Wabup Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., Hadiri Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII Langsung di Kota Daeng

JEJAK, Makassar | Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Sumbawa Hj. Dewi Noviany, M.Pd. menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXVII Tahun 2022 secara langsung  yang digelar di Anjungan CPI Pantai Losari  dipimpin langsung Mendagri RI Tito Karnavian serta  turut dihadiri sejumlah pimpinan daerah Se-Indonesia, pada Sabtu, 29 April 2023. Wabup Sumbawa hadir dan memenuhi undangan tersebut penuh semangat.

“Hari ini saya menghadiri puncak peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII di Kota Makassar Sulawesi Selatan. Acara yang digelar di Anjungan CPI Pantai Losari ini dipimpin oleh Mendagri RI Tito Karnavian dan hampir seluruh pimpinan daerah se-Indonesia,” ucap Wabup Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd.

“Dalam kesempatan ini saya banyak berkenalan dengan kepala daerah dari kabupaten/kota lain. Dengan demikian ke depannya kita akan lebih mudah dalam menjalin kerjasama dengan kabupaten/kota lainnya di seluruh Indonesia.,” ujarnya.

Selamat Hari Otonomi Daerah, semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan memberkahi kita semua untuk terus optimis mewujudkan Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan bahwa keberagaman yang dibalut dalam bingkai otonomi daerah tentu menjadi modal besar untuk menciptakan Indonesia yang lebih maju dan lebih sejahtera. Dalam arahannya, Mendagri mengatakan, “Ke depan kami kira otonomi daerah ini perlu terus kita lanjutkan untuk memberikan ruang untuk berinovasi. Silakan rekan-rekan Kepala aerah berkreasi, berinovasi, terutama untuk meningkatkan pendapatan asli daerah agar lebih mampu untuk mandiri.”

Lebih lanjut, dikatakan Mendagri, otonomi daerah masih sangat dinamis dan tantangan nyata saat ini, salah satunya dalam hal penanganan pandemi Covid-19. “Tantangan otonomi daerah adalah bagaimana kebijakan pusat dan daerah di saat pandemi Covid-19 terdapat harmonisasi dan simultanisasi kebijakan yang paralel antara pusat dan daerah.

Oleh karena itu, kebijakan-kebijakan pusat dalam konteks penanganan Covid-19 harus dapat benar-benar dijabarkan dan disamakan oleh daerah sesuai karakter daerah masing-masing,” tutup Mendagri Tito Karnavian.

Puncak Peringatan Hari OTDA XXVII Tahun 2023 ini dirangkai dengan peresmian Sistem Informasi Mutasi Daerah (SIMUDA), sistem Elektronik Peraturan Daerah (E-Perda), dan Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SILPPD) yang diprakarsai oleh Ditjen OTDA Kemendagri.

(Nkm)

 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top