Bangun Komitmen Soal Kesehatan, Pemkab Sumbawa Rakor Gandeng Stakeholders

JejakNTB.com |Membangun Komitmen Pelaksanaan Sanitasi Berbasis Masyarakat dan Manajemen Kebersihan Menstruasi (STBM MKM), PLAN INDONESIA dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa menggelar rapat koordinasi jumat [10/2] di Sumbawa Besar.

Bertempat di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati, rakor Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Membangun Komitmen pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dan Manajemen Kebersihan Menstruasi (STBM MKM) di Sekolah dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs H.Hasan Basri MM.

Dalam sambutan tertulis Bupati Sumbawa yang dibacakan sekda mengatakan,

“Pembangunan Kesehatan merupakan bagian terpenting dari pembangunan daerah ini. Tujuan diselenggarakannya pembangunan adalah meningkatkan kesadaran,kemauan,dan kemampuan hidup sehat bagi orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal”, ujarnya.

“Capaian pembangunan kesehatan di Kabupaten Sumbawa saat ini sudah cukup membanggakan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat dari tahun ketahun, yang dapat dilihat dari indek Pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Sumbawa”.

Lebih lanjut Sekda menjelaskan, kita semua bertanggung jawab melakukan pembinaan secara terus menerus agar kader-kader kesehatan yang ada di sekolah mampu dan termotivasi dalam memberikan pelayanan kesehatan di sekolah,selain itu perlu terus digalakan upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu,sadar,terarah dan bertanggung jawab dalam menanamkan,menumbuhkan, mengembangkan serta membimbing anak-anak kita untuk menghayati,menyenangi dan melaksakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, terkait Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM), Sekda beranggapan bahwa pokok permasalahan pada remaja terkait MKM adalah kurangnya pengetahuan mengenai MKM dan buruknya sanitasi air.

Melalui kegiatan ini, Sekda berharap agar kegiatan rakor pada hari ini dapat meningkatkan perhatian dan komitmen dari para stakeholder untuk pelaksanaan sanitasi di sekolah serta mendorong kemitraan stakeholder dengan pihak sekolah guna menyusun program pelaksanaan sanitasi sekolah. Tentunya dengan adanya sinergitas semua pihak berbagai permasalahan terkait sanitasi dan juga MKM di lingkungan Sekolah ini dapat kita hadapu secara bersama-sama, harapnya. [Ruf]

 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top