Dukung Desa Suela sebagai Desa Preneur, KKN Tematik Unram Olah Jagung Menjadi Susu Bubuk

JejakNTB.com | KKN Tematik Unram Melakukan Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Jagung Lokal menjadi Produk Susu Bubuk Jagung Instan untuk Mendukung Program Desa Preneur di Desa Suela Kecamatan Suwela Kabupaten Lombok Timur

Desa Suela merupakan salah satu Desa yang ada di Kecamatan Suwela Kabupaten Lombok Timur Provinsi NTB. Desa Suela ini cukup terkenal karena terletak di Kawasan lereng gunung Rinjani.

Desa ini bersifat agraris, dengan mata pencaharian sebagian besar penduduknya adalah bercocok tanam, terutama dalam sektor pertanian tanaman pangan dengan hasil utama padi, jagung dan palawija lainnya. Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang memiliki karbohidrat yang cukup tinggi.

Kondisi saat ini, masyarakat Desa Suela masih belum bisa mengolah hasil tanaman pangan yang mereka miliki menjadi sebuah produk yang tersentuh oleh inovasi dan teknologi. Hal ini dikarenakan masyarakat Desa Suela masih terikat dengan pengetahuan yang didapatkan secara turun-temurun.
Bersama dengan masyarakat Desa Suela KKN Tematik Universitas Mataram membuat sebuah kelompok kerja yang terdiri dari dua delegasi pemuda/i setiap dusun yang ada di Desa Suela. Pada tanggal 4 Januari 2023 KKN Tematik Desa Suela Periode 2022/2023 bersama dengan kelompok kerja Desa Suela melakukan sosialisasi dan pelatihan pengolahan jagung lokal menjadi produk susu bubuk jagung instan untuk mendukung program Desa Preneur Di Desa Suela Kecamatan Suwela Kabupaten Lombok Timur.

Situasi Jalannya Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan. Hal yang dibahas dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut ialah meliputi pengenalan potensi jagung yang ada di Desa Suela, pengenalan produk susu jagung instan, cara pengolahan jagung lokal menjadi susu jagung instan, cara pengemasan produk, analisis harga produk, cara penyajian susu jagung instan dan menjelaskan manfaat dari susu jagung instan. Melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan kedepannya masyarakat Desa Suela mampu memanfaatkan potensi tanaman pangan terutama jagung menjadi produk yang memiliki daya saing yang tinggi di dunia pasar. (Shl)

Facebook
Twitter
Email
WhatsApp

Berita Terbaru

Scroll to Top