Sumbawa Duta NTB Dalam Festival Nasional Tunas Bahasa Ibu

JejakNTB. com | Sumbawa sangat hebat, karena wakili NTB  pada Festival Tunas Bahasa Nasional, dalam rangka implementasi program merdeka belajar episode 17, Kemendikbud melaksanakan program revitalisasi bahasa daerah, mengingat pentingnya bahasa daerah sebagai bahasa ibu maka perlu di lakukan pengarusutamaan bahasa daerah baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Orang tua memiliki tanggungjawab untuk memberikan pengajaran dan pengalaman dalam berinteraksi menggunakan bahasa daerah dengan anaknya, sementara guru memiliki peran penting dalam mengkomunikasikan dan mendesign pembelajaran yang bermuatan bahasa daerah, dengan menjadikannya bahasa daerah sebagai pengantar dalam pembelajaran kelas awal.

Berdasarkan data dari badan bahasa Kemendikbud terdapat 718 bahasa daerah yg tersebar di Indonesia, namun tidak semua bahasa daerah berasa dalam katagori yang aman dari kepunahan. Adapun upaya perlindungan dan pelestarian yang dilakukan adalah penyelenggaraan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional yang di laksanakan pada tgl 12-16 Februari 2023 di hotel Sultan Jakarta. yang di ikuti sebanyak 13 propinsi dari 39 bahasa daerah, kegiatan di buka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristek.

Dalam sambutannya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyatakan bahwa senang sekali dapat merayakan kekayaan bahasa ibu yang kita miliki dan menyaksikan adik-adik menampilkan keindahan bahasa daerahnya dengan cara yang kreatif dan inovatif. Urainya

“Saya mendorong penggunaan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar pembelajaran di kelas awal SD sehingga adik-adik familiar dengan bahasa daerah sejak awa atau sedini mungkin” Imbuhnya

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Kebudayaan Sutan Syahril S.sos yang mendampingi peserta
dalam kegiatan festival tersebut, kepada media ini Rabu (15/2) menyatakan bahwa Kabupaten Sumbawa mewakili Provinsi NTB akan menampilkan 3 tema yaitu Batuter dari SDN 2 Labuhan Sumbawa, menulis dan membaca Satera Jontal dari SDN Sukadamai dan SMP 1 Unter Iwes , “ketiga peserta ini adalah peserta yg juara pada kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat provinsi NTB pada tahun lalu” Pungkasnya.(Ma’ruf)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top