum.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa UNDIKMA memiliki Lembaga Konsultasi dan Tes Psikologi yang bisa digunakan untuk mengukur kemajuan prestasi siswa/sekolah maupun prestasi umum; mengukur Tingkat Kecerdasan Dasar, Bakat, Minat dan Kepribadian siswa/mahasiswa serta potensi Kelanjutan Studi; Menelusuri problem belajar dan pengarahan selanjutnya/ bimbingan konseling; melengkapi data siswa agar lebih akurat untuk sekolah/ guru pembimbing dan orang tua, dan membantu siswa dalam memilih sekolah lanjutan.

Dalam kegiatan Tes IQ di Sekolah tersebut, hadir juga kaprodi Bimbingan dan Konseling (BK) yang juga menjelaskan bahwa sumberdaya LKTP berasal dari prodi BK dan Dua dosen kami memiliki lisensi untuk melakukan pengukuran dan memiliki dosen yang keahliannya di bidang psikologi.

Dalam kegiatan tersebut, hadir kepala sekolah SMPN 11 Mataram H. Azizudin, S.Pd., M.Pd., M.E mengatakan bahwa kegiatan penelitian bersama yang dilakukan oleh Doktor Sutarto sangat membantu guru-guru kami untuk memahami tentang riset dan karya ilmiah.

Dan mengucapkan terimakasih kepada UNDIKMA yang telah membantu dalam tes IQ. Semoga kerjasama seperti ini tetap terus dilaksanakan. Hal yang serupa juga di ungkapkan oleh Bu Denik Hardiana, S.Pd Kepala MTs NW Mujahidin atas terselenggaranya tes IQ yang dilaksanakan oleh LKTP UNDIKMA. (***)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top