Adizul Syahabuddin : Sabtu Budaya perlu disupport dengan beragam kreasi dan inovasi Sekolah.

Oleh            | RED jjntb

Editor         | Nukman

 

JEJAK.COM,- Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kabupaten Sumbawa, Adizul Syahabuddin, SP. M.Si., mengapresiasi launching program “Sabtu Budaya Pelajar” yang diadakan di SMPN 1 Moyo Hilir, Sabtu (04/12/2021) oleh Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviani SPd.M.Pd.

Wakil Bupati bersama Anggota DPRD dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan rombongan disambut meriah dengan berbagai persembahan kesenian daerah oleh para siswa dan guru, yang dipusatkan di SMP Negeri 1 Moyo Utara.

Wakil Bupati sangat mengapresiasi kegiatan Sabtu Budaya Pelajar ini, dan berharap semua kecamatan melaksanakan hal yang sama, dengan berbagai budaya lokalnya sendiri, sebagai bagian dari pendidikan karakter anak.

Menurutnya, selain memberikan pendidikan pelajaran, guru juga harus mampu menjadi teladan bagi anak didiknya. “Semua tindak tanduk dan perilaku guru, pastilah akan ditiru muridnya,” tambah Wakil Bupati.

Pemerintah Daerah beberapa waktu yang lalu, ungkapnya, telah melaunching Peraturan Bupati Nomor 33 Tahun 2021 tentang Pendidikan Karakter.

“Perbup ini telah mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat, karena berbasis nilai-nilai luhur budaya tau Samawa, yakni Takit Ko Nene Kangila Boat Lenge, takut kepada Allah dan malu berbuat buruk,” Tutup ibu Dewi Noviany.

Kepada media ini AZ ( baca Azet) sapaan akrab Politisi PKS dua periode ini kepada JejakNTB, Program “Sabtu Budaya” yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan pada SMP/MTs dan SMA/SMK merupakan upaya untuk mengenalkan dan meningkatkan kecintaan anak didik terhadap budaya leluhurnya serta mengembangkan pendidikan seni dan budaya baik lokal tradisional maupun kreatif dilingkungan pendidikan dan masyarakat.

“Saya pribadi memberikan apresiasi ke Dinas Pendidikan (Disdik) yang telah melauching program ‘Sabtu Budaya Pelajar’ di SMPN 1 Moyo Hilir ini. Kami lihat performanya cukup menarik. Ada stand yang diisi dengan beragam produk lokal dan karya budaya masing masing sekolah atau ranting PGRI di Kecamatan Moyo Utara. Secara kelembagaan, Kami mendorong agar program ini bisa terus ditingkatkan dengan berbagai inovasi dan kreativitas masing-masing sekolah,” kata Anggota Badan Anggaran DPRD Sumbawa ini.

Dengan adanya program “Sabtu Budaya” ini lanjut AZ, tentu akan dapat tetap mempertahankan budaya lokal sehingga anak-anak bisa berkepribadian dalam kebudayaan dan tidak melupakan akar budaya daerah sendiri dengan banyaknya hantaman budaya-budaya luar.

“Dengan adanya kebijakan untuk menggunakan pakaian maupun bahasa daerah anak-anak bisa tetap berkepribadian dalam budaya. Semoga ke depan kuliner-kuliner lokal juga terus dikembangkan,” katanya.

Namun terkait dengan hal tersebut, semoga program “Sabtu Budaya Pelajar” ini bisa dilaksanakan sekali seminggu, tidak sebulan sekali seperti yang diterapkan saat ini.

“Pelaksanaan ‘Sabtu Budaya’ yang diputuskan sekali sebulan tentu sudah melalui kajian dan diskusi dengan para pakar. Namun kalau lebih sering, akan lebih baik juga,” ungkapnya.

Untuk konsistensi program “Sabtu Budaya” ini, tambahnya, perlu dukungan semua pihak tidak hanya dari kalangan Dinas Pendidikan dan sekolah saja, tetapi juga peran orang tua.

Artinya, dalam hal ini orang tua jangan sampai merasa diberatkan dengan program ini. Pasalnya, program “Sabtu Budaya Pelajar” bisa tidak mengharuskan siswa menggunakan pakai adat Sumbawa yang baru.

“Intinya jangan sampai memberatkan orang tua sebab kita tau biaya untuk membeli pakaian adat lumayan besar, jadi mungkin bisa ada kolaborasi dan inovasi, misalnya dengan menggunakan sarung yang rata-rata dirumah semua punya,” pungkasnya

Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Dr. M. Ikhsan Safitri, M.Si, Kepala Bidang ketenagaan Dikbud Sudarli.SPt.M.Pd, Ketua PGRI Kabupaten Sumbawa Drs H Ahmad Yani MT, Kepala Sekolah SMP I Moyo Utara H Jabir S.Pd.dan para Kepala Sekolah SMP sekitarnya.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top