MXGP Lombok dan Samota 2023: Diskominfo NTB Siapkan Media Center Representatif untuk Wartawan

Sejumlah wartawan baik media lokal dan nasional yang mengikuti pertemuan media centre dan peliputan MXGP Lombok dan Sumbawa 2023 di Kantor Diskominfo NTB. (Syahrul/jejakntb.com)

 

JejakNTB.com | Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi NTB (Diskominfotik Pemprov NTB) menyiapkan media center berfasilitas lengkap untuk menunjang peliputan MXGP Selaparang dan Samota 2023 di Rembige maupun Sumbawa Besar. Media center itu disiapkan di area Sirkuit Rocket MXGP Samota maupun Selaparang Sirkuit untuk MXGP Lombok.

Kepala Dinas Kominfotik NTB Najamuddin Amy menerangkan, timnya sudah bekerja dan menyiapkan untuk yang di Lombok hingga Samota untuk mengecek kesiapan Media Center MXGP. Keberadaan media center itu amat membantu peliputan ratusan awak media untuk ajang MXGP Samota 2023, 22-26 Juni mendatang.

Dinas Kominfotik NTB sendiri berkolaborasi dengan Humas Polda NTB untuk memfasilitasi keberangkatan awak media lokal dari Mataram ke Samota. Baik wartawan lokal hingga nasional peliput MXGP 2023 diberangkatkan menggunakan bus milik Polda NTB.

“Kami menyiapkan fasilitas untuk peliputan awak media di Sirkuit Rocket MXGP Samota,” ujar Najam, Selasa (13/6/2023).

Dia berharap dengan fasilitas yang disediakan tersebut, awak media dapat menjalankan tugas jurnalistiknya dengan baik. Terlebih, banyak kegiatan yang berlangsung menjelang gelaran balapan Motocross tingkat Internasional tersebut.

Najamuddin mengatakan berbagai kegiatan akan digelar seperti pacuan kuda tradisional, kompetisi E-Sport Gubernur Cup, pentas seni, hingga hiburan live musik oleh grup musik papan atas. Maka, penting untuk membangun media center yang representatif guna memudahkan kerja peliputan.

“Kami yakin banyak hal yang bisa diberitakan awak media langsung dari Sirkuit MXGP Samota di Sumbawa,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pewarta juga bisa meliput beraneka macam kuliner, budaya lokal, hingga aktivitas para croser di sekitar kawasan sirkuit. Hanya saja, wartawan tidak dapat masuk ke dalam sirkuit kecuali telah terdaftar secara resmi maupun telah memiliki tiket MXGP.

Meski begitu, pihaknya menyediakan layar lebar sehingga wartawan bisa melihat langsung jalannya balapan Motocross bergengsi. Bahkan, jarak antara Media Center NTB dengan lokasi sirkuit tidak jauh, dan hanya dibatasi pagar.

Dengan demikian, pewarta tetap bisa merasakan atmosfer kemeriahan MXGP Samota itu serta menikmati keindahan pemandangan dari atas bukit tepat berlangsungnya balapan.

“Kami imbau wartawan untuk menggunakan sepatu, kaos lengan panjang atau jaket, topi, dan kacamata. Jangan lupa menggunakan masker,” kata Najamuddin.

Keberadaan Sirkuit Rocket MXGP Samota sangat eksotik dengan pemandangan laut teluk Saleh, pantai yang indah, pulau Moyo yang menawan dan tampak Gunung Tambora. Hal tersebut diyakini akan semakin memacu adrenalin para pembalap kelas dunia.

Sementara Dr Zulkieflimansyah Gubernur NTB menegaskan,

“MXGP ini bukan semata event global motor,Apalagi untuk memperkaya panitia dan penyelenggara. Bukan sama sekali.
Sport Tourism ini adalah trigger atau pemicu untuk memggerakkan berbagai sektor ekonomi kita secara sistemik.”ucap Gubernur pada sejumlah media, Minggu 18 Juni 2023.

Masih Dr Zul beliau juga mengingatkan agar warganya mendukung dan mensupport berbagai program NTB Gemilang,

“Rumah sakit, bandara, pelabuhan laut, hotel, restoran, listrik, telekomunikasi, jalan dan terutama cara kita berpikir jadi harus berubah dan berbenah ! Inilah yg dalam ilmu ekonomi disebut dgn eksternalitas yang positif.,” terangnya.

“Insya Allah Samota 25 Juni 2023, Lombok 2 Juli 2023 akan membawa dampak positif bagi kemajuan dan kemaslahatan !,” tutupnya.

(Syahrul)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top