Pj Bupati Lombok Timur Gelar TMMD ke-121 Tahun 2024: Sinergi Membangun Desa Maju dan Sejahtera

Lombok Timur, JejakNTB|Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121 dengan tema “Darma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur, Drs. Juani Taufik, M.Ap, di Lapangan Gelora Sikur, Kecamatan Sikur, pada Rabu, 24 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Lombok Timur menyampaikan terima kasih kepada TNI AD, khususnya Danrem 162/WB, atas dedikasi tinggi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. “Apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan TMMD ke-121 TA.2024, termasuk TNI-POLRI, Pemerintah Daerah, dan seluruh lapisan masyarakat,” ujar Pj Bupati Juani.

TMMD ke-121 ini, lanjut Juani, merupakan bukti nyata dukungan TNI-AD terhadap pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program ini mencerminkan komitmen TNI dan Pemerintah Daerah dalam semangat gotong royong, dengan TNI-AD selalu menjadi kebanggaan bangsa Indonesia, tidak hanya sebagai penjaga kedaulatan negara, tetapi juga sebagai penggerak pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Dandim 1615/Lotim, Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, dalam laporannya menyebutkan bahwa TMMD ke-121 TA.2024 akan berlangsung selama 30 hari, mulai 24 Juli hingga 22 Agustus 2024. Kegiatan fisik di Desa Kesik meliputi pembangunan saluran irigasi sepanjang 1.050 meter, renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 2 unit, pembangunan MCK 2 unit, renovasi mushalla 1 unit, rehabilitasi TPQ 1 unit, pembangunan irigasi 100 meter, dan pembuatan 1 sumur bor. Sedangkan di Desa Loyok, kegiatan fisik meliputi pembangunan saluran irigasi sepanjang 612,5 meter, renovasi RTLH 1 unit, rehabilitasi TPQ 1 unit, pembangunan jalan tani sepanjang 600 meter, serta pembuatan 2 unit sumur bor.

Untuk kegiatan non-fisik, TMMD ke-121 mencakup berbagai penyuluhan, seperti wawasan kebangsaan, kamtibmas, hukum, pertanian, perkebunan, pelayanan KB, stunting, kesehatan lingkungan, penanggulangan bencana alam, kelestarian hutan, dan penyuluhan tentang narkoba.

Danrem 162/WB, Brigjen TNI Agus Bhakti, dalam keterangannya kepada wartawan, menyatakan bahwa TMMD ke-121 ini dilaksanakan dengan semangat gotong royong antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat, untuk menjaga kearifan lokal dan melestarikan budaya gotong royong. “Semoga TMMD ke-121 ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan kemitraan serta kerjasama antara TNI, Pemerintah Daerah, dan masyarakat dapat terus berlanjut,” ujarnya.

Setelah upacara pembukaan, Danrem 162/WB membagikan sembako dan meninjau lokasi kegiatan TMMD ke-121 di Desa Kesik, Kecamatan Masbagik, dan Desa Loyok, Kecamatan Sikur, di mana ia disambut dengan antusias oleh masyarakat setempat.

Hadir dalam acara ini, selain Danrem 162/WB dan Pj Bupati Lombok Timur, juga ada Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 162 Ny. Lisna Agus Bhakti, Dandenpom lX/2 Mataram Letkol Cpm Ahmad Suraidy, S.H., M.H., Dandim 1606/Mataram, Dandim 1620/Lombok Tengah, perwakilan dari TNI AU, TNI AL, pejabat Polres Lombok Timur, serta tokoh agama dan masyarakat.

Acara pembukaan ini ditandai dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan program TMMD Reguler Ke-121 TA 2024 dari Bupati Lombok Timur kepada Dandim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, serta pemukulan gong. Di akhir upacara, diadakan pemberian santunan kepada anak yatim piatu dan anggota Badan Keamanan Desa (BKD) atas dedikasinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

(win)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top