Bupati Jadi Irup dan Ketua DPRD Pembaca Teks Proklamasi Jadikan Upacara HUT RI Ke-77 “Berkhidmat” di Sumbawa

JejakNTB.com, SUMBAWA| Acara upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 di kabupaten Sumbawa berlangsung khidmat. Acara yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Sumbawa tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany SPD MPd. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pimpinan dan Anggota DPRD tingkat Kabupaten maupun Provinsi NTB, Bupati Sumbawa Sebelumnya, dan Anggota DPRD kabupaten Sumbawa yang menjabat sebelum 2019.

Tampak pula Kapolres Sumbawa Dandim 1607 Sumbawa, Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa, Kepala Pengadilan Negeri Sumbawa , Kepala Kantor Kementerian agama Kabupaten maupun dan para Pimpinan OPD bersama Tamu undangan lainnya.

Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq membaca Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan Kepala kemenag Drs.H.Samsun Ilyas M.Si.

“Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05.
Atas nama bangsa Indonesia. Soekarno/Hatta.
Ucap Rafiq dengan Lantang.

Awak media mengamati selama Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia, seluruh hadirin peserta upacara mengikuti dengan khusuk dan seksama, aura kepemimpinan Proklamator Kemerdekaan Republik seolah hadir kembali di seluruh peserta upacara.

Demikian pula dalam Doa yang dipanjatkan oleh kepala kemenag Kabupaten Sumbawa semakin membuat suasana begitu syahdu dan khusuk.

Ada beberapa poin doa yang tercatat oleh awal media diantara pesan dan harapan terkait dengan kesyukuran atas kemerdekaan RI dan upaya menjaga kemerdekaan tersebut oleh anak bangsa.

 

” Allahumma ya Allah ya robbana Kami adalah bangsa Indonesia bangsa yang besar yang engkau jadikan penuh keberagaman, bangsa yang hidup dari tanah yang menumbuhkan persaudaraan” Panat H Syamsun Ilyas

Kemudian lanjutnya, hari ini ya Allah ya Rabbana, kami berhimpun di sini mensyukuri 77 tahun kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia sebagai upaya kami lebih meneguhkan diri meracik kemajemukan dalam janin persaudaraan sesama anaknya, mencegah permusuhan pertikaian dan perpecahan yang harus dihindari,

ya Allah yang Maha menguatkan kuatkanlah ikatan di antara kami agar saling menyemai kedamaian, saling menjaga kerukunan saling menyokong kemajuan di antara kami agar saling merawat persaudaraan sekaligus saling mengingatkan kebaikan dan kesabaran.

Allahumma ya Allah engkaulah cahaya di atas segala cahaya, Nurun alannur, agar selalu berkemampuan menyikapi kemajemukan dengan kearifan jadikanlah keberagaman sebagai modal kami merawat Indonesia dengan menjaga dan memelihara persatuan.

Ya Allah ya Tuhan yang Maha memberkati, selama ini engkau telah memberkati kami kemerdekaan yang amat berarti, bimbinglah kami agar ikhlas merawat kemerdekaan dengan sepenuh hati, mampu untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kekuatan iman dan kemudian akhlak yang terpuji dengan kerja bersama untuk mewujudkan kesejahteraan yang merata di seluruh negeri oleh Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, agar lebih cepat, lebih kuat menuju Sumbawa Gemilang yang berkeadaban.

Allahumma ya Allah, Tuhan terhebat penuh cinta dan kasih sayang, satukan pikiran dan perasaan serta hati seluruh anak negeri ini dengan ikatan cinta dan kasih sayang, cinta para pemimpin kepada segenap rakyatnya, cinta rakyat kepada pemimpinnya, cinta sesama saudara, sebangsa dan sesama umat manusia

ya Allah yang Rabbana, kabulkanlah doa kami terimalah amal bakti kami kepada bangsa dan negara sebagai ibadah ya Allah dan ampunilah segala kesalahan dan dosa kami, kesalahan dan dosa orang tua kami serta kesalahan dan dosa para pemimpin kami Dan terimalah perjuangan para pendahuluan sebagai pahlawan Kusuma bangsa. Panjat H Syamsun Ilyas

Selama Acara, Seluruh peserta upacara mengikuti dengan tertib dan khidmat. Pasukan Pengibar bendera Merah putih oleh Paskibraka Kabupaten Sumbawa juga telah melaksanakan tugas dengan sangat baik dan lagu perjuangan kemerdekaan oleh Group SMAN 1 Sumbawa Besar sangat bagus.

Dan diakhir upacara ada acara tambahan yakni penyerahan secara simbolik 9 Mobil Ambulan kepada 9 Puskesmas yang ada Di kabupaten Sumbawa oleh Bupati Sumbawa, didampingi oleh Wakil Bupati Sumbawa, Ketua DPRD, Kapolrws Sumbawa, Dandim 1607, Keoala kejaksaan negeri Sumbawa, Sekretaris Daerah dan pimpinan OPD. (Ruf)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top