Cuaca Buruk, Pelabuhan Kayangan Tano Sempat Tutup, Ini Penjelasan Managernya!!

Cuaca Buruk, Pelabuhan Kayangan Tano Sempat Tutup, Ini Penjelasan Managernya!!

 

JejakNTB.com | Cuaca buruk berupa angin kencang dengan kecepatan hingga 25 Knot dan gelombang tinggi yang terjadi di perairan Selat Alas. Akibatnya aktivitas di Pelabuhan Kayangan-Tano diberlakukan sistem buka tutup.

“Penutupan Penyeberangan Kayangan-Pototano ditutup tanggal 7 Juli 2023, pada pukul 13.00 Wita, karena cuaca yang kurang bersahabat. Kecepatan angin di Selat Alas menunjukkan 20 hingga 25 knot. Pada idealnya di kapal-kapal penyeberangan pada 20 hingga 25 knot,” kata Didi JP, BPTP pelabuhan Kayangan, saat ditemui JejakNTB di pos jaga.

Menurutnya, cuaca buruk biasanya terjadi dari bulan Agustus hingga Desember mendatang. Terbukti dalam minggu ini, sejak Rabu (05/7/2023) hingga hari ini Jumat(07/7/2023) penyeberangan di Selat Alas Tano dilakukan penutupan sementara.

“Waktu penutupan sementara kondisi cuaca :
Kecepatan angin 20 – 25 knot Alun 1,5 – 2 meter,” ucap Eka Rossi

Masih Eka, dirinya mengakui hal itu dan Dishub NTB pun sempat keluarkan edaran,

“Iya tadi ada penutupan sementara tapi tadi jam 15.30 sudah diberangkatkan kapal Suramadu dari kayangan dan kapal Wicitra dari Tano, bahkan ada edaran ” ucap Manager Labuhan Kayangan, Mbak Eka Rossi via Whatsapp Redaksi, Jumat (7/7).

“Hari ini kembali ditutup akibat cuaca buruk dari pukul 13.00 Wita dan di buka kembali pukul 15.30 Wita,” jelasnya.

Pantauan JejakNTB, akibat penutupan sementara penyeberangan pelabuhan Kayangan ini, menyebabkan terjadi antrean penumpang di pintu masuk dermaga pelabuhan Tano dan Kayangan. Terlihat beberapa penumpang tampak duduk duduk santai di atas kendaraan termasuk taman di sekitar dermaga, menunggu pelabuhan di buka kembali.

Beberapa penumpang bahkan mengaku, sudah menunggu hingga lebih dari satu jam di depan pintu masuk dermaga. “Mau nyebrang ke Kayangan. Sudah satu jam lebih menunggu,” kata Lalu Muhasan (40) salah satu penumpang asal Lombok Barat. (Nkm)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top