Kereenn, SDN di Sumbawa Temukan Konsep Praktis Kurangi Residu dan Sekolah jadi Hijau

Abdul Azis , S.Pd.SD., Kepala Sekolah 
SD Negeri Selang - Sumbawa Besar

 

SUMBAWA, jejakntb.com|Dunia Pendidikan Dasar di Kabupaten Sumbawa selangkah lebih maju progressifitasnya dibandingkan Kabupaten tetangga seperti Bima dan Dompu. Berdasarkan data kementerian melalui Dirjen GTK dan Dikdas bahwa raport pendidikan untuk pendidikan dasar Kabupaten Sumbawa greidnya menjadi naik saat ini.

Salah satu maupun dua bahkan lebih dari satu adalah testimoni nya adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Selang terus bergerak maju dan berbenah sebagai rangkaian persiapan kedepannya sebagai Sekolah Adiwiyata yang akan terus menjaga perilaku hidup bersih dan sehat yang melibatkan peran serta peserta didik , tenaga pendidik ,dan masyarakat serta menjadikan SDN Negeri Selang sebagai sekolah hijau.

Berbagai indikator menuju sekolah Adiwiyata sudah dan terus dilakukan seperti praktek pengelolaan sampah plastik membuat ecobrik dalam inovasi SaPa Bu Eco , Membangun kerjasama dengan komite dan orang tua siswa membuat kebun mini kelas yang ditanami tanaman atau tumbuhan selanjut lingkungan sekolah terus dijaga kebersihannya melalui inovasi GORO ” Ingo Roro kokat” serta di bidang kompetensi lainnya seperti kegiatan inovasi KaJiTa ( Kamis Mengaji Serentak ) berserta inovasi RaBasa ( Rabu Membaca Serentak ) to the Selang.

Kepala SDN Selang, Abdul Azis, S.Pd.SD saat ditemui JejakNTB Rabu, (23/10) mengiyakan bahwa saat ini Unit kerjanya tengah berbenah menghadapi itu semua, ” Benar sekali mas, kita sedang berbenah diri menghadapi gawe tersebut,” ucapnya mengawali wawancara.

 

Lebih jauh pria yang karib disapa Azis ini menambahkan bahwa selain itu SD Negeri Selang melakukan inovasi bidang perkebunan melalui penyemaian bibit cabai rawit dan terong serta bibit asam lokal

” Kita juga sedang berupaya menyiapkan sejumlah poly bag guna persiapan penyemaian bibit cabai rawit, terong serta bibit asam lokal sebagai usaha untuk memaksimalkan lingkungan kita selain itu hal tersebut merupakan sumberdaya yang mudah tumbuh kembang dengan topografi dan tekstur kondisi alam tanah kita,”ujarnya.

” indikator sekolah Adiwiyata terus kami kembangkan dan lengkapi agar SD Negeri Selang yang meskipun berada di pinggiran kota Sumbawa dapat dicapai,”tambahnya

Pantauan media JejakNTB di lokasi sekolah, Penataan lingkungan sekolah sangat gencar dilakukan bapak ibu guru beserta muridnya, Azis mengatakan bahwa hal itu merupakan program rutin yang kerap lakukan setiap hari selama 20 menit oleh bapak ibu guru dan siswa sebagai wujud kepedulian dan kerja sama yang terus kita bangun untuk pencapaian sekolah Adiwiyata kedepannya.

” Sudah menjadi praktik baik dan pembiasaan warga sekolah kami mas setiap saat dan waktu tanpa pencitraan semu, ini nyata dan fakta mas,” tandasnya.

Dia menuturkan,  dengan gebrakannya itu sukses menekan residu dilingkungan sekolah yang diawakinya,”Saat ini melalui inovasi SaPa Bu Eco sudah mampu mengumpulkan dan mengurangi sampah plastik di angka 150 kilogramnya, Insya Allah kedepannya SDN Negeri Selang akan menjadi Sekolah inovator sampah plastik,” Pungkasnya.

Salah seorang guru yang enggan dipublikasikan namanya menyebutkan sosok Kepseknya merupakan sosok dan figur terbaik yang dimiliki Dikbud Sumbawa,” Saya bersaksi beliau orang baik dan sangat visioner beda dengan kepala kepala yang lain,”tukasnya.

Senada dengan guru, Ketua Komite Sekolah SDN Selang pada media sangat bangga punya figur Kepsek teladan dan hebat semacam ini,”Kami sangat bangga punya bapak ini pak wartawan karena beliau pekerja keras dan ulet serta mau mengayomi kami sepenuh hati kami berharap beliau selama lamanya disini membangun dunia pendidikan,” pintanya

Menanggapi kreatifitas mitranya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, melalui bapak Sudarli, S.Pt.,M.Si. sangat mengapresiasi.

” Benar sekali saudaraku keren sekali SDN Selang meskipun berada di pinggiran Kota Sumbawa namun tidak kalah bersaing dalam mewujudkan sekolah sehat yang rimbun, hijau dan asri. Inilah cita-cita besar kami di Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa agar lahir sekolah yang kreatif dan inovatif sehingga dapat mensupport proses KBM yang efektif sehingga menghasilkan outcomes sesuai yang diharapkan,” pungkasnya.(*)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top