Ridwan Syah Sebut MXGP, Butuh Pemikiran Tidak Biasa

JejakNTB, MATARAM |Komandan Lapangan Motor Cross Grand Prix (MXGP) of Indonesia 2022, Ir. Ridwan Syah, mengatakan tidak mudah ketika NTB ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan event bergengsi tersebut.

“Butuh pemikiran yang tidak biasa untuk menghadirkan event ini di NTB,” ungkap Dae Iwan, sapaan akrabnya, saat acara Diskusi Publik yang diselenggarakan Pemimpin Redaksi DetikNTB.com di Restoran The Sultan Food, Kota Mataram, Sabtu (02/07/2022).

Menurutnya, pemikiran Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, sangat berbeda. Sebagai bukti, kesuksesan penyelenggaraan MXGP di Samota, Sumbawa. Sebelumnya, kata Dae Iwan, muncul ide Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, bersama dirinya, terkait bagaimana agar tidak hanya Pulau Lombok yang mendapatkan jatah penghelatan event dunia.

Karenanya, kedatangan pihak Infront melakukan survei untuk lokasi MXGP di NTB, dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pemerintah provinsi setempat. “Jika Pulau Lombok ada event dunia MottoGP, Pulau Sumbawa dapat apa?,” Imbuhnya.

“Kenapa tidak di Dompu atau Bima dan Sumbawa Barat? Karena untuk menyelenggarakan MXGP dibutuhkan minimal 500 kamar hotel dengan kelas bintang tiga,” sambungnya.

Dijelaskan Dae Iwan, niat menhadirkan event MXGP Samota, dilatarbelakangi Pemerataan Ekonomi, terlebih lagi pasca pandemi Covid 19, sekaligus memancing investasi. Semangat yang dimiliki pemerintah daerah, mendapat sanjungan dari Infront yang menyebut bahwa sirkuit MXGP Samota, adalah sirkuit terbaik di dunia.

Tidak hanya itu, pihak Infront juga mengapresiasi sinergitas antara swasta, pemerintah dan masyarakat di NTB. Sebaliknya, ditegaskan dia bahwa pemerintah daerah, tidak terlibat di dalam teknis pelaksanaan event tersebut.

“Saya tegaskan, kami bertugas di luar sirkuit dan satu sen pun tidak ada APBD masuk ke kepentingan MXGP. Ini murni bisnis to bisnis (B to B,red). Kewajiban kami selaku pemerintah bagaimana menfasilitasi sekaligus mempromosikan samota,” tegasnya.

“APBD itu untuk mempersiapkan kebutuhan infrastruktur dan juga yang lainnya. Jadi anggaran pemerintah itu untuk dialokasikan sesuai dengan tupoksinya pemerintah dan suksesnya MXGP sukses kita semua di NTB,” tandasnya (RED)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top