SDN Brang Biji Terdepan Menyusun Kurikulum, Sekdis:”Apresiasi kepada Sekolah terutama Pengawas dan Gurunya”

SUMBAWA BESAR, JEJAKNTB| Dalam rangka membumikan kurikulum merdeka belajar (Kumer) Pengawas Gugus Dua Sumbawa yang dipimpin Maliagung, S.Pd.,  benar – benar profesional menjalankan tupoksinya sebagai pengawas guna mensupervisi kinerja sekolah dan guru. Hal tersebut terungkap saat melakukan kunjungan ke Sekolah sekolah binaannya di seputaran gugusnya wilayah Korwil Pendidikan Sumbawa, Selasa (16/7).

Maksud dan tujuan kedatangan pengawas ke sekolah binaan untuk menguatkan kapasitasnya utamanya tentang pendampingan membuat kurikulum sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa melalui Sudarli pernah mengatakan bahwa Sumbawa saat ini seratus persen menganut dan menerapkan kurikulum merdeka belajar di semua wilayah dan tingkatan satuan kerja.

” Kita sudah mulai menerapkan kurikulum merdeka belajar atau Kumer sebagai konsekuensi logis mengamankan kebijakan pemerintah,” ucapnya Minggu lalu saat ditemui JejakNTB

Selasa kemarin tim pengawas Gugus dua yang dipimpin Maliagung mengawali visitingnya di SDN Brang Biji Sumbawa dengan menggelar Bimbingan Teknis menggunakan LCD Projector yang didampingi Kepsek Muhdar.

Salah satu guru senior yang enggan dikorankan namanya pada Satuan Unit Kerja SDN Brang Biji menyebut kegiatan yang dipimpin pak Agung ini sangat baik.

” Ini konstruktif sekali buat kita dan sekolah, saya jujur belum mengerti namun ketika beliau beliau datang saya jadinya mengerti,” ucap Guru Senior SDN Brang Biji pada media

Guru senior nya melihat jarang kegiatan dinas seperti ini bisa sejauh ini dilakukan dan utamanya di gugus dua sudah tepat sangat profesional

” Pengawas Pembina nya sangat menyadari tupoksinya Wallahu allam ditempat lain gimana,” tambahnya

Saat yang sama penilaian dari guru yunior pun tak ketinggalan memberikan pujian kepada pengawas atas dedikasinya mencerdaskan.

” Tugas pengawas ikut mendampingi membuat atau mengedit kurikulum, surat tugas. Nggak tau pengawas gugus lainnya. Kalau pengawas gugus kita ikut mendampingi jika ada sekolah yang mengalami kesulitan membuat,” ucap Intan salah satu ASN pada sekolah tersebut yang turut menjadi saksi kemarin.

Ditanya siapa yang menginisiasi kegiatan, Intan menjawab bahwa kegiatan tersebut murni pengawas pembina gugus dua.

” Bukan KKG atau Bukan MGMP tetapi kunjungan pengawas ke sekolah atau perjalanan dinas pengawas dan ini sangat bagus karena kita tidak dituntut secara otoriter melainkan dengan pendampingan,” ungkapnya

Perjalanan dinas pengawas tersebut Dimata rekan guru dan kepala sekolah sangat berkesan,

“Kita dibimbing bang, didampingi saat kesulitan, kita diarahkan juga , dijelaskan secara detail jadi asyik bang. Pokoknya dijelaskan semua mulai isi bab pertama hingga terakhir oleh pengawas serta ada contoh kurikulum juga yang diberikan kepada sekolah dan guru-guru sehingga kami mudah memahami,” aku Intan yang baru lulus ASN pada media Selasa.

Intan mengungkapkan bahwa ini tugas memang dari pengawas gugus dua yang rutin dilakukan sesuai surat tugas yang diamanahkan pemerintah kepadanya.

” Begini tipe pengawasnya profesional bang, berdasarkan surat tugas dinas beliau berjalan jadi tidak kunjungan otoriter harus mencari cari kesalahan gurunya tidak, pengawas gugus dua baik tidak harus mencari cari mana kurikulum sekolah langsung dan tidak otoriter Abang,”terang Intan.

Informasi dihimpun media, Kabupaten Sumbawa terbaik dalam implementasi kurikulum merdeka belajar ( Kumer) dan rencananya sekitar Agustus 2024 kurikulum sudah semua kelar dan disahkan secara massif se-Indonesia Kabupaten Sumbawa.

Kepala SDN Brang Biji Muhdar saat dikonfirmasi redaksi mengatakan apresiasi kepada pengawas dan Korwil Pendidikan maupun Dewan Guru yang telah berkenan hadir dan meluangkan waktunya.

” Terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak atas ini, inshaaAllah ini akan berjalan baik serta kita siap untuk berkomitmen yang sama, kepada pengawas dan Korwil serta dinas kami tak lupa sampaikan ucapan terimakasih,” pungkasnya.(Nkm/ISS)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top