Pemkab Lombok Timur dan Pemkab Jember Sinergi Kolaborasi Tingkatkan Potensi Pertanian

Jawa Timur, JejakNTB| Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jember dalam memasarkan dan mengolah hasil pertanian. Kerja sama ini tertuang dalam MoU kedua daerah yang ditandatangani oleh Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik dan Wakil Bupati Jember KH. M.B. Firjaun Barlaman di Pendopo Bupati Jember pada Kamis, (18/07/2024).

Kerja sama antara Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Jember difasilitasi oleh Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Barat.

Menurut Pj. Bupati Lombok Timur, kerja sama antara petani dan pengusaha Lombok Timur dan Jember telah terjalin lama karena kedua daerah memiliki kesamaan dalam komoditas pertanian, seperti sama-sama menjadi daerah penghasil tembakau. Namun, dengan fasilitasi Bank Indonesia, kerja sama ini didorong untuk pemasaran dan pengolahan komoditas lain, seperti klaster cabai.

“Lombok Timur merupakan sentra penghasil cabai dengan kualitas yang sangat baik. Kami berharap cabai dari Lombok Timur dapat memiliki pasar yang menguntungkan bagi petani, terutama saat produksi melimpah. Kerja sama dengan Kabupaten Jember, yang pengusaha cabainya sudah bekerja sama dengan Indofood, menjadi langkah strategis untuk menstabilkan harga dan produksi cabai,” ungkapnya.

Dalam kegiatan di Kabupaten Jember tersebut, Pj. Bupati Lombok Timur juga didampingi oleh salah satu pengusaha cabai Lombok Timur, H. Subhan. Mereka telah menandatangani MoU kerja sama dengan pengusaha di Jember dan berinteraksi langsung dengan pengusaha cabai Jember yang akan menjadi mitra kerja sama.

Bank Indonesia telah memfasilitasi kerjasama antara dua daerah, diharapkan kerjasama ini tidak hanya menguntungkan para petani dan pengusaha cabai, tetapi juga dapat meningkatkan upaya pengendalian inflasi secara menyeluruh yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Jember, khususnya kepada Wakil Bupati yang telah menyambut kami dengan baik. Kami berharap kerjasama ini pada akhirnya dapat memperkuat upaya kita dalam mengendalikan inflasi. Terima kasih juga kepada Bank Indonesia yang telah memfasilitasi kerjasama antar daerah dan pengusaha kita,” ujar Pj. Bupati Lombok Timur, HM. Juaini Taofik.(win)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top