180   Jamaah  Calon Haji Sumbawa Dilepas Bupati Sumbawa. Ini Harapan Kemenag, Ketua DPRD dan MUI Sumbawa 

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa bersama Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Sekda, Asisten

 

 

jejakntb, Sumbawa | Rabu Malam (22/6/2022), Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah resmi melepas keberangkatan 180 Jama’ah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Sumbawa untuk menunaikan Ibadah Haji ke Tanah Suci Makkah Al Mukarromah. Termasuk dalam rombongan JCH, Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd yang berkesempatan menunaikan ibadah haji di tahun 1443 H / 2022 M ini.

Bupati Sumbawa,  dalam sambutannya berpesan kepada JCH untuk selalu menjaga sikap dan tutur kata selama melaksanakan ibadah haji. Bupati juga meminta para JCH untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan, mengingat virus covid-19 belum sepenuhnya hilang dari muka bumi. Bupati berharap para JCH senantiasa sehat agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar, serta kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur dan menitipkan doa untuk Tau dan Tana Samawa.
“Kami menitipkan pesan kepada seluruh  Jamaah Calon Haji Sumbawa agar berdoa ditempat yang makbul terutama di depan Ka’bah Untuk keselamatan Sumbawa, kebaikan Sumbawa  dan kelancaran program Pemerintah Daerah” Pungkasnya.

Foto Kepala Kantor Kementerian Agama Sumbawa, Drs. H. Syamsun Ilyas, M.Si

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Sumbawa, Drs. H. Syamsun Ilyas, M.Si dalam laporannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas bantuan dan dukungan dalam penyelenggaraan ibadah haji di Kabupaten Sumbawa.

“Terima Kasih kepada Bupati Sumbawa, Wakil Bupati Sumbawa, Ketua DPRD,  Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dinas Kesehatan Dinas Perhubungan, Kepala bagian Kesra atas segala bantuan penyelenggaraan Haji di Kabupaten Sumbawa ” Urainya

Kemudian lanjutnya, pelaksanaan ibadah haji tahun ini merupakan yang dinanti-nanti oleh umat Islam sedunia, karena setelah 2 tahun menunggu pemberangkatan, ibadah haji kembali dibuka meski dengan pembatasan kuota hanya 1 juta jama’ah sedunia serta pembatasan usia paling tinggi 65 tahun.

” Alhamdulillah waktu yang dinanti-nantikan oleh jamaah haji di dunia setelah 2 tahun menunggu pemberangkatan walau dengan pembatasan karena ketetapan Arab Saudi yang membatasi kuota jamaah dan pembatasan usia 65 Tahun” Jelasnya

Foto Jama’ah Calon Haji Asal Kabupaten Sumbawa Tahun 1443 H/  2022 M

Untuk gelombang kedua dengan pondok Mahbas JIN, jamaah akan kembali ke NTB pada tanggal 5 agustus 2022. Untuk data jamaah haji kabupaten Sumbawa tahun 1443 H/  2022 M jamaah murni semula 177 orang menjadi 176 orang berkurang satu orang karena kesehatan dengan petugas Haji daerah sebanyak 4  orang.  sementara itu jamaah haji kabupaten Sumbawa tergabung ke dalam kelompok terbang ( Kloter) 04 Embarkasi Lombok ( LOP) bersama Kota Bima dan Kabupaten Bima dan akan diberangkatkan menuju Jeddah pada hari Jumat tanggal 24 Juni 2022 pukul 11.05 WITA”, Urainya

” Mudah-mudahan jamaah  haji tetap diberikan kesehatan  dan dapat menjalankan ibadah dengan lancar serta memperoleh Haji mabrur” Pungkasnya.

Ditempat yang sama awak media menjumpai Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq dan mengharapkan seluruh calon  jamaah haji dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar.

“Semoga  seluruh Jamaah Calon Haji tetap sehat sehingga dapat melaksakan  rukun-rukun haji dengan maksimal  dan sempurna serta meraih haji mabrur,   juga mendoakan Sumbawa dengan tulus dan ikhlas agar dapat damai rukun aman dan tentram” Ucapnya.

Ketua Umum MUI Kabupaten Sumbawa yang hadir juga memberikan beberapa harapan dan doa

 

“Tentu kita berharap seluruh calon  jamaah haji asal Sumbawa agar  sehat walafiat, sehat dan kuat dalam perjalanan, sempurna dalam menunaikan kewajiban rukun dan syarat haji, sehingga semua  dapat meraih haji mabrur. Tujuan intinya itu, setelah itu berharap dapat kembali ke Tanah Air  hingga Sumbawa bertemu dengan keluarga, Kita berikan doa terbaik untuk mereka semua” Tutup Dea Guru Syukri.    ( AM/Ruf)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top