Dianggap Siluman dan Tak Berguna, Bangunan TPS 3R Madawau Madapangga, Akhirnya Disegel Warga

Gambar adalah sebuah ilustrasi

 

Oleh          | RED

Editor       | Elshabir

 

 

JEJAK.COM,- Sejumlah Pemuda Desa Madawau Kecamatan Madapangga melakukan aksi penyegelan terhadap sarana dan prasarana program TPS 3R Madawau Jaya Desa Madawau yang berlokasi di Jl Lintas Madawau Dompu, selasa [14/12], diduga kuat kegiatan pembangunan tempat sampah dan pengolahannya tersebut sangat tertutup diawal prosesnya begitupula dengan rangkaian rangkaian pelaksanaannya diduga kuat penuh dengan praktek mal administrasi hingga diserahterimakan pun banyak warga masyarakat setempat tidak tahu menahu karena serah terimanya diduga dilakukan secara senyap di Kantor DLH Panda Bima.

Kegiatan proyek tersebut ironisnya juga telah diserah terimakan dari DLH Kabupaten Bima ke pihak Pemerintah Desa Madawau secara diam diam di Kantor Dinas Lingkungan Hidup atau DLH , tanpa diketahui oleh KSM maupun warga masyarakat beserta tokoh tokoh yang ada selaku mitranya.

Inilah surat berita acara
Serah terima proyek 
Yang diduga diserahkan 
Secara senyap beberapa waktu lalu
Oleh Dinas Lingkungan Hidup Bima

 

Pantauan Media, aksi penyegelan dan pengepungan dengan sejumlah warga di Koordinatori oleh Suryadin dari Media Dinamika Global mendesak dan menuntut saudara Jaidun, S.Hut selaku Kadis DLH bertanggungjawab atas persoalan proyek yang diduga serba tertutup pada publik tersebut,

Aksi Korlap Menyegel Kantor Siluman
Selasa, [14/12] diduga TPS tersebut
Dikerjakan menyalahi spek dan bestek
Serta sangat tertutup bahkan tanpa
Papan informasi maupun langgar
Juklak juknis lainnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media, kegiatan pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana program TPS 3R Madawau Jaya Desa Madawau yang berlokasi di Jl Lintas Madawau Dompu tersebut diduga tidak transparan bahkan tokoh masyarakat pemuda bahkan aparat pemdes nya pun mengakui hal tersebut benar adanya,

” Intinya kegiatan pembangunan sarana dan prasarana program TPS 3R Madawau Jaya Desa Madawau yang berlokasi di Jl Lintas Madawau Dompu, sedari awal hingga kini sangat tertutup, kata salah satu aparat pemdes yang enggan disebutkan namanya.

Pemuda Asli Madawau, Syuryadin mewakili masyarakat setempat menyampaikan kuat dugaan proyek Siluman sampai detik ini tak ada penjelasan terkait keberadaan Proyek tersebut dan hasil investigasi kami dilapangan bahwa proyek tersebut melanggar prosedur sebab banyak hal yang menjadi bukti dan testimoni ungkapnya.

“Masyarakat Madawau masih menunggu kejelasan proyek tersebut dan hingga hari ini  belum ada kejelasannya artinya tak ada itikad baik pihak proyek memberikan kejelasan Proyek, terutama dari pihak fasilitator maupun Balai serta DLH,” beber Surya Ghempar sapaan akrab Suryadin Pemuda Madawau saat orasi didepan sarana proyek tersebut tadi pagi.

Lanjutnya, kami mendesak pihak proyek hadir dilokasi memberikan penjelasan asas manfaat dan tujuan hadirnya proyek pengelolaan sampah ini.

“Kami menduga kegiatan ini penuh konspirasi adanya, penuh rekayasa, kegiatan fiktif serta sangat tertutup hingga menjadi perbincangan masyarakat setempat,” paparnya.

Masih Syuryadin, dirinya bersama masyarakat Madawau bersatu meminta kepada Fasilitator Propinsi, Camat Madapangga, dll  agar hadir dilokasi proyek melihat kondisi proyek menjelaskan kepada warga dan memberikan penjelasan secara terbuka dihadapan masyarakat setempat bukan malah bungkam dan berdiam diri pura pura menyibukkan diri dan ngumpet, imbuhnya.

“Kami meminta Camat Madapangga memanggil fasilitator propinsi melakukan koordinasi dengan pihak Dinas DLH Kabupaten Bima dan hadirkan DLH terkait AMDAL serta resiko bagi warga bila sarpras terkait pengelolaan sampah ini berjalan untuk masyarakat setempat, harus diterangkan dan dijelaskan sejelas jelasnya jangan kayak habis manis sepah dibuang alias habis melaksanakan giat siluman dan meraup keuntungan terus lupa selanjutnya” terang Putra Madawau dengan lantangnya.

Disisi lain, Surya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bima, dalam hal ini Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, SE untuk segera hadir di Madawau berikan pemahaman dan penjelasan serta paparkan secara gamblang terkait dugaan proyek Siluman bangun diatas tanah Pemda Kabupaten Bima, apakah pembangunan proyek Siluman ini ada rekomendasi secara resmi dari Pemkab Bima atau tidak, tanyaknya.

“Kuat dugaan Pemerintah Kabupaten  Bima main mata dengan Pihak proyek Siluman, termasuk fasilitator dan propinsi” tuturnya.

Disimpulkannya, sejumlah pemuda Madawau menilai Pemkab Bima tutup mata atas aset daerah, yang dipakai bangun TPS 3R teraebut, menurutnya jikalau tanah Pemkab bisa diambil begitu saja, maka kami dan masyarakat Madawau akan mengambil bagian tanah Pemkab Bima juga sebagaimana yang lain ikut mengambilnya dalam kaitan kegiatan siluman tersebut,

“Dalam waktu dekat ini kami akan melaporkan Proyek dan Kegiatan yang diduga merugikan keuangan negara ini ke Mapolda NTB dan KejaksaanTinggi NTB, mengingat bukti bukti hukum atas ketimpangan proyek sudah kami kantongi” tegasnya,

Dalam aksi dan orasinya beberapa tuntutan sejumlah warga Madawau terhadap keberadaan sarana dan prasarana program TPS 3R Madawau Jaya Desa Madawau yang berlokasi di Jl Lintas Madawau Dompu,

Adapun beberapa tuntutannya sebagai berikut  :

1. Kami meminta Pihak proyek Siluman memberikan kejelasan penggunaan Anggaran proyek Siluman.

2. Kami meminta camat Madapangga hadir di lokasi proyek Siluman terkait kejelasan diduga proyek Siluman secara dan rekomendasi izin pelaksanaan proyek.

3. Kami meminta Dinas Lingkungan Hidup hadir di lokasi diduga proyek Siluman terkait izin dan AMDAL untuk warga Madawau.

4. Kami meminta kejelasan Bupati Bima terkait dugaan Bangun proyek diatas tanah Pemerintah daerah.

5. Apabila tuntutan ini tidak diindahkan maka kami bersama masyarakat Madawau akan meratakan proyek Siluman ini menjadi rata dengan tanah dan kami akan menguasai tanah Pemkab Bima yang dipakai kegiatan siluman yang menipu dan merugikan rakyat.

 

Hingga berita ini dinaikkan, aksi demonstrasi berakhir dengan penyegelan proyek siluman sarana dan prasarana program TPS 3R Madawau Jaya Desa Madawau yang berlokasi di Jl Lintas Madawau Dompu, dan pihak terkait belum bisa dikonfirmasi awak media ini.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top