Dikbudpora Buat Gebrakan Dalam Menata Kembali Pendidikan di Bima, Berikut Solusinya !

JejakNTB.com | Jajaran Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) kabupaten Bima Kamis (25/5) menggelar kegiatan bertajuk “Gebyar Mei 2023” yang diisi sejumlah rangkaian yaitu launching aplikasi pembelajaran elektronik e-Tana’o dan penyerahan sejumlah hadiah perlombaan di halaman kantor dinas setempat.

Kegiatan yang dihadiri Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE, Wakil Bupati H.Dahlan M.Noer dan Sekretaris Daerah Drs.H.M. Taufik HAK, M.Si tersebut secara khusus mengundang Direktur Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus pada Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Putra Asga Eleveri, S.Si, M.Si

“Kualitas pendidikan tingkat dasar akan menyokong tingkat pendidikan yang lebih tinggi, karena itu Pemerintah Kabupaten Bima terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya tenaga pendidik dan kependidikan pada satuan pendidikan tingkat dasar.

Demikian sambutan Bupati Bima di hadapan Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) NTB, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) NTB, para kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Koordinator pendidikan, Kepala Sekolah SMA, SMP, SD dan PAUD sederajat yang menghadiri acara Gebyar tersebut.

“Dengan kondisi geografis dan keterbatasan yang ada, tantangan dalam pembangunan sumber daya manusia di kabupaten Bima sangat besar.
Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Bima menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek atas segala dukungan atas dukungan program pendidikan sejumlah fasilitas pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Bima”. Imbuh Bupati.

Sebelumnya, Direktur Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kemendikbud Ristek RI Putra Asga Eleveri secara khusus menekankan pentingnya peran guru dalam mengelola satuan pendidikan.

“Sebagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara, Setiap siswa mempunyai potensi unik yang kalau berkembang akan maju dan tugas para guru adalah bagaimana mendidik mereka dengan menyambut Merdeka Belajar agar bisa direalisasikan”.

Karena itu penting agar segala sumber daya guru harus menjabarkan profil pelajar Pancasila yang mandiri, bergotong-royong, berkepribadian global dan para guru memiliki peluang untuk membangun profil pelajar yang berkarakter Pancasila”.Tandasnya

Dalam acara Gebyar Mei tersebut Kadis Dikbudpora Kabupaten Bima Zunaidin HI S.Sos, MM dalam laporannya menjelaskan, terdapat 1.351 satuan pendidikan yang terdiri dari 679 TK/PAUD, 421 SD dan 132 SMP.
Satuan pendidikan tersebut dibina oleh 3.254 Guru PNS, 365 tenaga PPPK dan delapan ribuan TPU yang mengajar 94.832 siswa didik kota, desa wilayah 3T.

Nkm

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top