Abdul Rafiq : Vaksin Booster diperlukan untuk memperkuat proteksi dari dua kali vaksin diawal

JejakNTB.com | Jumat Pagi (25/2) Pemerintah Daerah melaksanakan vaksin booster atau vaksin ketiga dalam rangka menambah proteksi terhadap serangan virus civid 19 di halaman Kantor Bupati Sumbawa. Kegiatan ini dilakukan selepas mengikuti senam bersama Wakil Bupati Sumbawa, Sekda Kab. Sumbawa beserta Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

 

Kegiatan ini disambut dengan penuh antusias oleh para pegawai daerah baik PNS maupun Honorer yang ada. Vaksin booster diperuntukan bagi peserta senam juga para ASN yang sudah memenuhi persyaratan untuk melakukan Vaksin ke -3 atau Booster (berjarak 6 bulan dari Vaksin ke -2). Termasuk Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq yang didampingi istri ikut dalam vaksinasi booster tersebut.

Turut hadir pada kegiatan itu, Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany SPd M.Pd., Wakapolres Sumbawa, Beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kasdim Kodim 1607/Sumbawa dan para Kabag yang ada di lingkup Sekretariat Daerah Sumbawa.

Kepada Media ini Abdul rafik menyampaikan bahwa Pandemi Covid-19 belum berakhir, bahkan muncul varian baru yang karakteristik infeksinya belum diketahui pasti. Apa yang bisa dilakukan? Anda perlu mendapatkan vaksin dosis ketiga atau vaksin booster sebagaimana yang kami lakukan hari ini. Kata Rafiq.

Kemudian lanjutnya, dosis booster merupakan dosis vaksin yang membantu meningkatkan proteksi dari dua dosis vaksin Covid-19 di awal. Vaksin booster akan memberikan proteksi lebih lama melawan virus corona.

Diketahui bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah memberikan izin penggunaan darurat terhadap lima merek vaksin yang digunakan sebagai vaksin booster. Lima merek vaksin ini yakni, CoronaVac/Sinovac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zivifax.

 

Meski sudah memenuhi dua dosis vaksin Covid-19 sebelumnya, tetap memerlukan vaksin booster.

“Berdasarkan penjelasan ahli Pulmonologi, Booster diperlukan karena antibodi terhadap Covid-19 akan berkurang seiring berjalannya waktu. Biasanya 6 bulan sudah sedikit antibodinya sehingga diperlukan booster,” jelas Rafiq.

Kami tetap menyerukan kepada kota semua untuk Selalu disiplin jalankan protokol kesehatan dengan 6M+ yakni 1) menghindari kerumunan. 2) menggunakan masker menutup hidung & mulut. 3) mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. 4) Menjaga Jarak. 5) membatasi Mobilitas. 6) Mendapatkan Vaksinasi Covid-19 + menjaga Imunitas tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayuran hijau setiap hari. Pungkas Rafiq.

Hal menarik seusai dilakukan suntik vaksin ke -3 (Booster) ini adalah pemberian bingkisan oleh Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd.,M.Pd berupa minyak goreng ukuran 1 liter bagi yang sudah menerima vaksin. Wakil Bupati Sumbawa juga berharap kepada ASN untuk segera melakukan Vaksin Booster dengan tujuan untuk menjaga immunity tubuh lebih kuat terhadap virus Covid-19 dan jangan lupa tetap selalu berolah raga. (Ruf)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top